Air Putih Dingin Bikin Gemuk Mitos atau Fakta?

Fresh | Sabtu, 5 Oktober 2019 14:03
Air Putih Dingin Bikin Gemuk Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Nugraheni

Saat minum air baik dingin ataupun hangat, air yang sampai ke dalam tubuh akan menyesuaikan suhu tubuh.

Dream – Banyak orang memiliki ketakutan ketika meminum air dingin. Takut gemuk dan membahayakan tubuh adalah dua alasannya. Tetapi apakah hal tersebut benar?

Faktanya, menurut dokter sekaligus Hydration Science Director Danone-AQUA, Tria Rosemiarti, kedua hal itu adalah mitos.

Saat minum air baik dingin atau pun hangat, air yang sampai ke dalam tubuh akan menyesuaikan suhu tubuh. Sehingga tidak akan terjadi hal membahayakan di dalam tubuh akibat perbedaan suhu.

“ Sebetulnya air dingin ataupun air hangat, kalau diminum masuk ke tubuh sudah berubah jadi suhu tubuh. Karena di lambung kan suhu tubuh, jadi gak masalah. Kecuali, kalau dia sedang ada peradangan mungkin air dingin membuat tidak nyaman, jadi disarankan air biasa atau air hangat,” ujar Tria, saat ditemui di Summarecon Mall Serpong, beberapa waktu lalu.

2 dari 6 halaman

Menguak mitos

Air putih memiliki kegunaan yang luar biasa untuk tubuh. Seperti membuat kita tetap fokus dan membuang sisa metabolisme tubuh yang berbahaya. Meminum air dingin di hari yang panas memang menyejukkan.

 Konsumsi Air Putih Berlebih, Bahaya Bagi Kesehatan© MEN

Jika takut gemuk akibat air dingin, tenang saja Tria memastikan bahwa air dingin tak mungkin membuat seseorang bertambah berat badan. Alasannya karena air putih memiliki 0 kalori bahkan ketika didinginkan.

“ Kan ada mitos, air dingin bikin gemuk, kan air itu 0 kalorinya jadi gak akan membuat gemuk,” ungkapnya.

 

3 dari 6 halaman

Jaga berat badan

Air putih justru baik untuk tubuh agar berat badan terus terjaga. Dengan mengganti minuman dengan air putih, akan mengurangi konsumsi kalori kita perharinya. Minum air putih sebelum makan pun akan membantu kita merasa kenyang lebih cepat sehingga tidak memakan lemak berlebih.

 Cara Asyik Menikmati Air Putih Saat Cuaca Panas© MEN

“ Air putih itu kan 0 kalori. Jadi kalau minum kopi digantikan dengan air putih pasti mengurangi kalori. Dengan minum air putih sebelum makan itu juga membuat kenyang sehingga asupan berlemak mungkin akan berkurang,” ujar Tria.

Tidak lupa, untuk menjaga berat badan tetap stabil Sahabat Dream juga perlu menjaga asupan makanan dan berolahraga secara rutin.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

4 dari 6 halaman

Minum Air Putih, Cara Diet Paling Mudah

Dream - Masih banyak orang yang tidak menjadi pola hidup sehat sebuah prioritas. Tidur larut malam, makan-makanan kurang bergizi, dan tidak olahraga.

Tuntutan kesibukan dan aktivitas, menjadikan masyarakat Indonesia lupa akan pentingnya pola hidup sehat.

 Diet air putih© Shutterstock

Menurut dr. Milka Inkiriwang dari Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI), pola hidup yang tidak sehat, menjadi awal timbulnya berbagai macam penyakit seperti nyeri sendi, sakit kepala, kolesterol tinggi, kulit kering, dan banyak penyakit lainnya.

“ Seperti yang kita tahu, tubuh tidak bisa memproduksi mineral sendiri. Untuk memulai pola hidup sehat, kita harus konsumsi mineral. Maka dari itu kita butuh asupan lain seperti konsumsi buah, sayur, dan air mineral secara rutin,” kata dr. Milka dalam acara ‘Ayo Minum Untuk Sehat!’ di Jakarta, 12 September 2019.

5 dari 6 halaman

Mulai dengan perbanyak minum air putih

Memulai pola hidup sehat bisa dimulai dari minum air mineral setiap satu jam sekali. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan asupan air mineral sebanyak 1-2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas.

 Konsumsi Air Putih Berlebih, Bahaya Bagi Kesehatan© MEN

“ Kebanyakan masyarakat Indonesia itu cenderung konsumsi minuman berasa dan berwarna. Asupan gula yang berlebihan, menjadi awal penimbunan penyakit,” kata dr. Milka.

Air mineral juga bebas kalori dan gula, hal ini yang membantu tubuh dalam menahan rasa lapar. Maka bagi orang yang sedang melakukan program diet, konsumsi air mineral sangatlah membantu.

6 dari 6 halaman

Organ bekerja maksimal

Selain untuk membantu program diet, konsumi air mineral secara rutin juga memiliki manfaat lain seperti organ tubuh bekerja secara maksimal, tubuh akan terasa segar, tidak mudah sakit, badan tidak mudah lelah, dan yang paling penting, berat badan terkontrol.

 5 Manfaat Minum Air Putih, Jangan Diremehkan!© pixabay.com

Reisa Broto Asmoro, Putri Indonesia yang juga seorang dokter, menambahkan bagaimana air mineral sangat berguna dan bermanfaat. “ Waktu saya ikut kontes itu, saya dituntut untuk B3 (Brain, beauty, body). Awalnya saya tidak memperhatikan (pola hidup sehat), tetapi karena tuntutan tersebut, saya rajin minum air mineral. Tubuh saya jadi fit, semuanya jadi gampang masuk,” kata jebolan Putri Indonesia tahun 2011.


Laporan: Razdkanya Ramadhanty

Join Dream.co.id