Bukan Hanya Kotoran, Ketahui 4 Penyebab Telinga Gatal

Fresh | Rabu, 3 Juni 2020 12:32
Bukan Hanya Kotoran, Ketahui 4 Penyebab Telinga Gatal

Reporter : Cynthia Amanda Male

Ketahui penyebabnya agar lebih mudah mengatasinya.

Dream - Banyak orang yang kerap menggaruk telinganya sepanjang hari. Telinga gatal tidak selalu disebabkan oleh kotoran. 

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Sayangnya jika terus digaruk, telinga akan mengalami iritasi. Dilansir dari Sehatq.com, berikut penyebab telinga gatal:

Kulit Kering

 Telinga Kering© Shutterstock.com

Telinga akan mengering ketika tidak memproduksi minyak maupun kotoran yang cukup. Keringnya telinga dapat menyebabkan rasa gatal, bahkan kulit mengelupas di dalam maupun sekitar telingamu.

2 dari 4 halaman

Infeksi

 Telinga Gatal© Shutterstock.com

Rasa gatal bisa menjadi pertanda telingamu mengalami infeksi. Hal ini bisa disebabkan oleh bakteri atau virus saat kamu menderita flu. Tidak hanya gatal, kamu dapat merasa sakit, kemerahan dan bengkak pada telinga.

3 dari 4 halaman

Penumpukkan Kotoran Telinga

 Telinga Gatal© Shutterstock.com

Kotoran di luar telinga yang menumpuk karena tidak dibersihkan dapat membuatmu merasa gatal. Bahkan, pendengaranmu bisa terganggu karenanya. Kamu harus menghindari memasukkan jari, cutton bud atau kapas pada telinga.

4 dari 4 halaman

Dermatitis

 Telinga Gatal© Shutterstock.com

Kondisi ini terjadi pada kulit di dalam dan sekitar saluran telinga. Dermatitis bisa disebabkan oleh alergi makanan, produk atau aksesoris. Hal inilah yang akan membuat telinga gatal dan kemerahan.

Jika merasa gatal, kamu bisa mengatasinya dengan salep antibiotik, baby oil atau obat tetes. Namun, kamu perlu berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakannya.

(Sumber: Sehatq.com)

Join Dream.co.id