Hand Sanitizer Bisa Gantikan Sabun Cuci Tangan?

Fresh | Jumat, 14 Juni 2019 16:11
Hand Sanitizer Bisa Gantikan Sabun Cuci Tangan?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Penggunaan hand sanitizer seringkali menjadi alternatif ketika tidak bisa mencuci tangan dengan sabun. Tapi, apakah hand sanitizer bisa menggantikan sabun cuci tangan?

Dream - Selama ini, kita diajarkan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan agar makanannya tidak terkontaminasi kuman.

Cuci tangan bukan hanya membilas dengan air mengalir, tapi juga memakai sabun antiseptik seperti hand sanitizer yang banyak dijual di apotek dan supermarket.

Hand sanitizer hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk yang lucu karena diperuntukkan bagi anak-anak. Maka tidak heran, hand sanitizer juga dipasarkan dalam warna yang menarik dengan bau buah-buahan.

Tapi, apakah hand sanitizer aman digunakan terus-terusan? Berikut beberapa hal seputar hand sanitizer yang dilansir dari Reader's Digest: 

2 dari 4 halaman


Tidak Semua Hand Sanitizer Sama

Banyak orang mengira bahwa semua hand sanitizer memiliki kandungan dan khasiat yang sama. Padahal, tidak semua pabrik memproduksi hand sanitizer yang sama.

 Ilustrasi hand sanitizier

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC menyarankan, untuk menggunakan hand sanitizer yang alkoholnya minimal 60 persen. 

Hand sanitizer dengan alkohol 60 persen lebih efektif dalam membunuh kuman. Sementara hand sanitizer non alkohol akan lebih berbahaya dan dapat menyebabkan berkembangnya kuman yang kebal terhadap antiseptik.

Selain itu, penting untuk menghindari hand sanitizer yang mengandung triclosan. Triclosan merupakan bahan kimia aktif yang awalnya digunakan sebagai pestisida atau pembunuh hama. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA melarang penggunaan hand sanitizer berbahan triclosan. 

" Triclosan dosis tinggi dikaitkan dengan penurunan kadar berbagai jenis hormon tiroid dan mungkin menyebabkan bakteri menjadi kebal terhadap antiseptik" .

3 dari 4 halaman


Apakah Hand Sanitizer Bisa Mencegah Penyakit?

Hand sanitizer tidak dapat membunuh bakteri jika kamu tidak menggunakannya dengan benar. Selalu gunakan dalam dosis yang tepat, usapkan atau gosokkan ke permukaan tangan dan biarkan mengering.

Jangan lap atau membilas tangan setelah memakai hand sanitizer. Ketika digunakan dengan benar, hand sanitizer berbahan dasar alkohol membunuh setidaknya 99,9 persen virus, jamur maupun bakteri.

 Ilustrasi hand sanitizier

Jadi setelah menyentuh pegangan tangga atau keranjang belanja, gunakan hand sanitizer untuk menghindari dari virus selesma atau flu

Sayangnya, beberapa jenis virus penyebab penyakit juga bisa menular lewat udara. Dalam hal ini, hand sanitizer kurang efektif digunakan.

4 dari 4 halaman


Lebih Efektif Mana, Hand Sanitizer atau Mencuci Tangan dengan Sabun?

Meskipun hand sanitizer terdengar seperti cara praktis dan efektif untuk membersihkan tangan, ternyata masih tidak ada yang mengalahkan sabun dan air. 

CDC mengatakan cara terbaik untuk mencegah penyebaran infeksi dan mengurangi risiko penyakit adalah dengan mencuci tangan secara teratur.

Hanya gunakan hand sanitizer jika kamu tidak bisa mencuci tangan dengan sabun dan air biasa. Seperti, ketika berada di dalam mobil, berbelanja, menonton di bioskop atau di rumah sakit

CDC memperingatkan bahwa hand sanitizer tidak boleh digunakan setelah memegang bahan kimia atau ketika tangan sangat kotor. Pada dalam kondisi demikian, gunakanlah sabun dan air biasa. 

(ism, Sumber: rd.com)

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id