ALK, Jenis Kanker Paru-paru Langka yang Harus Diwaspadai

Fresh | Jumat, 29 November 2019 11:12
ALK, Jenis Kanker Paru-paru Langka yang Harus Diwaspadai

Reporter : Mutia Nugraheni

Kebanyakan ditemukan pada pasien kanker paru-paru stadium lanjut.

Dream - Kanker paru-paru-paru ALK (anaplastic lymphoma kinase) positif, merupakan kanker jenis langka. Pengidapnya hanya sebesar 2%-5% dari populasi kanker paru-paru.

Kanker ini, kebanyakan ditemukan pada pasien kanker paru-paru stadium lanjut, bukan perokok, dan usia 45-50 tahun atau lebih muda dari populasi pasien kanker paru-paru umumnya.

kanker paru-paru ALK positif, termasuk kanker yang ganas karena penyebaran sel kanker hingga ke otak. Secara umum, kanker paru-paru dibagi menjadi dua jenis, yaitu kanker paru-paru bukan sel kecil atau non small cell lung cancer (NSCLC), dan kanker paru-paru sel kecil atau small cell lung cancer (SCLC).

Menurut dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, Sita Laksmi Andarini, ALK adalah salah satu mutasi onkogenik yang terjadi pada pasien kanker paru-paru NSCLC. 

" Kanker paru-paru ALK positif memiliki masa perburukan yang sangat cepat, yaitu hanya sekitar tujuh bulan dengan pengobatan kemoterapi," ujar Sita di Hong Kong Cafe, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

 

2 dari 8 halaman

Pengobatan kanker paru-paru ALK Positif

Sita mengungkap, sistem pengobatan kanker paru-paru telah berkembang sangat pesat. Kemajuan teknologi memungkinkan penanganan kanker yang efektif.

Menurutnya, hasil studi menunjukkan, pengobatan kanker paru-paru Anti ALK dengan Alectinib berhasil meningkatkan hasil terapi pada pasien, yakni memberikan masa bebas perburukan hampir tiga tahun.

 Bulan Peduli Kanker Paru© Dream

" Hingga 2017 kanker paru-paru NSCLC jenis mutasi ALK belum dapat dites di Indonesia. Atas kerja sama beberapa ahli, diagnosis ALK kini telah dapat dilakukan di Indonesia," kata  Evlina Suzanna Sinuraya, dokter spesialis patalogi anatomi Rumah Sakit Kanker Dharmais.

3 dari 8 halaman

Penyebab Kematian Tertinggi

Diagnosis dilakukan melalui program peningkatan kompetensi para ahli patologis anatomi dari 11 rumah sakit di 10 kota di Indonesia. Dengan adanya kesiapan diagnosis ALK, Evlina berharap agar pasien penderita kanker paru-paru ALK positif cepat terdeteksi dan segera ditangani dengan maksimal.

 Pengidap Kanker Paru-paru Lebih Banyak Pria, Mengapa?© MEN

Pasalnya, kanker paru-paru merupakan penyebab kematian tertinggi akibat kanker. Melebihi jumlah kematian kanker prostat, payudara, dan kolorektal bila digabungkan.
Berdasarkan data Global Cancer Observatory (Globocan) 2018, 1,8 juta jiwa di dunia meninggal akibat kanker paru-paru sepanjang 2018.

Sedangkan di Indonesia, setiap tahunnya lebih dari 30.023 penduduk Indonesia didiagnosa kanker paru-paru. Sebanyak 26.095 jiwa meninggal akibat kanker paru-paru di 2018.


Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

4 dari 8 halaman

Tes Sederhana Ini Akan Tunjukkan Kamu Menderita Kanker Paru-Paru

Dream - Jean Taylor, wanita asal Inggris, merasa shock setelah memeriksakan diri ke dokter karena jarinya lebih besar dan kukunya lebih melengkung dari biasanya. Sebab, kondisi itu ternyata menjadi pertanda dirinya mengidap kanker paru-paru.

Setelah diagnosa dokter tersebut, nenek tiga cucu itu segera dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) dan biopsi pada paru-paru.

Beberapa hari kemudian, hasil pemeriksaan tersebut telah keluar. Dokter mengungkapkan temuan yang mengejutkan tersebut.

 Jari bengkak dan kuku terlihat melengkung tidak wajar.© Facebook Jean Taylor

Jean Taylor jelas saja kaget, sebab kondisi kuku yang buruk itu merupakan tanda penyakit serius. Dia divonis mengidap kanker stadium satu di kedua paru-parunya.

