Benarkah Lemon Mampu Menurunkan Berat Badan?

Fresh | Selasa, 15 Oktober 2019 12:48
Benarkah Lemon Mampu Menurunkan Berat Badan?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Berikut jawabannya..

Dream - Tak sedikit orang rutin minum air lemon saban pagi demi menurunkan berat badan. Lantas, apakah langkah tersebut efektif?

Dilansir oleh laman Times of India, para ahli menyebut tetesan lemon segar yang dicampur dengan air tidak dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Tetapi jika kamu menggunakan minuman tersebut untuk menggantikan susu atau jus buah lainnya, akan membantu mencapai kalori defisit dan menurunkan berat badan.

Berikut fakta tentang air lemon dan penurunan berat badan:

2 dari 5 halaman

Atasi Rasa Haus

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal penting untuk menurunkan berat badan. Ini karena tubuh kita kadang-kadang mengartikan rasa haus sebagai lapar dan akhirnya makan lebih dari jumlah kalori yang dibutuhkan.

Ditambah, air lemon ternyata bisa mengatasi rasa haus.

 shutterstock

3 dari 5 halaman

Hasil Penelitian

Penelitian Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition menemukan bahwa polifenol (senyawa nabati, yang bertindak seperti antioksidan) pada tetesan lemon serta kulitnya, dapat merangsang hati untuk membakar lemak.

Penelitian ini dilakukan pada tikus yang diberi makan diet tinggi lemak dan hasilnya tidak persis berlaku untuk manusia. Kamu perlu melakukan diet ketogenik untuk merasakan efeknya.

 shutterstock

 

 

4 dari 5 halaman

Kesimpulan

Air lemon sebenarnya dapat membantu mengurangi perut kembung karena bertindak seperti diuretik ringan. Tetapi jika kamu merasa kembung untuk waktu yang lama, air lemon mungkin tidak membantu.

Tidak ada minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan secara instan. Kamu perlu menjalani diet dan berolahraga untuk menurunkan berat badan secara permanen.

 shutterstock

5 dari 5 halaman

Tips

Lemon bersifat asam, jadi jika kamu menghindari makanan asam karena beberapa kondisi kesehatan seperti GERD, jangan masukkan tetesan lemon ke dalam segelas air.

 shutterstock

Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie
Join Dream.co.id