Alami Kecemasan di Pagi Hari? Ketahui Sebabnya

Fresh | Selasa, 19 Oktober 2021 10:36

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cari tahu juga cara mengatasinya.

Dream - Pernahkah Sahabat Dream saat bangun di pagi hari merasa cemas? Bukannya segar namun perasaan khawatir datang menghampiri.

Menurut Psikolog Reena B. Patel, sangat normal untuk sesekali mengalami kecemasan di pagi hari. " Mempersiapkan presentasi, wawancara kerja, tes untuk sekolah, atau bahkan bertemu dengan teman kencan baru bisa menyebabkan kecemasan," katanya dikutip dari Huffpost.

Tetapi jika itu lebih dari sesekali, mungkin sudah waktunya untuk mencari tahu penyebabnya. Berbagai hal bisa menjadi penyebab kecemasan di pagi hari. Berikut di antaranya.

Mengapa Cemas di Pagi Hari?

Sebenarnya, tidak semua orang mengalami kecemasan di pagi hari. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak wajar dialami.

“ Dalam pengalaman saya, kecemasan cenderung lebih tinggi di pagi hari,” ungkap Alex Dimitriu, pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine di California.

Alami Kecemasan di Pagi Hari? Ketahui Sebabnya
Mengalami Kecemasan. (Source: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

1. Kortisol melonjak di pagi hari

Sama dengan stres, kecemasan juga berkaitan dengan hormon kortisol. Sehingga, hormon kortisol yang melonjak saat bangun tidur, bisa menyebabkan kecemasan di pagi hari.

“ Tingkat serum kortisol lebih tinggi di pagi hari. Ini adalah bagian dari pemanasan otak setelah tidur malam," jelasnya. Meskipun wajar terjadi, mungkin hal ini bisa menjadi beban dan tantangan jika sudah sering merasa stres di pagi hari.

2. Kebiasaan tidur yang buruk

 Tidur© Shutterstock

Kebiasaan tidur yang buruk tidak hanya bisa mengganggu kesehatan tubuh, tapi juga mental. " Sistem sirkadian berperan besar dalam gejala kecemasan" .

Berdasarkan sejumlah penelitian, sebagian orang lebih sering mengalami gejala kecemasan di pagi dan sore hari. Hal tersebut bisa disebabkan pengaruh pola tidur atau kondisi hormonal.

Pada orang yang mengalami gejala kecemasan tinggi, respons stres bisa mengganggu tidur di malam hari. Itulah yang bisa menyebabkan seseorang merasa cemas di pagi hari.

" Pagi, terutama Senin pagi, dianggap sebagai waktu yang sangat mungkin untuk mengalami serangan jantung karena alasan yang sama," imbuhnya.

Faktanya, penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa stroke, infark miokard, dan kematian akibat serangan jantung mendadak seringkali dialami di pagi hari.

3 dari 4 halaman

3. Kesehatan mental dapat berpengaruh

Psikolog klinis, Lyndon J. Aguiar mengatakan bahwa kondisi kesehatan mental terkadang menentukan jam berapa Sahabat Dream merasa cemas. Sementara kecemasan sosial dan gangguan obsesif-kompulsif mungkin berkorelasi dengan kecemasan pagi hari.

" Orang yang mengalami gejala kecemasan umum atau PTSD cenderung lebih banyak gelisah di malam hari dan sebelum tidur," katanya.

Selain kondisi kesehatan mental khusus ini, vivid dream, gejala PTSD, jadwal aktivitas, dan tingkat stres semuanya dapat memainkan peran besar dalam kecemasan pagi hari.

“ Kurang tidur, kurang gizi, dan keterampilan manajemen stres yang terbatas semuanya dapat menyebabkan kecemasan tinggi di pagi hari," lanjut Aguiar.

© Dream
4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kecemasan Pagi

 Meditasi© Shutterstock

Jika Sahabat Dream terbangun dengan perasaan cemas, perut kembung, atau bahkan serangan panik, saatnya berkonsultasi pada profesional.

Fenomena ini dapat berdampak serius pada kemampuan untuk berpikir dan beraktivitas dengan tenang serta produktif. Kamu bisa mencoba menulis jurnal setiap hari untuk membantu mengatasinya.

“ Lacak kesuksesan, tantangan, dan interaksi antar pribadi sepanjang hari untuk melihat apakah sebuah pola muncul tepat sebelum hari-hari dengan kecemasan tinggi di pagi hari,” katanya.

Cara cepat lain yang direkomendasikan untuk kecemasan adalah melakukan latihan pernapasan diafragma. Kamu bisa melakukannya dengan menghirup napas selama empat detik melalui hidung, menahannya selama empat detik, dan menghembuskan napas melalui mulut dengan lubang kecil selama enam detik.

Berolahraga setiap hari juga dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan di pagi hari. Jika ingin lebih efektif, berolahragalah di luar ruangan agar suasana hati lebih baik. Jangan lupa untuk memperbaiki kuantitas dan kualitas tidur di malam hari agar lebih sehat secara fisik maupun mental.

Laporan: Syifa Putri Naomi

Join Dream.co.id