Beragam Sakit Kepala yang Tak Boleh Diabaikan

Fresh | Jumat, 4 Maret 2016 09:01
Beragam Sakit Kepala yang Tak Boleh Diabaikan

Reporter : Puri Yuanita

Sakit kepala yang paling umum adalah migrain. Migrain menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Perempuan lebih sering mendapat serangan migrain daripada laki-laki. Mengapa?

Dream - Sekitar 12 juta orang di dunia telah salah diagnosa setiap tahunnya. Salah satu penyakit umum yang sering salah diagnosa adalah sakit kepala.

Dokter sekali pun tidak pernah tahu, apakah sakit kepala merupakan sakit kepala biasa akibat otot tegang karena kelelahan selama bekerja seharian. Atau disebabkan penyakit berbahaya yang mengancam jiwa.

Untungnya, dokter telah memberikan cara mudah untuk mencari tahu jenis, tingkat keparahan dan durasi sakit kepala. Dengan demikian, bisa diketahui apakah sedang menderita migrain atau mungkin tumor otak.

Ada berbagai macam sakit kepala. Ada yang namanya sakit kepala tension, migrain dan cluster.

Sakit kepala tension ditandai dengan kepala terasa tegang dan berat. Jenis sakit kepala ini merupakan jenis sakit kepala yang paling umum. Sampai dengan 90% orang dewasa mengalami atau akan mengalami jenis sakit kepala ini.

Sakit kepala tension lebih banyak diderita wanita daripada pria.

Gejala sakit kepala tension di antaranya rasa sakit di belakang kepala dan leher atas, sakit seperti menekan di atas alis, rasa sakit terjadi secara sporadis, penderitanya masih bisa melakukan aktivitas.

Sakit kepala yang paling umum kedua adalah migrain. Migrain menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Perempuan lebih sering mendapat serangan migrain daripada laki-laki.

Sakit kepala migrain ditandai dengan sakit kepala berdenyut hebat atau sensasi berdenyut di satu daerah kepala (sakit kepala sebelah). Migrain umumnya disertai mual, muntah, dan kepekaan yang ekstrim terhadap cahaya dan suara.

Di tempat ketiga ada sakit kepala cluster. Ini adalah sakit kepala yang paling jarang diderita orang-orang. Penderita biasanya merasa rasa sakit yang menyiksa di sekitar atau di belakang salah satu mata.

Namun beberapa jenis sakit kepala bisa sangat berbahaya. Sakit kepala bisa muncul sebagai hasil dari aneurisma (penipisan dan degenerasi dinding pembuluh darah arteri) otak, tumor atau perdarahan di dalam otak.

Sakit kepala lainnya yang berkaitan dengan adanya gangguan otak adalah thunderclap headache. Ini adalah salah satu sakit kepala yang begitu hebat yang kabarnya bisa menyebabkan stroke. Seperti namanya, rasa sakit kepala ini seperti disambar petir, yang datang sangat tiba-tiba.

Biasanya sakit kepala ini terjadi dalam waktu 60 detik dan akan menghilang dalam durasi beberapa jam. Rasanya tak tertahankan dan bisa menjadi tanda dari adanya perdarahan di otak.

Sakit kepala ternyata juga bisa dipicu oleh aktivitas seks atau olah raga. Jika kepala sakit setelah olah raga, maka ada tumor atau pembengkakan nadi di otak.

Untuk sakit kepala disertai dengan mata kabur, maka perlu waspada. Kemungkinan orang yang menderita sakit kepala seperti ini tanda-tanda kena stroke. Sakit kepala ini kadang-kadang dibarengi dengan bicara yang tidak jelas dan kebingungan mental.

Jika Anda sering sakit kepala saat usia 50 tahun lebih, Anda harus hati-hati. Ini bisa berbahaya dan menunjukkan adanya penebalan dan penimbunan lipid pada arteri besar otak.

Sakit kepala akibat mengalami kecelakaan seperti terbentur benda keras juga berbahaya. Sakit kepala dengan gejala seperti pusing dan kebingungan mental terjadi karena mengalami gegar otak.

Leher terasa kaku, badan demam dan sakit kepala adalah gejala klasik dari meningitis.

Jika Anda merasa sakit kepala setelah 24 jam penuh itu artinya terjadi stroke di otak Anda. Jika rasa sakit kepalanya semakin menjadi, cepat-cepat pergi ke rumah sakit.

Kalau Anda memiliki riwayat kanker, dan Anda tiba-tiba menderita sakit kepala yang tidak biasa, mungkin itu tandanya kanker dalam tubuh Anda mulai menjadi tumor di otak.

Jadi jangan menganggap enteng sakit kepala.

(Ism, Sumber: wittyfeed.com)

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id