Bisa Turunkan 110 Kg, Arya Permana Lakukan 4 Hal Ini

Fresh | Jumat, 24 Januari 2020 18:45
Bisa Turunkan 110 Kg, Arya Permana Lakukan 4 Hal Ini

Reporter : Mutia Nugraheni

Dulu, Arya bisa makan lima kali dalam sehari

Dream - Nama Arya Permana sempat jadi perbincangan pada 2016 lalu, karena berat badannya yang mencapai 193 kg. Ia sampai harus berhenti sekolah dan hanya di rumah karena tak bisa bergerak.

Tubuhnya yang terlalu berat membuatnya hanya bisa duduk. Untuk ke kamar mandi, ia harus menyeret tubuhnya.

Kini di 2020, kabar gembira datang darinya karena berhasil menurunkan berat badan. Sebanyak 110 kg 'dihilangkannya' dan kini berat Arya tinggal 83 kg.

Dulu, Arya bisa makan lima kali dalam sehari. Dirinya selalu kelaparan lelah dan terengah-engah. Kondisi obesitas yang cukup parah, membuat dirinya harus mendapat perawatan medis pada 2017.

 

 

2 dari 6 halaman

4 Hal yang Dilakukan Arya

Sederet usaha dilakukan untuk menurunkan berat badannya. Mulai dari operasi lambung hingga mengikuti saran para ahli diet dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis. Sejak saat itulah Arya mulai rajin hidup sehat.

Arya dibantu binaragawan, Ade Rai untuk melakukan beberapa latihan. Viralnya keberhasilan Arya menurunkan berat badan mungkin bisa jadi motivasi bagi banyak orang yang juga ingin lebih sehat.

 Arya PermanaArya Permana © Instagram Ade Rai

 

Ternyata ada empat hal yang jadi dasar keberhasilan Arya melawan obesita. Berikut rangkumannya seperti dikutip dari Liputan6.com.

3 dari 6 halaman

Kurangi makanan dengan gula tinggi dan berminyak

Keberhasilan Arya menurunkan berat badan hingga 110 kg karena niat yang kuat untuk menahan diri mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Tak hanya gula, Arya juga menghindari makanan yang berminyak. Seperti diketahui, makan makanan yang mengandung gula dan berminyak secara berlebihan memang tidak baik bagi tubuh.

 Ade Rai Banjir Sanjungan, Berhasil Latih dan Turunkan BB Arya PermanaAde Rai Banjir Sanjungan, Berhasil Latih dan Turunkan BB Arya Permana © © MEN

" Dikasih nasihat kurangin gula sama minyak doang," ujar Arya Permana.

 

4 dari 6 halaman

Menerapkan diet yang sehat

Bagi Arya, keadaannya sekarang sangat memudahkannya untuk bergerak. Tidak seperti pada 2016, yang membuatnya sangat susah bergerak dan sering merasa capek.

 9 Buah Terbaik Bantu Program Diet9 Buah Terbaik Bantu Program Diet © © MEN

 

Ia pun tak ragu untuk membagikan rahasianya berhasil turunkan berat badan secara drastis. Arya mengungkapkan ia memahami cara diet yang sehat dengan tidak terlalu memaksakan dan menekan tubuh untuk melakukan diet.

" Itu diet, dietnya juga diet yang enggak terlalu diteken gitu, cuma makan ayam yang enggak boleh di goreng gitu," ungkap Aria.

 

5 dari 6 halaman

Tak konsumsi mi instan

Keberhasilan Arya menurunkan berat badan secara drastis ini juga dikomentari oleh sang ayah, Ade Somantri.

Ade menerangkan bahwa Arya memang tidak lagi mengonsumsi mi instan dan minuman ringan yang menjadi kesukaan Arya sejak usia 8-9 tahun. Arya begitu menjaga pola makanannya sehingga berhasil menurunkan hingga 110 kg.

" Pola makan selalu dijaga sejak pertama penanganan medis," ujar Ade Somantri

 

 

6 dari 6 halaman

Ikuti latihan dari Ade Rai

Ayah Arya Permana mengungkapkan satu rahasia lagi mengapa anaknya bisa menurunkan berat badan secara drastis. Ia mengungkapkan bahwa Arya selalu mengikuti bimbingan treatment kesehatan dari Ade Rai.

 Ade Rai dan AryaAde Rai dan Arya © Instagram

" Arya selalu mengikuti bimbingan treatment kesehatan dari Ade Rai," ujar Ade.

Ade Rai juga mengungkap keberhasilan Arya karena kemauan Arya sendiri untuk menjaga pola perilaku. Bagi Ade, pola perilaku sehari-hari sangat penting untuk memperbaiki kondisi tubuh.


Laporan Putra Marenda/ Sumber: Liputan6.com

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id