Awas! Virus Herpes Genital Tak Bisa Dibasmi Tuntas

Fresh | Senin, 20 Mei 2019 09:13
Awas! Virus Herpes Genital Tak Bisa Dibasmi Tuntas

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Jika sekali terkena, maka virus akan terus bersarang di dalam tubuh.

Dream - Herpes genital merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus Herpes Simpleks (HSV). Meski tidak mematikan, herpes bersifat kronis dan sangat mengganggu.

Data WHO mencatat bahwa 417 juta orang di dunia mengalami Herpes Genital, dengan angka 267,3 juta wanita dan 150,1 juta pria.

Virus herpes terdiri dari dua jenis. Tipe 1 ditularkan melalui oral ke oral sedangkan tipe 2 lewat aktivitas seksual.

" Namun dengan semakin berkembangnya bentuk aktivitas seksual, maka terkadang ditemukan HSV tipe 1 di area genital," kata Wresti Indriatmi, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Konsultan lewat keterangan rilis yang diterima Dream, Jumat 17 Mei 2019.

Awal mula penyakit herpes dimulai dengan lesi inisial primer. Saat pertama kali terkena herpes genital, tubuh akan langsung menunjukkan gejala seperti sariawan, sakit dan timbulnya nanah.

Selanjutnya diikuti dengan lesi inisial non-primer yaitu saat pertama kali virus masuk, tubuh sudah terlebih dahulu membentuk antibodi sehingga virus tidak langsung terlihat atau
menunjukkan gejala.

" Kemudian episode kambuhan, yaitu pada saat virus yang sudah ada dalam tubuh dan menunjukkan gejalanya saat antibodi menurun," lanjutnya.

2 dari 2 halaman
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 2 - Ngebet Viral
Join Dream.co.id