Bisakah Virus Corona Menular Lewat Air Mata?

Fresh | Senin, 30 Maret 2020 08:48
Bisakah Virus Corona Menular Lewat Air Mata?

Reporter : Dwi Ratih

Temukan jawabannya di sini.

Dream - Virus corona baru, Covid-19, dapat menyebar melalui droplet atau cairan yang dihasilkan ketika orang terinfeksi batuk atau bersin.

Tapi, apakah virus yang telah menyebabkan kematian lebih dari 21 ribu orang di dunia itu bisa menular melalui cairan tubuh lainnya, seperti air mata?

Sebuah penelitian, sebagaimana dilaporkan The Health Site, mengklaim bahwa Covid-19 tidak menyebar melalui air mata.

Para peneliti di National University Hospital menerbitkan temuan mereka dalam jurnal Ophthalmology.

Untuk temuan tersebut, para peneliti mengumpulkan sampel air mata dari pasien dengan Covid-19 selama 20 hari.

 ilustrasi air mata© Shutterstock

2 dari 5 halaman

Penyebarannya cepat

Tetapi hasil transkripsi RT-PCR (teknik atau metode perbanyakan DNA secara enzimatik tanpa menggunakan organisme), tidak mendeteksi virus dalam air mata mereka.

Tetapi penelitian mengonfirmasi bahwa ketika orang batuk atau berbicara, partikel virus dapat menyemprot dari mulut atau hidung ke wajah orang lain.

Cairan ini dapat masuk melalui mulut atau hidung, serta mata.

Transmisi dapat terjadi dengan menyentuh sesuatu yang terdapat virus di atasnya, seperti meja atau gagang pintu, yang masuk melalui mata atau mulut ketika tidak sengaja menyentuh bagian muka.

 ilustrasi corona© Shutterstock

Studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa, Covid-19 dapat bertahan hidup di udara selama sekitar 3 jam.

Virus itu ditemukan bertahan selama berjam-jam di permukaan tertentu, di tembaga selama hampir 4 jam, kardus hingga 24 jam dan pada plastik serta baja hingga 72 jam.

Namun, para peneliti menemukan bahwa seiring berjalannya waktu, jumlah virus menjadi berkurang pada setiap permukaan. Ini berarti bahwa risiko infeksi karena menyentuhnya juga turun seiring waktu.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi cuci tangan

Ada banyak permukaan yang secara rutin kita sentuh seperti paket surat, bahan makanan, dan koran.

Para ahli mengatakan tidak ada risiko dalam menerima paket pengiriman, kecuali jika pengirimnya memiliki virus.

Namun, mereka menyarankan untuk mengambil tindakan pencegahan seperti mencuci tangan setelah menerima paket.

 Ilustrasi cuci tangan© Shutterstock

Karena virus ini tetap ada di kardus, disarankan untuk membuang kemasan setelah membuka paket.

Lalu cuci tangan secepatnya dan bersihkan permukaan tempat paket tersebut.

Laporan: Raissa Anjanique

4 dari 5 halaman

Viral Penampakan Tangan Sebelum dan Sesudah Dicuci dengan Sabun

Dream - Kasus penularan virus corona (Covid-19) membuat banyak orang jadi waspada. Salah satu pencegahan virus yang paling mudah sangat dianjurkan adalah dengan cuci tangan pakai sabun.

Proses cuci tangan ini memiliki aturan tersendiri agar tangan benar-benar bersih dari kuman dan bakteri. Seperti cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir selama lebih dari 20 detik.

Jika kurang, dikhawatirkan kuman dan bakteri tak hilang sepenuhnya.

Sebuah foto yang beredar di Reddit menunjukkan perbandingan apabila kamu mencuci tangan dengan waktu yang kurang dari 20 detik. Dalam foto tersebut, terdapat foto tangan seseorang yang terlihat bercahaya di dalam kegelapan.

Disebutkan bahwa foto pertama bagian yang bercahaya merupakan tangan yang kotor oleh kuman dan bakteri. Kemudian terdapat beberapa foto perbandingan setelah mencuci tangan.

Foto kedua menunjukkan hasil dari membilas tangan dengan air secara terburu-buru. Tampak jelas bahwa hanya sedikit bagian yang bersih oleh kuman dan bakteri.

5 dari 5 halaman

Lihat Detail Fotonya

Foto ketiga menampilkan hasil dari mencuci tangan tanpa sabun selama 6 detik. Hasilnya adalah sedikit bagian dari tangan tampak bersih tapi sebagian masih kotor.

Foto keempat memperlihatkan hasil dari mencuci tangan dengan sabun selama enam detik. Ini merupakan waktu rata-rata seseorang yang mencuci tangan secara buru-buru. Hasilnya adalah tangan terlihat bersih tapi beberapa bagian tangan masih kotor dan berselimut bakteri/kuman.

 Cuci tangan© Reddit

(Foto: Reddit)

Foto kelima menunjukkan hasil dari mencuci tangan dengan sabun selama 15 detik. Hasilnya adalah tangan sudah cukup bersih, tapi sela-sela tangan masih penuh kotor.

Foto yang terakhir memaparkan hasil dari mencuci tangan selama 30 detik dengan sabun. Tampak jelas bahwa tangan terlihat bersih hingga ke sela-sela jari. Bagian kuku masih terlihat bercahaya karena bagian tangan tersebut tertutup lapisan kuku.

Dari foto-foto tersebut, jelas sudah manfaat dari mencuci tangan dengan sabun secara benar. Jadi, pastikan cuci tangan demi mengurangi risiko penularan corona.

Laporan Sulung Lahitani/ Sumber: Liputan6.com

Menu Berbuka Puasa Sehat dan Anti Ribet Ala Chef Deny Gumilang
Join Dream.co.id