Apakah Baik Melakukan Hubungan Intim Setelah Keguguran?

Fresh | Minggu, 18 April 2021 03:15
Apakah Baik Melakukan Hubungan Intim Setelah Keguguran?

Reporter : Dwi Ratih

Tunda berapa lama?

Dream – Wanita mana yang ingin mengalami keguguran? Pasti tak ada satupun.

Namun proses kuret harus dilakukan jika pihak medis benar-benar menyatakan kandungan sudah tidak bisa dipertahankan lagi.

Sekadar informasi, kuret merupakan salah satu cara yang dilakukan dokter untuk membersihkan rahim ibu yang mengalami keguguran. Tindakan ini juga bisa dilakukan ditemukan polip pada rahim ibu.

Setelah kuret, seorang ibu tidak dapat langsung melakukan hubungan intim dan beberapa hal lainnya agar proses penyembuhan dapat lebih cepat.

Kapan waktu terbaik berhubungan intim kembali setelah kuret?

Menunda berhubungan seks setelah kuret bertujuan mengurangi risiko terjadinya infeksi. Setelah keguguran, ibu kemungkinan akan mengalami pendarahan selama beberapa waktu.

Ketika proses ituu terjadi, serviks akan membesar lebih dari biasanya dan membuat rahim lebih rentan terhadao infeksi jika memaksakan tetap berhubungan seks setelah keguguran.

Guna mencegah infeksi tersebut ada baiknya untuk tidak melakukan hubungan seksual dahulu hingga setidaknya dua minggu dan juga tidak boleh memasukkan benda apapun ke dalam vagina termasuk tampon.

2 dari 5 halaman

Jadi, harus nunggu berapa lama?

Namun, sebenarnya waktu yang tepat untuk kembali berhubungan seks setelah keguguran dapat berbeda-beda setiap masing-masing pasangan, yang terbaik adalah coba berkonsultasi dengan dokter profesional.

Apakah akan terasa sakit berhubungan seks setelah kuret?

Setelah mengalami keguguran dan menjalani kuret, banyak wanita yang merasa takut untuk berhubungan seks kembali dan takut akan rasa sakit yang mungkin dapat dirasakan.

Setelah keguguran juga mungkin wanita akan mengalami kram mirip sepeti saat menstruasi. Meski pendarahan berenti, rasa sakit mungkin akan tetap muncul ketika melakukan hubungan seks terutama pada masa awal setelah sembuh.

Jika sudah mengalami rasa sakit yang berlebihan, ada baiknya konsutasikan dengan dokter karena takut terjadi infeksi. Infeksi ditandai dengan demam, panas dingin, hingga keluar cairan berbau tidak sedap dalam vagina.

 

3 dari 5 halaman

Ada beberapa hal penting

 Ilustrasi
© Shutterstock

Dilansir dari Sehatq, ada beberapa kondisi yang sebaiknya ditangani dokter, antara lain:

- Pendarahan hebat selama lebih dari 1 jam setelah berhubungan seks
- Adanya gumpalan darah atau jaringan yang keluar dari dalam vagina
- Demam lebih dari 38,3 derajat Celcius
- Keluarnya cairan seperti keputihan yang berbau busuk dari dalam vagina

Tapi tenang aja sahabat Dream, tidak usah terlalu takut, karena kesembuhan usai mengalami keguguran juga bisa terjadi dengan cepat.

Asalkan ikuti anjuran dokter dengan meminum obat yang diberikan serta saat pengkonsumsian obat jangan pernah memasukkan benda apapun ke dalam vagina.

Laporan: Josephine Widya

4 dari 5 halaman

5 Tanda Rahim Benar-Benar Bersih Setelah Keguguran

Dream - Memastikan rahim benar-benar bersih dari janin setelah keguguran sangatlah penting untuk mencegah komplikasi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan prosedur dilatasi dan kuretase atau pengangkatan sisa jaringan janin pada rahim setelah keguguran.

Terutama, jika keguguran dialami saat kehamilan berusia 10 minggu atau lebih. Selain melakukan kedua prosedur tersebut, ketahui tanda rahim telah bersih setelah keguguran yang dilansir Sehatq.com berikut ini.

Perdarahan berhenti

Setelah melakukan prosedur pembersihan rahim, kamu akan mengalami perdarahan ringan

Hal ini sangat wajar terjadi dan akan berhenti setelah beberapa hari. Itu tandanya rahim telah bersih dari sisa jaringan janin.

Siklus menstruasi lancar

Ketika rahim benar-benar bersih, siklus menstruasi juga akan lancar kembali. Biasanya, siklus menstruasi akan kembali seperti semula setelah 2-6 minggu pasca dilatase maupun kuretase.

5 dari 5 halaman

Hilangnya kram perut

Dilatase dan kuretase dapat menyebabkan kram perut. Rasanya akan sangat intens di awal pelaksanaan prosedur tersebut.

Namun, kram akan mereda satu hari setelahnya dan hilang sekitar 2 minggu. Di saat itulah rahimmu sudah benar-benar bersih.

Miss V tidak berbau lagi

Sisa jaringan janin yang belum keluar dari rahim bisa menyebabkan bau pada miss V. Untuk mengatasinya, kamu harus melakukan dilatase atau kuretase agar rahim benar-benar bersih dan miss V tidak bau.

Tidak mengalami keputihan

Selain miss V bau, keputihan juga menjadi pertanda adanya sisa jaringan janin pada rahim. Lakukan prisedur kuretase atau dilatase setelah keguguran agar tidak mengalami keputihan.

Join Dream.co.id