8 Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan, Cepat Sembuhkan Luka

Fresh | Senin, 12 April 2021 09:12

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Virgin Coconut Oil atau VCO menjadi bahan alami yang bisa kamu andalkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung penampilan.

Dream – Manfaat VCO atau Virgin Coconut Oil untuk kesehatan tubuh sangatlah besar. VCO dengan minyak kelapa tidaklah sama.

Perbedaan ini ada pada sumber untuk membuat VCO dan metode ekstraksi yang diterapkan. Untuk proses ekstrasi pada minyak kelapa, dilakukan dengan menggunakan metode kompresi dingin dari kopra. Kemudian untuk proses akhirnya adalah dididihkan untuk mendapatkan hasil berupa uap air.

Sedangkan untuk VCO, dari bahan mentah serta proses ekstraksinya tanpa menggunakan proses pemanasan.

Sehingga dalam membuat VCO ini yang paling penting adalah menghindarkan bahan mentah tidak tersentuh oleh panas maupun sinar matahari.

VCO yang berasal dari kopra atau daging kelapa kering ini umumnya memiliki kombinasi rasa pedas dan manis.

Bagi kamu yang penasaran apa saja manfaat VCO untuk kesehatan, berikut adalah sebagaimana dilansir melalui Liputan6.com.

8 Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan, Cepat Sembuhkan Luka
Hidup Sehat Dengan Mengonsumsi VCO (Foto Ilustrasi: Freepik.com)
2 dari 5 halaman

Menjaga Sistem Pencernaan dan Mencegah Terjadinya Infeksi

 Ilustrasi Pencernaan Terganggu
© Foto. freepik

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat VCO yang pertama adalah bisa menjaga sistem pencernaan. Kandungan di dalam VCO ini pun juga dimiliki oleh minyak kelapa. Di mana sudah sejak lama minyak kelapa diandalkan untuk mengatasi masalah pencernaan, misalnya saja konstipasi.

Sehingga, wajar saja jika VCO sangatlah bermanfaat untuk menangkal bakteri yang tidak sehat di dalam sistem pencernaan. Selain itu, hal ini juga bisa membantu untuk menyerap nutrisi di dalam tubuh.

Mencegah Terjadinya Infeksi

Salah satu manfaat VCO adalah bisa mencegah terjadinya infeksi. Bagi kamu yang mengalami lebam maupun luka, maka bisa mengaplikasikan VCO untuk menghindari pemaparan kuman serta bakteri pada luka. Sehingga, luka yang dialami akan terhindari dari adanya infeksi yang bisa berdampak serius.

3 dari 5 halaman

Menyehatkan Rambut dan Membantu Menyamarkan Stretch Mark

 Ilustrasi Bebas Stretch Mark
© Foto. freepik

Menyehatkan Rambut

Manfaat VCO berikutnya untuk kesehatan adalah bisa menyehatkan rambut. Di mana bagi perempuan, rambut adalah mahkota yang bisa membuat penampilanmu semakin maksimal. Oleh karena itu, rambut harus dijaga kesehatannya dengan menggunakan VCO.

Dengan menggunakan VCO, hal ini bisa menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap sehat. Selain itu, VCO juga akan memperkuat kelenjar serta menghindarkan rambut dari kehilangan protein saat sedang keramas.

Membantu Menyamarkan Stretch Mark

Manfaat VCO selanjutnya adalah bisa membantu untuk menyamarkan stretch mark. Kondisi ini biasanya dialami oleh ibu hamil dan posisinya ada di sekitaran perut.

Meskipun berada di tempat yang tertutup, namun keberadaan stretch mark bisa membuatmu tidak nyaman dan ingin menghilangkannya.

Saat ini sudah ada berbagai macam produk untuk mengatasi stretch mark. Sebagai cara yang alami, kamu bisa menggunakan VCO. Caranya adalah dengan mengoleskan VCO di area tersebut. Dengan penggunaan yang rutin, maka stretch mark di tubuh pun bisa memudar.

4 dari 5 halaman

Menyehatkan Kulit dan Mempercepat Penyembuhan Luka

 Ilustrasi Luka
© Foto. freepik

Menyehatkan Kulit

Bagi kamu yang ingin memiliki kulit sehat, maka bisa memanfaatkan VCO. Di mana VCO mampu membuat kulitmu menjadi lebih lembap. Sehingga kulitmu pun akan kelihatan sehat dan awet muda. Bisa dikatakan bahwa VCO ini adalah alternatif dari lotion untuk melembapkan kulit yang tentu saja lebih aman dan menyehatkan.

Selain itu, jika kamu menggunakan VCO, maka hal ini mampu untuk melindungi kulit dari serangan bakteri yang memicu berbagai masalah kulit, seperti dermatitis, keriput, jerawat, ruam, eczema, dan psoriasis.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Dalam sebuah studi yang pernah dilakukan pada seekor tikus yang terluka, lalu diberikan VCO, maka luka pada tikus pun bisa lebih cepat sembuh. Dengan begitu, bagi kamu yang terluka dan ingin agar luka tersebut cepat sembuh, maka bisa memberikan VCO di area yang terluka.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Mendukung Penurunan Berat Badan

 Ilustrasi Imunitas Tubuh yang Baik
© Foto. freepik

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh yang baik sangatlah penting untuk melindungimu dari berbagai serangan virus maupun bakteri pembawa penyakit. Jika imunitas tubuhmu buruk, maka bakteri dan virus akan lebih mudah untuk menyerang dan inilah yang memicu munculnya penyakit.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, kamu bisa mengonsumsi VCO. Hal ini karena di dalam VCO terkandung anti virus, anti jamur, dan anti bakteri. Dengan mengonsumsinya, maka kamu pun akan terhindar dari berbagai infeksi.

 

Mendukung Penurunan Berat Badan

Manfaat VCO yang terakhir adalah bisa menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, selain menjaga pola makan juga bisa dengan memanfaatkan VCO. Caranya adalah dengan mengonsumsi Virgin Coconut Oil secara rutin setiap hari untuk mengurangi lemak, khususnya di bagian perut. Meskipun berbentuk minyak, namun VCO ampuh untuk mencegah lemak jahat ada di dalam tubuhmu.

Hal ini karena VCO memiliki kandungan jaringan lemak asam medium yang nantinya digunakan untuk mengubah menjadi energi dan menghindari lemak yang menumpuk. Dengan begitu, metabolisme pun akan meningkat dan terjadi proses pembakaran lemak serta mampu menurunkan berat badan.

Itulah 8 manfaat VCO untuk kesehatan yang mampu menyehatkan tubuh dan juga memaksimalkan penampilan. Jika sahabat Dream tertarik dengan manfaat-manfaat tersebut, yuk mulai memanfaatkan Virgin Coconut Oil.

 

Join Dream.co.id