Air Rebusan Jahe dan Serai serta Gula Merah Ini Memiliki Khasiat Menakjubkan

Fresh | Jumat, 18 September 2020 08:13
Air Rebusan Jahe dan Serai serta Gula Merah Ini Memiliki Khasiat Menakjubkan

Reporter : Arini Saadah

Obat herbal dari rebusan jahe, serai dan gula merah ini berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit seperti jantung dan darah tinggi.

Dream – Serai dan jahe merupakan rempah-rempah yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Air rebusan keduanya ini dianggap bisa membantu meredakan berbagai penyakit. Supaya semakin nikmat, kedua rempah itu bisa ditambahkan gula merah.

Obat herbal dari rebusan jahe, serai, dan gula merah, ini berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit, seperti jantung dan darah tinggi.

Selain itu juga bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan. Tentu saja manfaatnya sudah diyakini sejak nenek moyang kita. Namun biasanya klaim itu hanya didasarkan pada cerita turun-temurun.

Dilansir laman SehatQ, berikut ini khasiat yang menakjubkan yang bisa Sahabat Dream dapatkan dari air rebusan jahe, serai dan gula merah.

2 dari 8 halaman

Mencegah Penyakit Berbahaya

Ilustrasi© freepik.com

Khasiat rebusan jahe dan serai yang mengandung antioksdan ini bermanfaat untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih, yang bisa memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson.

Meredakan Peradangan Tubuh

Minuman dari rebusan serai dan jahe serta gula merah ini bisa membantu meredakan peradangan di tubuh, karena rempah ini memiliki sifat anti inflamasi. Inflamasi atau peradangan biasanya terjadi akibat infeksi bakteri, pola makan yang kurang sehat, hingga alergi.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Air rebusan serai dan jahe ini bisa membantu meredakan sakit perut, kram perut, maupun masalah pencernaan lainnya. Penelitian membuktikan, serai juga baik untuk mengatasi tukak lambung dan melindungi lapisan lambung dari kerusakan.

3 dari 8 halaman

Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Jahe menjadi obat alami untuk mengatasi diabetes. Rempah yang satu ini akan membantu menyeimbangkan kadar gula darah yang ada di tubuh, sekaligus mengurangi risiko terjadinya komplikasi tambahan akibat diabetes.

Jaga Kadar Kolesterol

Jahe maupun serai bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang didapatkan dari makanan tidak sehat. Supaya manfaat ini bisa didapatkan secara maksimal, maka perlu menjaga pola makan yang baik.

Meredakan Gejala PMS

Khasiat rebusan jahe dan serai juga menjadi obat alami untuk meredakan gejala PMS, seperti perut kembung, mual, kram, dan hot flashes. Manfaat ini datang dari sifat antiinflamasi yang ada di jahe danserai.

4 dari 8 halaman

Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi© freepik.com

Rebusan jahe dan serai dinilai bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini bisa lebih terasa apabila diiringi dengan menjalani pola makan sehat dan olahraga teratur.

Menurunkan Tekanan Darah

Konsumsi air rebusan jahe dan serai secara rutin bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Jika tensi darah 135/85, maka tekanan sistoliknya adalah 135. Tetapi orang yang punya riwayat penyakit jantung sebaiknya tidak mengonsumsi secara berlebihan. Minum rebusan jahe dan serai ini bisa memperlambat detak jantung pada penderita penyakit jantung, sehingga berpotensi memicu gangguan tambahan.

Meredakan Kecemasan

Khasiat rebusan jahe dan serai tidak hanya baik untuk fisik, namun juga baik untuk kesehatan mental. Kandungan serai diyakini memberikan efek menenangkan bagi Sahabat Dream yang mengalami gangguan kecemasan.

5 dari 8 halaman

Cegah Infeksi

Konsumsi rebusan jahe dan serai serta gula merah ini bisa melindungi tubuh dari infeksi. Tidak heran rempah-rempah ini sering digunakan untuk membantu mengurangi risiko terjadinya infeksi jamur mulur yang sering menyerang orang dengan gangguan imun lemah seperti penderita HIV.

Menyehatkan Gigi dan Mulut

Mengunyah batang serai sudah sering dijadikan sebagai salah satu metode menjaga kesehatan rongga mulut oleh masyarakat tradisional. Hal ini terbukti secara ilmiah, serai bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Redakan Kembung

Sifat diuretik yang dimiliki serai juga berguna untuk meredakan kembung. Saat perut terasa penuh akan cairan, rebusan jahe danserai ini bisa membantu mengeluarkan gas-gas yang ada di tubuh.

6 dari 8 halaman

Redakan Nyeri Tubuh

Ilustrasi© freepik.com

Khasiat rebusan jahe dan serai juga bermanfaat sebagai pereda rasa nyeri secara alami. Saat tubuh kamu merasa nyeri, tidak ada salahnya mencoba minum air rebusan jahe dan serai dengan campuran gula merah untuk meredakannya.

Obat Diuretik Alami

Air rebusan jahe dan serai bisa dijadikan sebagai diuretik alami. Sifat diuretik akan membuat peminumnya lebih sering buang air kecil, sehingga tubuh mampu mengeluarkan kelebihan cairan atau sodium melalui urin.

7 dari 8 halaman

Manfaat Gula Merah Sebagai Campuran

Ilustrasi© freepik.com

Air rebusan jahe dan serai dengan tambahan gula merah tentu akan menjadi sangat lezat rasanya. Gula merah sedikit lebih sehat daripada gula putih. Sebab gula memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula putih.

Indeks glemik merupakan perhitungan kemampuan suatu makanan atau minuman dalam menaikkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin rendah indeks glikemik makanan, maka semakin baik.

Namun jika memiliki riwayat diabetes, sebaiknya hindari konsumsi gula merah layaknya kamu pantang mengonsumsi gula putih.

8 dari 8 halaman

Efek Samping Rebusan Jahe dan Serai

Ilustrasi© freepik.com

Meskipun jahe dan serai merupakan obat herbal, namun tetap saja keduanya memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Jahe yang dikonsumsi terlalu banyak, jahe bisa memicu nyeri ulu hati, gas, sakit perut, dan panas di mulut.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari. Sementara itu apabila dikonsumsi terlalu banyak, serai bisa memicu beberapa efek samping seperti, pusing, mulut kering, meningkatkan keinginan buang air kecil, dan lemas.

Lebih lanjut, ada tanda-tanda alergi yang mucul setelah mengonsumsi minuman rebusan jahe dan serai ini, maka perlu diwaspadai. Tanda alergi seperti muncul ruam, bengkak, hingga sesak napas, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan alergi.

Selain itu ibu hamil yang punya riwayat penyakit kronis, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum minum air rebusan jahe dan serai sebagai suplemen herbal.

Join Dream.co.id