Beli Obat Langsung, Konsultasilah dengan Apoteker

Fresh | Selasa, 15 Oktober 2019 19:45
Beli Obat Langsung, Konsultasilah dengan Apoteker

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Tak perlu ragu untuk bertanya efek obat atau reaksinya, sebagai langkah pencegahan.

Dream - Saat mengalami sakit ringan, sebagian besar orang akan lebih dulu mengonsumsi obat yang dijual bebas dibandingkan pergi ke dokter. Obat bisa dengan mudah dibeli tanpa harus memakai resep.

Cara tersebut memang cukup praktis, apalagi jika lokasi dokter jauh dari rumah. Namun terkadang, pasien bisa bingung dalam memilih obat yang sesuai. Bahkan kini orang semakin mudah percaya dengan diagnosa penyakit yang ada di internet.

" Gejala yang sama belum tentu penyakit dan obatnya sama. Gunakan obat sesuai indikasi medis yang ditetapkan dokter atau konsultasikan dengan apoteker agar pemakaiannya benar. Ada obat yang harus pecah di usus, ada yang cair dan macam-macam jenis, fungsi dan cara kerjanya," ujar Nurul Falah Eddy Pariang, Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) di Jakarta, Selasa 15 Oktober 2019.

 

2 dari 8 halaman

Konsultasi Apoteker Masih Jarang Dilakukan

Di Indonesia, konsultasi antara pasien dengan apoteker masih jarang dilakukan. Padahal, apoteker merupakan rantai tenaga medis paling akhir dan dekat bagi pasien setelah dokter.

 Obat© Pixabay

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan apoteker agar tidak salah mengonsumsi obat. Apoteker dapat memberikan informasi tentang berbagai jenis obat.

Termasuk, merekomendasikan obat bebas yang sebaiknya digunakan dan menjelaskan cara kerja hingga efek samping obat. Apoteker juga berhak memberikan home service untuk membantu memasang alat medis tertentu pada pasien.

 

 

3 dari 8 halaman

Pelatihan Apoteker

Peningkatan kapasitas apoteker sangat penting untuk meningkatkan layanan kesehatan berkualitas. PT Merck Tbk dan IAI menjalin kerjasama bidang kompetensi dasar dan pengetahuan apoteker tentang penyakit kronik diabetes, hipertensi dan tiroid.

Program yang berlangsung mulai Oktober 2019 - Juli 2020 ini melibatkan 150 orang apoteker Training of Trainers (ToT) di 3 kota besar dan implementasi kepada 1.500 peserta apoteker dari himpunan lembaga masyarakat.

 Pelatihan apoteker PT Merck© Dream

" Kolaborasi ini dilakukan demi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sektor tenaga kesehatan, khususnya apoteker untik memahami penyakit kronik lebih dalam. Harapannya program ini dapat terus berlanjut dan menjadi standar baru di bidang layanan farmasi Indonesia," kata, Andre Musto, Merck Regional Vice President.

4 dari 8 halaman

Ketahui Kebohongan Obat Pelangsing Agar Tidak Tertipu

Dream - Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan, mulai diet, olah raga, hingga mengonsumsi obat pelangsing tradisional maupun modern.

Tapi pada umumnya, banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan selalu terjebak pada hasil cepat. Padahal proses menurunkan berat badan tidak bisa dilakukan secara instan.

Keinginan hasil instan itulah yang biasanya dimanfaatkan produsen obat untuk memasarkan pelangsing. Dengan iklan yang gencar, mereka menggeret pelanggan dengan iming-iming hasil instan.

 shutterstock© shutterstock.com

Apalagi jika iklan obat pelangsing itu dibumbui dengan janji tanpa perlu olah raga atau rekomendasi dokter.

Dikutip dari Times of India, berikut lima kebohongan tentang obat pelangsing yang perlu diragukan agar Sahabat Dream tidak tertipu.

5 dari 8 halaman

1. Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet

Sebenarnya, kamu tidak akan bisa menurunkan berat badan jika kurang memperhatikan pola makan atau diet. Kamu tidak mungkin bisa menurunkan berat badan hanya dengan minum obat pelangsing tanpa diet.

Untuk mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh, kamu perlu mengurangi asupan kalori. Tanpa mengurangi asupan kalori, kamu tidak bisa menurunkan berat badan, tentunya tidak dengan meminum obat pelangsing.

 shutterstock© shutterstock.com

6 dari 8 halaman

2. Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Olahraga

Makanan dan olahraga adalah dua hal penting yang perlu diperhatikan saat mengurangi berat badan. Dengan mengabaikan salah satu dari keduanya, keinginan untuk bisa menurunkan berat badan tidak akan terwujud.

Jadi jika ingin mengurangi berat badan, maka harus berolah raga. Terlepas dari jenis olah raga atau aktivitas fisik yang dilakukan, yang penting kamu bergerak aktif. Tidak ada bukti yang mendukung penurunan berat badan tanpa bantuan olah raga.

 shutterstock© shutterstock.com

7 dari 8 halaman

3. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Ini adalah janji paling umum yang dibuat produsen obat pelangsing untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Tetapi kamu harus menyadari fakta bahwa obat pelangsing tidak dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Produk seperti teh hijau bahkan tidak dapat membuat metabolisme tubuh jadi meningkat. Tak satu pun dari bahan-bahan ini dapat membantu menurunkan berat badan secara permanen.

8 dari 8 halaman

4. Bisa Membuat Kenyang

Pil penurun berat badan atau obat pelangsing tidak bisa membuat kamu merasa lebih kenyang. Tubuh membutuhkan protein, serat, dan lemak agar perut kamu merasa kenyang sambil mengisinya dengan nutrisi.

 shutterstock© shutterstock.com

Obat pelangsing atau suplemen penurun berat badan tidak dapat menggantikannya. Trik yang tepat untuk menurunkan berat badan adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, yang mengandung lebih sedikit kalori.

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id