Betulkah Wanita Hamil Tidak Boleh Mandi Malam?

Fresh | Rabu, 16 Oktober 2019 07:48
Betulkah Wanita Hamil Tidak Boleh Mandi Malam?

Reporter : Sugiono

Menurut orang-orang tua, mandi malam tidak baik bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan masalah pada air ketuban.

Dream - Ada banyak petuah dari orang-orang tua di dunia pengobatan yang membuat kita takut untuk melanggar. Salah satunya tentang wanita hamil tidak boleh mandi malam.

Petuah seperti ini sangat dipegang erat oleh masyarakat Indonesia dan Malaysia, terutama yang tinggal di desa.

Menurut orang-orang tua, mandi malam tidak baik bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan masalah pada air ketuban. Sehingga bisa memengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan.

Padahal, menurut dokter kandungan Malaysia, Muhammad Izzat, petuah wanita hamil tidak boleh mandi malam hanyalah mitos.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan dokter Izzat melalui akun Facebooknya.

2 dari 6 halaman

Mengenal Air Ketuban

Pertama-tama, dokter Izzat menjelaskan tentang air ketuban. Dalam dunia kedokteran, kelebihan air ketuban disebut dengan polihidramnion. Kekurangan air ketuban disebut oligohidramnion. Sedangkan jika tidak memiliki air ketuban disebut anhidramnion.

Air ketuban berasal dari air kencing bayi, plasenta, dan beberapa komponennya berasal dari kulit bayi itu sendiri.

Air ketuban selalu dalam kondisi seimbang karena nantinya akan dikonsumsi oleh bayi itu sendiri. Ibaratnya bayi menghasilkan air ketuban sendiri dan kemudian meminumnya sendiri.

Berikut adalah beberapa penyebab umum air ketuban menjadi berlebihan di dalam rahim:

1. Ibu menderita kencing manis

Ketika ibu menderita diabetes, kadar gula darah menjadi tinggi. Kadar gula tinggi ini menurun ke bayi melalui tali pusat. Kadar gula yang tinggi pada bayi menyebabkan bayi buang air kecil dalam jumlah besar sehingga air ketuban menjadi banyak.

2. Janin mengalami cacat

Janin yang mengalami cacat pada bagian saraf, kepala atau saluran pencernaan menyebabkan air ketuban tidak bisa ditelan sehingga menjadi berlebihan di dalam rahim.

3. Bayi ada masalah genetik

Bayi yang mengalami masalah genetik seperti Sindrom Down atau Sindrom Edward yang berkaitan dengan masalah pencernaan akan menyebabkan dia tidak bisa minum air ketuban. Hal ini akan menyebabkan air ketuban berlebihan di dalam rahim.

3 dari 6 halaman

Tidak Ada Kaitannya dengan Mandi Malam

Dari keterangan dokter Izzat tersebut, maka sudah jelas bahwa berbagai masalah kesehatan tersebut melibatkan bayi itu sendiri dan keadaannya di dalam rahim.

Tidak ada kaitannya sama sekali dengan yang ibu makan, yang diminum, atau bahkan oleh air yang digunakan untuk mandi malam sekalipun.

Jadi, tidak benar air mandi malam itu akan masuk ke dalam kulit dan menemukan jalan rahasia untuk menuju rahim. Sehingga menyebabkan air ketuban menjadi banyak secara tiba-tiba.

Ibu hamil ini cepat lelah dan berkeringat. Karena itu mau mandi kapan saja juga boleh. Tidak mandi pun juga tidak masalah.

Sumber: Siakapkeli.my

4 dari 6 halaman

Cerita Sebenarnya Geger Wanita Hamil Melahirkan 17 Bayi

Dream - Kabar persalinan seorang wanita Amerika Serikat membuat kehebohan di media sosial. Wanita itu disebut telah melahirkan 17 bayi laki-laki. Lebih mengejutkan lagi, belasan bayi itu lahir dalam sekali kehamilan.

Kabar ini pertama kali diunggah oleh akun Facebook Richard Camarinta Dy. Unggahan itu menyertakan tiga foto, satu foto berisi wanita hamil yang disebut bernama Catherine Bridge dengan perut yang sangat besar.