5 dari 8 halaman

Memperingatkan Netizen Soal Nail Clubbing

Karena merasa terpanggil untuk menyebarkan informasi tentang kanker paru-paru, Jean Taylor memposting status di Facebook.

Dia memperingatkan netizen jika menemukan tanda-tanda aneh pada jari yang disebut dengan istilah nail clubbing.

Nail clubbing atau pembengkakan jari adalah bagian dari tanda-tanda rendahnya oksigen di dalam darah.

Pembengkakan ini bisa terjadi pada jari di tangan maupun kaki. Cirinya adalah jari tampak membesar dan kuku lebih melengkung dari biasanya.

Nail clubbing ini telah dikaitkan dengan penyakit lainnya, seperti penyakit kardiovaskular, AIDS, dan penyakit liver.

6 dari 8 halaman

Apa Itu Nail (Finger) Clubbing?

Finger atau nail clubbing adalah kondisi di mana ujung jari dan kuku membesar. Nail clubbing ini terjadi secara bertahap, menurut Cancer Research UK.

Pertama, pangkal kuku akan terasa lembut dan kulit di sebelah alas kuku menjadi berkilau. Selanjutnya, kuku mulai melengkung lebih dari biasanya ketika dilihat dari samping (dikenal sebagai Tanda Scarmouth).

Pada tahap akhir, ujung-ujung jari mungkin akan membesar dan membengkak. Nail clubbing ini diduga disebabkan oleh berkumpulnya cairan di jaringan lunak di ujung jari.

Deteksi dini terhadap nail clubbing akan menjadi petunjuk pertama adanya kelainan yang serius pada tubuh. Jika diobati secara dini, dapat disembuhkan.

7 dari 8 halaman

Mengenal Tes Untuk Mengetahui Kanker Paru

Emma Norton, dari penyedia layanan kesehatan BUPA UK, menyatakan, ada cara mudah untuk mengetahui nail clubbing. Cara tersebut disebut dengan Tes Jendela Schamroth (Schamroth Window Test).

" Kebanyakan orang dengan kanker paru-paru tidak sadar bahwa jari-jari mereka bengkak kecuali mereka tahu secara khusus untuk mewaspadai hal itu," kata Norton.

" Tetapi Tes Jendela Schamroth adalah cara yang sangat mudah untuk mengetahui kemungkinan adanya nail clubbing. Tes ini digunakan oleh para profesional medis sebagai metode parsial untuk mengkonfirmasikan kondisi tersebut. Tetapi Anda juga dapat melakukan tes sendiri di rumah," tambah Norton.

Cara Melakukan Tes Jendela Schamroth

Pertama, angkat tangan ke depan wajah dan satukan kedua ujung jari telunjuk Anda.

 Tes untuk mengetahui adanya nail clubbing.© Natasha Hinde / Huffington Post

Kemudian, buat agar kuku pada kedua ujung jari telunjuk saling bersentuhan dengan menekuk ujung jari (lihat gambar).

Sekarang, coba lihat apakah ada celah kecil berbentuk berlian tepat di antara kutikula kuku?

 Cara melakukan Tes Jendela Schamroth.© Mail Online

" Jika Anda tidak melihat ada celah di antara kutikula kedua jari, ini berarti jari-jari mengalami nail clubbing. Anda harus mengunjungi dokter sesegera mungkin untuk menentukan apakah nail clubbing itu disebabkan oleh suatu penyakit," kata Norton.

8 dari 8 halaman

Gejala Umum Kanker Paru

Norton memperingatkan bahwa nail clubbing bukan berarti seseorang pasti menderita kanker paru-paru. Ada banyak alasan mengapa jari-jari bisa berbentuk seperti itu.

" Ini harus digunakan hanya sebagai panduan untuk membantu menentukan apakah Anda harus periksa ke dokter jika tidak menemukan celah di antara kutikula kuku," kata Norton.

Menurut Norton, ada tanda atau gejala kanker paru-paru yang lebih signifikan dan menjadi panduan dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Berikut adalah gejala umum kanker paru-paru.

  • Batuk yang tidak hilang setelah dua atau tiga minggu;
  • Infeksi di dada yang selalu kambuh;
  • Batuk darah;
  • Kelelahan terus-menerus atau kekurangan energi;
  • Sesak nafas terus-menerus;
  • Nyeri atau sakit saat bernafas atau batuk;
  • Kehilangan selera makan;
  • Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan;
  • Kesulitan menelan makanan;
  • Mengi;
  • Nyeri dada atau bahu yang terus-menerus

Sumber: Huffington Post

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id