Trik Jitu Mengatasi Anak yang Stres Belajar di Rumah

Fresh | Jumat, 24 Juli 2020 15:12
Trik Jitu Mengatasi Anak yang Stres Belajar di Rumah

Reporter : Cynthia Amanda Male

Buat proses belajar anak lebih efektif.

Dream - Kegiatan belajar di rumah selama pandemi Covid-19 mungkin menyenangkan dan lebih praktis bagi sebagian orang. Apalagi, anak lebih terkontrol dan aman belajar di rumah. 

Namun, kegiatan belajar di rumah juga sulit dilakukan bagi sebagian orang. Tidak hanya bagi anak, tapi juga orangtua.

“ Lebih banyak orangtua yang stres, biasanya karena ada gap dari sekolah terkait kondisi dan situasi di rumah. Jadi, orangtuanya belum siap,” ungkap Astrid Wen, Psikolog Anak dalam webinar Kalbe ‘Lindungi Anak Indonesia dengan Daya Tahan Tubuh yang Optimal, Kamis 23 Juli 2020.

“ Ada tuntutan sekolah yang belum peka atau responsif terhadap kesiapan orangtua dalam menjadi guru atau fasilitator untuk anak belajar di rumah,” lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Set target dan lebih peka pada anak

Ibu dan Anak Belajar Bersama© Shutterstock.com

Di samping itu, anak juga bisa merasa lelah dan stres. Di saat itulah orangtua perlu lebih peka untuk menurunkan ekspektasi terhadap anak untuk bisa nyaman menjalani kegiatan belajar di rumah.

“ Kita perlu set target, misalnya 30-40 menit anak bisa nyaman dan happy duduk tanpa mengeluh di depan komputer. Kalau anak bisa melakukannya, orangtua harus bersyukur“ .

Orangtua juga perlu peka melihat kondisi kegiatan belajar di rumah secara keseluruhan. “ Ini anak yang perlu difasilitasi atau target sekolah yang ketinggian. Kalau ketinggian, di grup WA sekolah, biasanya para ibu komplain,” jelasnya.

Setelahnya, persatuan orangtua murid bisa berkomunikasi dengan pihak sekolah untuk menyesuaikan target pembelajaran.

“ Jadi, perlu ada banyak pengedukasian dan kesabaran. Baik dari pihak orangtua maupun sekolah untuk memfasilitasi kebutuhan belajar anak,” tutupnya.

Join Dream.co.id