Cara Berhenti Merokok Paling Efektif, Perhatikan 7 Hal Ini!

Fresh | Senin, 15 Juli 2019 15:36
Cara Berhenti Merokok Paling Efektif, Perhatikan 7 Hal Ini!

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Sebelum mempraktekkan cara berhenti merokok, ada 7 hal penting yang harus diperhatikan!

Dream - Berhenti merokok menjadi tantangan besar, terlebih bagi para perokok aktif. Terkadang sudah menjalani dan mengikuti cara berhenti merokok, namun tetap tak bisa menghentikan kebiasaan tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebelum benar-benar melakukan tahapan untuk berhenti, banyak hal yang harus disiapkan terlebih dahulu.

Kecanduan rokok tidak bisa langsung sembuh begitu saja. Perlu persiapan yang matang dan tentu saja niat yang sungguh-sungguh.

Dilansir oleh laman UCI Health, Marra Williams, spesialis pendidikan kesehatan, mengatakan bahwa seorang perokok awalnya belajar sendiri bagaimana caranya merokok.

“ Oleh sebab itu, perokok tersebut harusnya bisa belajar sendiri bagaimana caranya berhenti merokok,” imbuh Marra.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh para perokok sebelum benar-benar memulai cara berhenti merokok mereka masing-masing.

2 dari 8 halaman

Temukan Alasan yang Tepat

 Cara Berhenti Merokok© Pixabay

Seorang perokok yang ingin benar-benar berhenti harus tahu alasan mereka dengan jelas. Jangan sampai para perokok berhenti hanya karena paksaan dari orang lain. Cara itu tidak akan membuat para perokok kapok.

Alasan-alasan yang biasanya membuat seorang perokok berhenti merokok adalah penyakit paru-paru, masalah keuangan, hingga orang terdekat yang sudah mulai terdampak.

Fokus pada alasan, mengapa berhenti merokok akan membuat cara berhenti merokok yang akan dilakukan menjadi lebih efektif.

3 dari 8 halaman

Atur Tanggal Berhenti Merokok yang Tepat

Setelah tahu alasan untuk berhenti merokok, pastikan kapan akan memulai menerapkan cara berhenti merokok, sehingga tidak terjadi ‘kekagetan’ berlebih.

Mengatur tanggal berhenti merokok juga bisa menjadi penyemangat untuk memulai awal yang baru. Dan, untuk memaknai keputusan besar bagi para perokok yang ingin berhenti, bisa juga menetapkan tanggal sesuai dengan tanggal istimewa.

4 dari 8 halaman

Singkirkan Semua yang Berkaitan dengan Rokok

 Cara Berhenti Merokok© Pixabay

Selesai dengan menetapkan waktu yang tepat untuk berhenti, kumpulkan semua peralatan merokok dalam bentuk apapun. Barang-barang seperti bungkus rokok, pipa, asbak, korek, hingga rokok elektrik vapor sekalipun.

Buang semua peralatan merokok tersebut, atau bisa juga meminta orang lain untuk menyembunyikannya dari anda. Cara ini untuk mengurangi pemicu keinginan yang tumbuh di tengah menerapkan cara berhenti merokok yang sedang dijalan.

5 dari 8 halaman

Kurangi Nikotin

 Cara Berhenti Merokok© Pixabay

Tiba-tiba berhenti merokok 100% tidak hanya sulit dilakukan, namun juga bisa membuat tubuh merasa terkejut dengan kebiasaan baru. Cara berhenti merokok yang baik adalah dengan menguranginya sedikit demi sedikit.

Dengan mengurangi nikotin secara perlahan, akan membuat tubuh mudah untuk beradaptasi dengan kebiasaan yang baru. Hal ini wajib dilakukan oleh para perokok aktif yang sudah mengalami kecanduan nikotin yang parah.

6 dari 8 halaman

Konsultasi ke Dokter

Untuk membuat cara berhenti merokok menjadi lebih efektif dan ampuh, cobalah untuk melakukan konsultasi ke dokter. Jabarkan semua rencana terkait cara berhenti merokok anda, dan bagaimana akan mengatasi masalah-masalah yang akan timbul setelahnya.

 Cara Berhenti Merokok© Shutterstock

Minta juga saran tentang konsumsi obat-obatan untuk berhenti dari kecanduan rokok. Umumnya ada obat yang berbentuk tablet hisap yang dikhususkan untuk perokok yang ingin berhenti. Jika disarankan oleh dokter untuk mengonsumsi obat tersebut, jangan lupa untuk meminta resep.

7 dari 8 halaman

Buat Strategi

Setelah melakukan konsultasi dengan dokter, buat strategi tentang cara berhenti merokok versi masing-masing. Setiap orang akan memiliki strategi dan cara berhenti merokok yang berbeda-beda.

Buat rutinitas baru, bisa dengan menghindari apapun yang berkaitan dengan rokok. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memulai, seperti perbanyak bermain dengan anak, atau bergabung dengan komunitas sepak bola, dan masih banyak lagi.

Sesuaikan strategi tersebut dengan minat dan kesukaan, sehingga tidak memberatkan diri sendiri. Strategis yang pas, akan membuat cara berhenti merokok Anda lebih ampuh, serta efektif.

8 dari 8 halaman

Minta Dukungan Orang Sekitar

 Cara Berhenti Merokok© Pixabay

Hal terpenting terakhir yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk berhenti merokok adalah meminta dukungan dari orang-orang terdekat.

Apabila kesulitan memperoleh dukungan dari orang terdekat, Anda bisa mendatangi klinik kesehatan, komunitas kesehatan, atau organisasi-organisasi kesehatan yang mungkin bisa membantu Anda.


Ketika keputusan berhenti merokok sudah bulat, laksanakan setiap strategi yang sudah dibuat dengan konsisten dan rajin.
Selamat tinggal rokok!

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id