Cara Aman Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Fresh | Selasa, 5 Maret 2019 13:15
Cara Aman Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Reporter :

Pada dasarnya, kotoran telinga kita bisa keluar dengan sendirinya.

Dream - Tumpukan kotoran di telinga memang membuat rasa gatal dan tak nyaman. Biasanya, kita langsung membersihkannya dengan cotton bud. Cara ini memang sangat berisiko.

Bagian dalam telinga bisa saja terluka atau malah kapas terlepas dan tertinggal di dalam. Dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan (THT) bedah kepala, leher, Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya, Hably Warganegara, memberi tips membersihkan kotoran telinga dengan aman.

Pada dasarnya, kotoran telinga kita bisa keluar dengan sendirinya. Hal itu disebabkan dari aktivitas mengunyah dan menelan yang kita lakukan setiap hari. " Kita punya yang namanya self mechanism," ujar Hably, beberapa waktu lalu.

Saat keluar, kotoran berada di sepertiga telinga bagian luar. Kotoran yang berada di luar dan terlihat itulah yang bisa dibersihkan dengan cotton bud. Bukan kotoran yang berada di bagian dalam. Harus ekstra hati-hati dalam membersihkannya, jika tidak, serumen akan masuk lagi ke dalam telinga.

" Karena kotoran berada di bagian luar telinga, membersihkannya cukup pada area tersebut saja. Jangan sampai masuk. Apalagi sampai batang cutton bud tidak kelihatan," Hably mengingatkan.

Menurutnya kulit daun telinga kita sangat tipis. Bila berlebihan dalam membersihkannya, membuat kulit mudah terkelupas. Hindari juga membersihkan terlalu dalam.

" Kebiasaan kita setiap habis mandi pasti korek kuping. Tidak perlu juga seperti itu," katanya.

Laporan: Aditya Eka/ Sumber: Liputan6.com

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id