8 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Kolesterol

Fresh | Minggu, 18 April 2021 07:01
8 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Kolesterol

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Miliki beragam kandungan nutrisi, ubi jalar miliki sederet manfaat kesehatan untuk tubuh.

Dream – Manfaat ubi jalar kerap disangkut pautkan dengan makanan penurun berat badan. Hal tersebut benar adanya. Bahkan ubi jalar juga dijadikan sebagai pengganti nasi yang menyehatkan.

Ubi jalar juga kerap dijadikan menjadi beragam olahan yang nikmat. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara direbus atau dikukus saja, dijadikan campuran kolak, dibuat menjadi keripik, hingga dibuat menjadi berbagai jenis kue yang menarik.

Tahukah kamu bahwa ubi jalar menyimpan berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi tersebut diantaranya berupa vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Selain itu, di dalam ubi jalar juga terkandung zinc, magnesium, lysine, pottasium, copper, kalsium, fosfor, karbohidrat, serta zat besi.

Dari kandungan-kandungan itulah yang membuat ubi jalar memiliki sederet manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Makanan sehat jenis umbi-umbian ini tidak sulit untuk kamu dapat. Kamu bisa membelinya di pasar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi apa saja manfaat ubi jalar untuk kesehatan, berikut sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

2 dari 5 halaman

Menstabilkan Tekanan Darah dan Menurunkan Risiko Kanker

 Ilustrasi Penderita Kanker
© Foto. freepik

Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat ubi jalar yang pertama bagi kesehatan adalah untuk menstabilkan tekana darah. Hal ini karena di dalamnya terkandung kalium yang berguna untuk mengontrol tekanan darah, mengontrol detak jantung, serta mengontrol otot dan saraf di dalam tubuh.

Demi tekanan darah yang stabil, maka kamu bisa memilih ubi jalar untuk dikonsumsi secukupnya. Selain itu, kamu juga bisa mendukungnya dengan makanan lain yang mengandung kalium, seperti pisang dan jeruk.

 

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat ubi jalar bisa untuk menurunkan risiko kanker. Di mana penyakit ini sangatlah berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Di dalam ubi jalar terkandung betakaroten yang diyakini bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kanker.

Bahkan dari penelitian yang pernah dilakukan, kandungan betakaroten ampun dalam menekan risiko penyakit kanker. Misalnya saja seperti kanker payudara, kanker lambung, dan kanker ginjal.

3 dari 5 halaman

Menurunkan Kolesterol dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

 Ilustrasi Imunitas Tubuh yang Baik
© Foto. freepik

Menurunkan Kolesterol

Manfaat ubi jalar berikutnya adalah bisa membantu dalam menurunkan kolesterol. Meskipun kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, namun tidak dalam jumlah yang banyak. Karena jika berlebih, maka bisa memicu datangnya berbagai penyakit seperti sakit jantung.

Di dalam ubi jalar terkandung serat larut yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat. Demi mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kamu bisa mengonsumsi ubi jalar secukupnya. Tidak hanya mengandung serat saja, ubi jalar juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa melawan serangan radikal bebas.

 

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat ubi jalar yang tidak boleh kamu lewatkan adalah bisa meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena adanya kandungan betakaroten yang berkolaborasi dengan vitamin C. Dengan begitu bisa membuat imunitas tubuhmu meningkat.

Kedua kandungan tersebut mempunyai sifat antioksidan yang bisa menciptakan kombinasi nutrisi dan akan mendukung peningkatan imunitas tubuh.

 

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Kinerja Otak dan Menyehatkan Mata

 Ilustrasi Mata Sehat
© Foto. freepik

Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat ubi jalar lainnya adalah meningkatkan kinerja otak. Hal ini karena di dalamnya terkandung anthocyanin yang memiliki peran penting dalam meningkatkan memori.

Bahkan hal ini juga sudah melalui serangkaian penelitian yang ditujukan pada hewan dan membuktikan bahwa ubi jalar ampuh dalam meningkatkan kesehatan otak. Selain itu juga bisa meredakan peradangan dan mencegah dari penurunan mental.

 

Menyehatkan Mata

Bagi kamu yang ingin memiliki mata sehat, maka ubi jalar ini bisa menjadi solusinya. Ubi jalar mengandung vitamin A yang cukup tinggi serta didukung dengan adanya betakaroten yang efektif untuk menjaga mata tetap sehat.

Keberadaan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan di dalam ubi jalar berguna untuk menyehatkan mata serta mencegah dari terjadinya kerusakan degeneratif. Dengan begitu, kamu bisa mengonsumsi ubi jalar secukupnya untuk menjaga mata dalam kondisi sehat.

 

5 dari 5 halaman

Menyehatkan Sistem Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

 Ilustrasi Menurunkan Berat Badan
© Foto. freepik

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat ubi jalar juga bisa menyehatkan sistem pencernaan. Manfaat ini didapatkan karena adanya kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Bahkan di dalam ubi jalar sendiri terdapat dua serat, yakni berupa serat larut dan tidak larut.

Meski begitu, tubuh manusia tetap bisa mencerna berbagai serat. Dengan adanya kandungan itulah, masalah pencernaan yang kamu alami bisa teratasi. Masalah pencernaa tersebut misalnya saja berupa diare, sembelit, dan kosntipasi.

 

Menurunkan Berat Badan

Ubi jalar adalah jenis umbi-umbian yang memiliki kandungan karbohidrat komplet. Kandungan inilah yang ampun dalam membantu kamu untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan badan yang ideal. Dengan mengonsumsi ubi jalar, maka kamu akan merasakan kenyang yang lebih lama.

Ini menjadi pilihan makanan yang tepat dan menghindarkanmu dari keinginan untuk melahap makanan ringan karena perutmu sudah merasa kenyang.

Itulah 8 manfaat ubi jalar yang bisa sahabar Dream dapatkan. Pastikan kamu mengonsumsinya secara cukup dan teratur untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

 

 

Join Dream.co.id