Ampuh! Berikut Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Fresh | Selasa, 9 Juli 2019 12:34
Ampuh! Berikut Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Ketombe pada rambut bisa membuat kepercayaan diri seseorang berkurang. Belum lagi masalah rambut yang ditimbulkan.

Dream - Hampir 50% orang pernah mengalami ketombe. Rasanya gatal, serpihan putih yang muncul jadi pertanda kehadiran ketombe. Selain itu, rambut dan kulit kepala akan lebih berminyak dan lepek.

Dilansir dari Health Line, penyebab ketombe biasanya karena kulit kering, iritasi kulit kepala, ketidak cocokan produk perawatan rambut, dan pertumbuhan jamur tertentu di kulit kepala.

Seperti yang kita tahu, sudah banyak produk perawatan rambut yang dikhususkan untuk mengatasi masalah rambut dan kulit kepala. Mulai dari sampo, kondisioner, hingga minyak rambut khusus, semua bisa dibeli dengan mudah.

 Ilustrasi hijab cantik

Namun, pemakaian produk perawatan rambut yang tidak cocok juga memiliki efek samping. Seperti iritasi, rambut rontoh, dan ketombe yang semakin parah. Akan lebih baik dan aman dengan cara menghilangkan dengan bahan-bahan alami.

Berikut beberapa bahan alami dan natura, yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe yang mengganggu rambut dan kepala:

2 dari 7 halaman

Minyak Alami: Tea Tree Oil dan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe yang pertama adalah dengan pemakaian minyak alami. Sudah sejak zaman dahulu, minyak alami banyak digunakan oleh orang-orang untuk merawat rambut mereka. Salah satu yang digunakan adalah minyak daun teh dan minyak kelapa.

Minyak Daun Teh atau Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang tinggi dan dapat mengurangi gejala ketombe. Selain itu, daun teh juga efektif untuk melawan jenis jamur yang bisa menyebabkan masalah kulit kepala dan ketombe.

Cara terbaik untuk menggunakan tea tree sebagai cara menghilangkan ketombe, adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak alami lain ke kulit kepala.

 Ilustrasi Hijab Cantik

Minyak Kelapa

Selain tea tree, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe yang mengganggu. Kelapa mengandung banyak manfaat, seperti mampu mengatasi kulit kepala yang kering yang bisa menyebabkan ketombe.

Minyak kelapa juga mengandung anti-mikroba yang bisa mengurangi gejala eksim yang akan memperburuk ketombe di kepala.

3 dari 7 halaman

Aloe Vera

 Aloe Vera

Kalau cara menghilangkan ketombe yang satu ini, tentu sudah banyak yang tahu. Aloe vera atau lidah buaya memiliki banyak manfaat dalam kecantikan.

Salah satunya bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe.

Sama seperti minyak alami yang mengandung anti-jamur dan anti-bakteri, aloe vera juga mengandung anti-jamur yang bisa membantu melindungi kulit kepala dari ketombe.

Selain itu, aloe vera juga efektif menangkal jamur dan mengendalikan infeksi jamu yang bisa menyebabkan kerontokan rambut, mengurangi peradangan di kulit kepala dan meredakan gejalanya.

4 dari 7 halaman

Cuka Apel

Cuka apel memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi kecantikan, namun juga bagi kesehatan tubuh. Cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan cocok digunakan untuk berdiet.

Selain itu, cuka apel juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami.

Tingkat keasaman yang terkandung dalam cuka apel diyakini mampu menstimulasi pelepasan sel kulit mati pada kulit kepala. Selain itu, cuka apel juga bisa menyeimbangkan pH kulit yang mampu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

 Cuka Apel


Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel sangat mudah. Caranya, tambahkan beberapa sendok cuka apel ke dalam sampo. Atau bisa juga dengan mencampurkannya dalam minyak dan menyemprotkannya ke rambut.

5 dari 7 halaman

Baking Soda

Tidak hanya pelengkap dalam membuat makanan manis saja. Baking soda ternyata juga memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe.

 Baking Soda


Baking soda mampu bertindak sebagai exfoliant yang lembut dan bisa mengangkat sel-sel kulit mati, dan mengurangi rasa gatal akibat ketombe. Selain itu, baking soda juga bersifat anti-jamur yang bisa menghilangkan ketombe.

Dilansir dari laman Health Line, baking soda dapat menghambat pertumbuhan jamur sebanyak 79% setelah pemakaian 7 hari.

6 dari 7 halaman

Mengurangi Stres

Stres menjadi pemicu banyak masalah bagi tubuh. Tidak hanya kesehatan fisik dan mental saja, stres juga dapat menjadi penyebab munculnya ketombe, gatal-gatal dan kulit kepala yang kering.

Ketika stres, kekebalan tubuh akan melemah dan kemampuan untuk melindungi tubuh dari infeksi jamu akan berkurang. Celah inilah yang bisa membuat pertumbuhan ketombe meningkat ketika stres.

 Stres


Cara menghilangkan ketombe selain menggunakan minyak dan bahan alami lainnya, adalah mengurangi stres, dengan meditasi, yoga atau aroma terapi.

7 dari 7 halaman

Konsumsi Makanan Bernutrisi (Omega-3s dan Probiotik)

Selain dengan bahan-bahan alami yang bisa menghilangkan ketombe dari luar, mengonsumsi makanan yang bernutrisi menjadi cara menghilangkan ketombe dari dalam tubuh. Terutama, makanan yang mengandung omega-3s dan probiotik.

Omega-3s: Kacang Walnut, Kacang Shia

Jenis asam lemak yang satu ini memiliki peran penting dalam tubuh. Selain bermanfaat dalam memperbaiki membrane sel, sistem imun dan baik untuk paru-paru, omega-3s juga bisa mengurangi gejala dari berbagai masalah rambut.

Omega-3s membantu mengatur produksi minyak dan bisa mengurangi kekeringan di beberapa bagian tubuh, salah satunya kepala. Dengan begitu, omega-3s jadi cara menghilangkan ketombe yang ampuh dari dalam.

Probiotik: Tempe, Kimchi, Natto

Selain omega-3s, mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik juga mampu menghilangkan ketombe, lho. Bakteri probiotik adalah bakteri baik yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mampu mencegah kemunculan ketombe. (ism)

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id