Ilmuwan Temukan Enzim Penyebab Bau Badan yang Ada Sebelum Homo Erectus

Fresh | Jumat, 7 Agustus 2020 18:12
Ilmuwan Temukan Enzim Penyebab Bau Badan yang Ada Sebelum Homo Erectus

Reporter : Cynthia Amanda Male

Saat wangi parfum habis, bau badan biasanya akan kembali muncul. Ternyata penyebab bau badan bukan karena bakteri saja.

Dream - Memakai parfum terkadang belum cukup untuk mengusir bau badan kamu. Saat wangi dari parfum sudah menghilang, bau badan akan kembali mulai muncul dan menurunkan rasa percaya diri.

Lantas apa sebetulnya yang menyebabkan bau badan kembali lagi? Dilansir dari Times of India, peneliti di University of York telah menemukan jawabannya.

Sebelumnya, peneliti membuktikan bahwa bau badan atau body odour disebabkan oleh bakteri yang ada di ketiak. Dan pada penelitian lanjutan, mereka berhasil membuktikan bahwa enzim yang dihasilkan bakteri tersebutlah penyebab timbulnya bau badan tertentu pada setiap orang.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Scientific Report menegaskan bagaimana bakteri mengembangkan enzim tertentu untuk memproduksi molekul bau badan. 

 

2 dari 4 halaman

Bakteri dan enzim bau badan berbeda di setiap orang

Bau Badan© Shutterstock.com

Seorang penulis dari kelompok Profesor Gavin Thomas di Department of Biology University of York, Michelle Rudden, menyatakan bahwa mengetahui struktur enzim bau badan membuat kita lebih mudah menentukan molekul serta bakteri penyebab bau badan.

Hal tersebut merupakan kunci untuk memahami cara kerja dan proses timbulnya bau badan, serta mengatasinya tanpa mengganggu mikrobioma pada ketiak.

Menurut peneliti, bakteri yang berbeda akan selalu ada pada ketiak seseorang dan menjadi bagian mikrobioma kulit. Staphylococcus hominis merupakan mikroba utama yang menyebabkan bau badan.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa enzim bau badan telah didapatkan pada mikroba tersebut jauh sebelum munculnya spesies Homo sapiens. Bau badan terus berevolusi dan menjadi hal yang diperhatikan ketika berkomunikasi.

(Sumber: Times of India)

3 dari 4 halaman

3 Cara Mencegah Bau Badan Saat Ketiak Basah

Dream - Cuaca mulai menghangat dan kamu tidak selalu bisa memakai AC setiap saat. Tak heran jika ketiakmu basah meskipun berada di dalam rumah.

Ketiak yang basah membuatmu merasa kurang nyaman. Apalagi, jika menimbulkan bau kurang sedap.

Untuk mencegah bau badan, berikut tips yang dilansir dari Female Network:

Mengeksfoliasi Kulit Ketiak

Sediakan waktu sebelum mandi untuk mengeksfoliasi kulit ketiak menggunakan scrub berbahan ringan.

Ini akan menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan bau badan. Gosokkan scrub secara perlahan untuk mencegah iritasi.

 

4 dari 4 halaman

Menggunakan Toner

Toner© Shutterstock.com

Menggunakan toner pada ketiak dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mempermudah penyerapan produk yang dipakai setelahnya. Kamu bisa menggunakan toner wajah unto dipakai di ketiak.

Memakai Deodoran Berbahan Natural

Memilih Deodoran© Shutterstock.com

Deodoran berbahan natural lebih ringan dan tidak menyumbat pori-pori kulit ketiakmu. Ini bisa mencegah bau badan dan membuat kulit ketiak lebih sehat.

(Sumber: Female Network)

Join Dream.co.id