Satu foto lainnya berisi gambar bayi-bayi sedang bermain di ruang tamu. Sedangkan foto terakhir memperlihatkan seorang pria menggendong empat bayi dan ada banyak bayi lainnya di sekelilingnya.

 kabar hoaks© dream.co.id

Tetapi, India Today menemukan ada kejanggalan dalam berita tersebut. Ruang anti berita bohong media tersebut mendapat temuan bahwa cerita itu merupakan fiksi yang sempurna, yang dimuat oleh situs satire World News Daily Report.

Diketahui, berita menggemparkan itu diunggah Richard Camarinta Dy pada 30 Mei. Unggahan tersebut sudah disebarkan kembali oleh 33.000 pengguna lain beberapa saat setelah unggahan tersebut dibuat.

Dalam unggahannya, Richard Camarinta Dy juga membubuhkan link artikel tersebut. Link tersebut diambil dari situs Women Daily Magazine yang memuat berita yang sama.

Tetapi, ternyata sumber asli dari berita tersebut adalah World News Daily Report. Ini merupakan situs satire yang mengunggah berita berita fiksi untuk candaan.

Demikian juga dengan foto wanita hamil dalam unggahan tersebut ternyata hasil editan. Foto aslinya, perut wanita itu tidak besar namun seukuran hamil normal.

 kabar hoaks© dream.co.id

Sedangkan foto pria dengan 17 bayi ternyata dibuat tujuh tahun lalu. Pria tersebut rupanya adalah dokter kandungan dan ginekolog asal Amerika Serikat, Robert M Biter.

Kesimpulannya, berita wanita melahirkan 17 bayi dalam satu kali kehamilan merupakan bohong. Tidak ditemukan fakta adanya kasus seperti dalam unggahan tersebut.

5 dari 6 halaman

Ditanya 'Kapan Kawin?' Pemuda Tega Bunuh Wanita Hamil di Garut

Dream - Gara-gara jengkel karena selalu ditanya 'Kapan menikah?' seorang pemuda tega menghabisi nyawa wanita hamil 8 bulan.

Kasus yang terjadi di Kampung Pasir Jonge, Desa Sukawangi, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut pada Jumat lalu ini sempat jadi sorotan media asing.

Laman elitereaders.com memberitakan Faiz Nurdin, 28 tahun, membunuh Aisyah, 32 tahun, yang sedang hamil 8 bulan hanya karena mengajukan pertanyaan sepele.

Sebelum kejadian pembunuhan tersebut terjadi, Aisyah sedang duduk-duduk di teras rumahnya.

Saat itulah Faiz melintas di depan rumah Aisyah. Ketika melihat Faiz berjalan itulah, Aisyah menanyakan kepada pemuda itu kapan dia akan menikah.

" Cepat kawin. Orang lain sudah pada kawin, kamu belum kawin-kawin," kata Aisyah kepada Faiz, seperti diungkapkan oleh Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna.

Menurut Budi, kata-kata Aisyah itu rupanya sangat menyinggung perasaan Faiz. Karena sakit hati dengan lontaran pertanyaan Aisyah, Faiz kemudian pura-pura bertamu ke rumah wanita itu sore harinya.

 

6 dari 6 halaman

Pura-pura Bertamu, Saat Korban Masuk ke Kamar...

Korban pun mempersilakan tersangka masuk ke dalam rumahnya. Setelah dipersilakan masuk, Faiz mengikuti Aisyah yang masuk ke dalam kamar dan mendorongnya hingga jatuh tersungkur ke atas ranjang.

Selanjutnya, Faiz mencekik Aisyah sekuat tenaga hingga kehabisan napas dan meninggal dunia.

Aisyah sebenarnya sempat melawat dengan menggigit tangan Faiz, namun tenaga pemuda itu terlalu kuat.

Setelah menjalankan aksi kejinya, Faiz mengambil smartphone Aisyah dan sejumlah uang senilai Rp800 ribu.

Pelaku kemudian melarikan diri ke Kalideres tapi polisi berhasil menangkapnya di sana. Jika terbukti bersalah, Faiz akan menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

(Sumber: elitereaders.com)

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id