Apa Itu Indra ke Enam dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Fresh | Sabtu, 21 Agustus 2021 17:01

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apakah indra keenam benar-benar nyata?

Dream - Mungkin kamu sering mendengar istilah indra ke enam sejak kecil. Hal tersebut seringkali diartikan dengan kemampuan merasakan atau menerka-nerka sesuatu.

Meski terkesan tidak nyata, ternyata terdapat penelitian seputar indra ke enam. Indra ke enam juga diartikan sebagai 'gut feeling'.

Sesuai dengan namanya, penelitian tersebut berkaitan dengan hubungan pencernaan dan otak. Pencernaan seringkali diklaim sebagai otak ke dua. Itulah mengapa kesehatan pencernaan sangat penting bagi tumbuh kembang otak.

Apa Itu Indra ke Enam dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
Berpikir Menggunakan Indra Keenam. (Source: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Cara kerja indra keenam

 Berpikir Menggunakan Indra Keenam© Dream

Ketika indra ke enam bekerja, tubuhmu bisa merasakan beberapa hal, seperti merinding, geli, mual, telapak tangan atau kaki berkeringat, tubuh tegang, perut bagian bawah terasa berat, dan lain-lain.

Indra ke enam tidak hanya terjadi ketika pencernaan memengaruhi otak. Otak pun bisa memengaruhi pencernaanmu. Misalnya, pencernaan bisa terganggu ketika merasa cemas, takut, atau stres.

Meski benar-benar nyata, namun kamu tidak bisa sepenuhnya mengandalkan indra keenam atau gut feeling. Dilansir Sehatq, berikut kondisi yang bisa menjadi saat tepat untuk menggunakan indra ke enam.

3 dari 3 halaman

Harus mengambil keputusan cepat

Ketika harus mengambil keputusan cepat dan tidak sempat untuk berpikir panjang, kamu bisa menggunakan indra ke enam untuk menentukan pilihanmu.

Mempertimbangkan kondisi tubuh

Otak berhubungan dengan pencernaan. Sehingga, kamu bisa memperkirakan kondisi tubuh dengan indra ke enam. Terutama, ketika ingin mengetahui kondisi kesehatan pencernaan.

Kekurangan data

Kamu bisa menggunakan indra ke enam ketika kekurangan data saat membaca buku, kehilangan arah, dan lain-lain.

Join Dream.co.id