Awas! Bahaya Minum Es Saat Berbuka Puasa

Fresh | Jumat, 7 Mei 2021 18:35
Awas! Bahaya Minum Es Saat Berbuka Puasa

Reporter : Ahmad Baiquni

Ternyata konsumsi minuman dingin saat berbuka membawa efek tidak baik lho.

Dream - Berbuka puasa di bulan Ramadan menjadi kegembiraan yang sulit terganti. Dua kebahagian yang dirasakan yaitu karena bisa menyelesaikan puasa seharian dan bisa menyantap makanan.

Aneka makanan disiapkan untuk menu berbuka puasa. Bahkan ada yang menghidangkan banyak makanan dan minuman seolah bisa disantap semua. Padahal, makanan sederhana lebih baik.

Minuman dingin seperti es buah, cendol, atau sekadar es teh terasa nikmat dikonsumsi sat berbuka puasa. Air dingin diharapkan mampu menghapus dahaga setelah lebih dari 14 jama menahan haus dan lapar.

Namun ternyata, minum es saat berbuka puasa sebaiknya dihindari. Es ternyata tak baik untuk kondisi tubuh setelah tidak makan minum selama belasan jam.

 

2 dari 3 halaman

Bikin Kembung

Minum es apapun jenisnya membuat perut terasa kembung dan penuh. Penyebabnya karea lambung menjadi melambat karena es harus diubah sesuai suhu tubuh.

Minuman hangat maupun dingin akan mempunyai suhu yang sama saat di dalam tubuh.

 Es Buah
© Shutterstock.com

Apalagi kalau es yang dipilih mengadung gula sehingga kenyang lebih cepat. Padahal, kita masih perlu mengonsumi nutrisi cukup saat berbuka puasa.

Minuman pembuka puasa cukup air putih saja. Air cepat terserap tubuh dalam sekian detik setelah diminum sehingga cepat menyegarkan tubuh. Setelah itu, kurma bisa menjadi pilihan makanan manis.

3 dari 3 halaman

Gula Dalam Es Picu Diabetes

Buah-buahan yang mempunyai rasa manis lebih baik dibandingkan aneka es atau camilan legit. Gula dalam minuman dan makanan dapat cepat menaikkan gula dalam darah sehingga bisa memicu diabetes.

 Es Buah
© Shutterstock.com

Sementara gula dalam buah asli lebih stabil dan membuat kenyang lebih lama.

Kalau kamu ingin tetap minum es saat berbuka puasa, konsumsi sebagai minuman terakhir setelah makan cukup gizi. Jangan lupa, batasi gula dalam minuman es yang kamu pilih.

Join Dream.co.id