8 Manfaat Timun Bagi Kesehatan, Bantu Dapatkan Berat Badan Ideal

Fresh | Selasa, 13 April 2021 12:12
8 Manfaat Timun Bagi Kesehatan, Bantu Dapatkan Berat Badan Ideal

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Selain menyegarkan, timun bisa kamu jadikan makanan favorit yang menyehatkan tubuh.

Dream – Manfaat timun tidak perlu diragukan lagi. Terutama untuk merawat kesehatan kulit wajah. Karena tidak sedikit dari perempuan yang menggunakan timun untuk dijadikan masker wajah.

Bahkan banyak produk kecantikan yang turut menjadikan timun sebagai bahan utama maupun campurannya.

Selain itu, timun juga kerap dijadikan lalapan oleh orang Indonesia. Rasanya yang menyegarkan mampu menetralkan makanan yang kamu konsumsi, khususnya yang mengandung lemak atau pedas.

Bahkan timun juga bisa kamu jadikan sebagai minuman, yakni jus timun yang akan semakin nikmat jika diberi tambahan es.

Tahukah kamu bahwa tanaman yang memiliki nama latin Cucumis sativus L ini banyak mengandung manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh?

Di mana dalam timun terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan mineral yang berupa mangan, magnesium, kalium, dan silika.

Bahkan timun juga sudah melalui serangkaian penelitian yang membuktikan mampu mengatasi beberapa masalah di tubuh, seperti membersihkan racun, anti diabetes, menenangkan kulit yang terkena iritasi, dan mencegah dari sembelit.

Berikut adalah beberapa manfaat timun untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

 

2 dari 5 halaman

Menyehatkan Tulang dan Mendukung Hidrasi Tubuh

 Ilustrasi Tulang Sehat
© Dream

Menyehatkan Tulang

Manfaat timun yang pertama untuk kesehatan adalah bisa menyehatkan tulang. Hal ini karena timun mengandung nutrisi berupa vitamin K yang cukup tinggi. Di mana kandungan ini sangatlah berperan penting untuk mendukung kesehatan tulang.

Dalam satu cangkir atau satu mangkuk timun dengan kulitnya, sebanyak 20% mampu untuk memenuhi asupan vitamin K tubuh yang sangat dianjurkan sebagai target hariannya.

 

Mendukung Hidrasi Tubuh

Manfaat timun lainnya adalah bisa mendukung hidrasi tubuh. Mengingat bahwa tubuh sebagian besar terdiri dari air, sehingga asupan air ini harus dipenuhi secara cukup. Adanya air berguna untuk mengatur suhu serta sirkulasi limbah tubuh dan nutrisi.

Dengan hidrasi yang baik, maka hal ini sangat berpengaruh untuk proses kinerja fisik sampai metabolisme. Untuk mendapatkan asupan air, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Timun memiliki kandungan air sekitar 96% yang dinilai sangat efektif untuk menghidrasi tubuh.

3 dari 5 halaman

Mendapatkan Berat Badan Ideal dan Melindungi Otak dari Penyakit Neurologis

 Ilustrasi Berat Badan Ideal
© Dream

Mendapatkan Berat Badan Ideal

Manfaat timun mampu membantumu untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Hal ini karena kandungan berupa serat pada kulit timun yang mampu untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan sehat.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai olahan. Misalnya saja dimakan langsung secara mentah, campuran pada salad, dijadikan acar, atau dijus. Namun, pastikan agar kamu memilih timun yang ditanam secara organik agar tetap aman dikonsumsi.

 

Melindungi Otak dari Penyakit Neurologis

Di dalam timun terdapat kandungan fisetin yang merupakan zat antiinflamasi. Fisetin inilah yang memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan otak. Hal ini karena fisetin mampu untuk mengurangi dampak dari penyakit neurologis yang berhubungan dengan usia pada fungsi otak. Selain itu, kandungan tersebut juga ampuh untuk mempertahankan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer.

4 dari 5 halaman

Menurunkan Gula Darah dan Menyehatkan Jantung

 Ilustrasi Jantung Sehat
© Dream

Menurunkan Gula Darah

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada hewan, timun ampuh untuk mengurangi kadar gula darah dan mencegah dari terjadinya komplikasi diabetes. Lalu penelitian juga dilakukan pada hewan lainnya yang menambahkan ekstrak kulit timun.

Hasilnya, kulit timun mampu untuk mengurangi sebagian besar perubahan berhubungan dengan diabetes dan bisa menurunkan gula darah. Namun, penelitian tersebut masih sebatas pada hewan saja. Sehingga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memberikan pengaruh pada manusia.

 

Menyehatkan Jantung

Manfaat timun berikutnya adalah bisa untuk menyehatkan jantung. Di mana jantung adalah salah satu organ vital di tubuh yang jika bermasalah, maka akan sangat membahayakan. Di dalam timun terkandung kalium sekitar 152 mg per cangkirnya. Hal ini mampu untuk menurunkan tekanan darah.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan telah menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi memiliki hubungan dengan rendahnya tingkat stroke dan bisa juga untuk meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular.

5 dari 5 halaman

Melawan Peradangan dan Mengurangi Risiko Kanker serta Membuat Kulit Lebih Tenang

 Ilustrasi Kulit Sehat
© Dream

Melawan Peradangan dan Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat timun juga bisa untuk melawan peradangan dan mengurangi risiko kanker. Hal ini karena timun mengandung polifenol yang bernama lignan. Di mana kandungan ini ampuh untuk mengurangi risiko penyakit kanker dan kardiovaskular tertentu.

Selain itu, timun juga memiliki nutrisi berupa cucurbitacins yang bersifat anti kanker. Aktivitas dari cucurbitacins ini bisa diandalkan untuk menghambat perkembangan sel kanker.

 

Membuat Kulit Lebih Tenang

Manfaat timun yang terakhir adalah membuat kulit lebih tenang. Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu bisa memanfaatkan timun. Bagi kamu yang mengalami mata bengkak, maka irisan timun bisa menjadi solusinya. Selain itu, di dalam bubur timun terkandung vitamin C, air, dan asam caffeic yang bersifat antiinlamasi.

Kandungan-kandungan itulah yang mampu untuk menenangkan kulit serta mengurangi terjadinya iritasi dan bengkak pada kulit. Bahkan sudah banyak orang yang mengoleskan timun untuk mengatasi kulit yang terbakar dan berjerawat.

Itulah 8 manfaat timun untuk kesehatan. Bagi sahabat Dream yang tertarik mendapatkan beragam manfaat tersebut, maka bisa mengonsumsi timun secara rutin dengan berbagai jenis olahan sesuai kesukaanmu.

 

 

Join Dream.co.id