Belum Banyak Diketahui, Ini 8 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Fresh | Kamis, 22 April 2021 13:45
Belum Banyak Diketahui, Ini 8 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Meskipun rasanya pahit, namun manfaat yang bisa diberikan oleh daun afrika bagi kesehatan sangatlah beragam.

Dream – Manfaat daun afrika belum banyak diketahui. Tanaman ini pun mungkin masih asing bagi masyarakat. Sesuai dengan namanya, daun afrika memang berasal dari benua Afrika. Tidak hanya itu saja, tanaman bernama latin Vernonia amygdalina ini juga termasuk dalam tanaman herbal yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh.

Secara sekilas, daun afrika memiliki bentuk lonjong dan berwarna hijau tua. Lalu di bagian permukaannya juga terasa kasar. Saat dikonsumsi, daun ini memiliki rasa pahit. Tetapi di dalamnya terdapat kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Daun afrika adalah sumber protein, lemak sehat, dan serat tidak larut air. Selain itu juga ada kandungan mineral yang sangat baik untuk kesehatan dan vitamin yang bisa memenuhi asupan vitamin harianmu.

Tidak hanya itu saja, di dalam daun afrika juga terdapat asam penolat, asam lemak, asam esensial, antioksidan, dan zat antiinflamasi. Dengan kesemua kandungan tersebut, wajar jika tanaman ini dijadikan sebagai obat herbal yang berbagai daerah.

Untuk mengetahui lebih jelas apa saja manfaat daun afrika bagi kesehatan, berikut sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

2 dari 5 halaman

Mengatasi Jerawat dan Meremajakan Kulit Wajah

 Ilustrasi Mengalami Jerawat
© Freepik.com

Mengatasi Jerawat

Manfaat daun afrika yang pertama bagi kesehatan bisa untuk mengatasi jerawat. Mengingat bahwa jerawat adalah musuh terbesar setiap orang yang membuat penampilanmu tidak maksimal. Bahkan jerawat ini bisa muncul di beberapa tempat, termasuk di bagian kulit wajah.

Untuk mengatasi jerawat, kamu bisa memanfaatkan daun afrika. Tanaman ini akan bekerja untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan serta mengecilkan pori-pori. Selain itu, daun afrika juga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

Meremajakan Kulit Wajah

Manfaat daun afrika berikutnya adalah untuk meremajakan kulit wajah. Bagi kamu yang mengalami masalah seperti wajah kusam, kasar, dan kering, maka solusinya adalah dengan menggunakan daun afrika. Hal ini karena daun afrika diyakini mampu untuk meremajakan kulit dengan membuat kulitmu lebih halus, lembap, dan putih.

Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk daun afrika dan dijadikan sebagai masker selama satu malam. Lalu kamu bisa membilasnya keesok hari sekalian mandi pagi.

3 dari 5 halaman

Melancarkan Sistem Pencernaan dan Mengatasi Malaria

 Ilustrasi Pencernaan Terganggu
© Freepik.com

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang terganggu tentu saja membuat kamu tidak nyaman dan biasanya ditandai dengan sakit perut. Masalah ini misalnya saja berupa sulit untuk buang air besar. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa menggunakan obat herbal, yakni daun afrika.

Tanaman ini jika kamu konsumsi secara rutin, maka sistem pencernaanmu akan lancer dan juga mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti diare dan sembelit. Meski begitu, manfaat daun afrika untuk masalah pencernaan belumlah memiliki bukti yang cukup kuat dalam segi medis.

 

Mengatasi Malaria

Manfaat daun afrika bisa kamu gunakan untuk mengatasi malaria. Hal ini karena daun afrika memiliki kandungan berupa plasmodik. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa membuatnya menjadi jus. Bahkan dalam percobaan klinis yang dilakukan di Afrika, daun afrika yang masih segar ampuh untuk meredakan malaria ringan.

Tidak hanya itu saja, daun afrika yang mengandung asam fenolat, asam lemak dan vitamin yang bersifat antioksidan ini mampu dalam mengatasi masalah ginjal.

4 dari 5 halaman

Menyehatkan Jantung dan Menurunkan Kolesterol

 Ilustrasi Jantung Sehat
© Freepik.com

Menyehatkan Jantung

Manfaat daun afrika bisa kamu andalkan untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena daun afrika memiliki kandungan berupa zat yang sifatnya antiseptik dan antioksidan berupa lemak omega-3 dan omega-6.

Kesemua kandungan tersebut dipercaya efektif untuk menjaga fungsi dari pembuluh darah arteri. Jika kamu memenuhi asupa lemak tak jenuh linoleate dan linoleat dengan rutin, maka ini sangat baik untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung sampai 40 persen.

 

Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun afrika untuk kesehatan juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Mengingat bahwa terjadinya peningkatan kolesterol jahat di tubuh akan memicu seseorang terkena penyakit jantung, stroke, dan Alzheimer.

Bahkan di dalam Journal od Vascular and Risk Management, kandungan yang ada di dalam daun afrika mampu untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah sampai 50 persen serta meningkatkan kadar kolesterol yang baik.

 

5 dari 5 halaman

Mencegah Penyakit Kanker dan Mengatasi Diabetes

 Ilustrasi Cek Diabetes
© Pixabay.com

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang mengancam nyawa. Untuk menghindarkanmu dari penyakit tersebut, kamu bisa mengonsumsi daun afrika yang mengandung antioksidan. Di mana kandungan ini mampu untuk memerangi sel kanker yang berbahaya itu.

Selain itu juga ada kandungan vitamin A yang bisa melindungi tubuhmu dari serangan radikal bebas yang memicu penyakit kanker.

 

Mengatasi Diabetes

Manfaat daun afrika yang tak kalah hebat adalah bisa mengatasi diabetes. Hal ini karena daun afrika ampuh utnuk menurunkan gula darah dengan cara merangsang penggunaan glukosa di dalam tubuh serta mencegah terjadinya produksi glukosa dari proses glukoneogenesis.

Selain itu, kandungan di dalam daun afrika berupa etanol mampu untuk menurunkan glukosa di dalam darah. Lalu ekstrak daun afrika memiliki zat aktif seperti tannin, flavonoid, saponin, alkaloid, dan polifenol yang berperan untuk membantu menurunkan glukosa darah setelah kamu makan.

Itulah 8 manfaat daun afrika bagi kesehatan. Bagi sahabat Dream yang ingin menerapkan hidup sehat secara alami, maka daun afrika bisa kamu andalkan untuk dikonsumsi secara teratur.

 

 

 

Join Dream.co.id