Banyak Nutrisi Penting, Ini 8 Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Ibu Hamil

Fresh | Minggu, 16 Mei 2021 12:31
Banyak Nutrisi Penting, Ini 8 Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Ibu Hamil

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Susu kambing etawa bisa dijadikan alternatif sebagai minuman yang menyehatkan bagi ibu hamil.

Dream - Manfaat susu kambing untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Tidak sedikit penderita beberapa penyakit yang disarankan untuk mengonsumsi susu kambing karena dinilai ampuh mengatasi keluhan.

Tidak hanya baik untuk kesehatan, susu kambing banyak dimanfaatkan untuk mendukung kecantikan wanita. Baik itu dibuat dalam bentuk sabun, lotion, dan masih banyak lagi.

Selain itu, susu khususnya dari kambing etawa sangat baik untuk ibu hamil. Mengingat wanita yang sedang mengandung sangat membutuhkan banyak asupan gizi untuk kesehatan dirinya sendiri dan janin yang dikandungnya.

Salah satu sumber gizi tersebut adalah susu yang memberikan dampak positif bagi tubuh ibu hamil. Mungkin tidak banyak dari ibu hamil yang mengonsumsi susu kambing dan lebih memilih susu hamil yang banyak dijual di pasaran.

Tapi, tahukah kamu susu kambing menyimpan banyak manfaat untuk ibu hamil? Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat susu kambing etawa untuk ibu hamil sebagaimana dilansir melalui berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan dan Mengandung Nutrisi Mencukupi

 Ilustrasi Susu Kambing Etawa
© Pixabay.com

Menjaga Kesehatan

Manfaat susu kambing etawa bagi ibu hamil yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan. Dalam hal ini, kesehatan sang ibu sekaligus janinnya selalu terjaga dengan baik.

Ibu hamil bisa mendapatkan beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan dari susu ini. Dengan begitu, nantinya metabolisme lebih terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

Memiliki Nutrisi yang Cukup

Susu kambing etawa memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Nutrisi yang ada di dalam susu kambing etawa di antaranya berupa zat besi, protein, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Semua nutrisi itulah yang sangat dibutuhkan oleh sang ibu dan bayinya. Tidak mengherankan jika susu kambing etawa dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai produk susu hewani yang menyehatkan.

3 dari 5 halaman

Melancarkan ASI dan Tidak Menimbulkan Alergi

 Ilustrasi Memberikan ASI
© Freepik.com

Melancarkan ASI

Manfaat susu kambing bagi ibu hamil lainnya adalah bisa melancarkan ASI. Hal ini penting sekali untuk mempersiapkan kelahiran sang bayi.

Karena bayi yang baru lahir sangat memerlukan ASI sebagai makanan pokoknya yang menyehatkan dan ampuh untuk menciptakan daya tahan tubuh bayi yang kuat.

Dengan mengonsumsi susu kambing etawa secara cukup, hal ini bisa membantu ibu hamil untuk menyiapkan ASI yang terbaik agar nantinya bisa dikonsumsi oleh sang bayi.

 

Tidak Menimbulkan Alergi

Tidak sedikit orang yang ketika mengonsumsi susu sapi justru menderita alergi. Hal ini pun bisa menurun pada bayi yang sedang dikandunganya. Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi susu kambing etawa. Susu ini dipercaya lebih aman dan menghindarkan bayi dari risiko alergi. Kemudian langkah lainnya adalah dengan mencari tahu gejala pada bayi yang alergi dengan susu formula dan cari tahu juga bagaimana mengatasinya.

4 dari 5 halaman

Mengoptimalkan Perkembangan Bayi dan Menyehatkan Tulang

 Ilustrasi Perkembangan Janin yang Baik
© Freepik.com

Mengoptimalkan Perkembangan Bayi

Manfaat susu kambing etawa bagi ibu hamil bisa untuk mengoptimalkan perkembangan bayi. Hal ini tidak terlepas dari adanya kandungan nutrisi yang beragam di dalam susu kambing.

Manfaat tersebut nantinya akan diserap oleh bayi di dalam kandungan melalui plasenta ibu. Dengan begitu, bayi pun bisa berkembang secara maksimal di dalam kandungan.

Menyehatkan Tulang

Manfaat susu kambing etawa bagi ibu hamil berikutnya adalah untuk menyehatkan tulang. Hal ini karena di dalam susu kambing terkandung kalsium yang cukup tinggi. Dengan kandungan inilah yang ampuh untuk menjaga tulang sang ibu dan janinnya tetap sehat.

Apalagi semakin bertambahnya usia sang janin, tubuh ibu bisa semakin rapuh karena menahan beban. Oleh karena itu, auspan kalsium menjadi penting yang bisa kamu dapatkan dari susu kambing.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Meningkatkan Perkembangan Otak

 Ilustrasi Kekebalan Tubuh yang Baik
© Freepik.com

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat susu kambing etawa bagi ibu hamil yang tak kalah istimewa adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh ini sangatlah penting bagi ibu hamil untuk menjaga tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit yang otomatis juga bisa berdampak pada janinnya.

Susu kambing sendiri memiliki tekstur yang mudah untuk dicerna dan nutrisinya pun juga mudah diserap oleh tubuh. Bahan makanan maupun minuman yang mudah diserap oleh tubuh seperti susu kambing ini akan sangat baik untuk membantu dalam melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Dengan begitu, sistem pencernaanmu pun juga tidak akan kesulitan untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi.

Meningkatkan Perkembangan Otak

Manfaat susu kambing etawa bagi ibu hamil yang terakhir adalah untuk meningkatkan perkembangan otak bayi. Hal ini karena susu kambing akan bekerja seperti stimulan yang nantinya akan meningkatkan kecerdasan otak bayi sejak ia berada di dalam kandungan.

Walaupun ada sumber makanan lain yang juga bisa untuk meningkatkan perkembang otak, kamu bisa menjadikan susu kambing etawa ini sebagai pilihanmu.

Itulah 8 manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan ibu hamil. Sahabat Dream bisa memilih susu kambing etawa ini sebagai minuman yang mampu memberikan asupan nutrisi secara cukup selain dari susu sapi.

Join Dream.co.id