Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

8 Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

8 Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental Ilustrasi Gerakan Senam Irama Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Dan Mental (Foto: Shutterstock)

Dream – Senam irama adalah salah satu pilihan olah fisik menarik untuk dijadikan alternatif cara berolahraga selain jogging dan berenang.

Manfaat senam irama sangat banyak sekali untuk tubuh dan termasuk olahraga yang menyenangkan. Dengan iringan musik yang energik, kamu bisa menikmati setiap gerakan sambil menikmati irama lagu yang menyenangkan.

Selain untuk kesehatan, gerakan senam irama juga dibuat untuk menghasilkan keindahan. Masyarakat yang bekerja di kantor, rumah sakit, hingga sekolah-sekolah menjadikan senam irama sebagai kegiatan rutin di hari tertentu.

Senam irama sangat populer di kalangan masyarakat. Ternyata senam irama juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut 8 manfaat senam irama yang berhasil Dream rangkum dari berbagai sumber.

Pengertian Senam Irama

Ilustrasi

Sebelum membahas apa saja manfaat senam irama, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian senam irama.

Senam irama dikenal juga sebagai senam ritmik, merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik. Senam irama digagas pertama kali pada abad ke-18 oleh Francois Delsarte, Rudolf Bobe dan Georges Noverre.

Sementara itu gerakan senam irama dikembangkan oleh Peter Henry Ling, Chaterine Beecher serta Hinrich Medau. Sehingga jadilah senam irama seperti yang kita ketahui saat ini. Salah satu senam irama yang banyak dikenal adalah senam dengan menggunakan pita seperti yang sering dilakukan pada pertandingan Olimpiade.

Senam irama juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat lainnya seperti ganda, tongkat, bola, dan topi bahkan bisa dilakukan tanpa menggunakan alat. Senam irama terdiri dari beebrapa bagian yaitu bagian pemanasan, bagian inti, dan bagian pendinginan.

Jenis-Jenis Gerakan Senam Irama

Ilustrasi

Jika kamu ingin memeroleh manfaat senam irama, maka sebaiknya harus mengetahui gerakan senam irama terlebih dahulu. Ada tida hal yang ditekankan pada senam irama yaitu kelenturan, ketepatan, dan kontinuitas gerakan. Jenis-jenis gerakan senam irama adalah sebagai berikut:

Pertama, gerakan senam irama tanpa alat yang menekankan gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari.

Kedua, senam irama menggunakan tali dengan gerakan yang variatif seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka 8.

Ketiga senam menggunakan simpai yang merupakan lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan.

Keempat senam irama menggunakan bola karet berdiameter 18-20 cm. Kelima, senam irama dengan tongkat dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar, dan menangkap.

Gerakan yang terakhir yaitu menggunakan pita sepanjang 6 meter dan dilakukan gerakan seperti berayun, spiral, dan lingkaran.

Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan

Ilustrasi

Manfaat senam irama baik untuk organ dalam seperti melatih kekuatan jantung dan paru-paru. Berikut 8 manfaat senam irama yang bisa kamu dapatkan:

Melatih Keseimbangan

Beberapa gerakan senam irama memang perlu dilakukan dengan keseimbangan tubuh yang baik. Berlatih keseimbangan ini penting untuk memperbaiki postur tubuh sehingga meminimalisir risiko pembengkokan tulang belakang.

Membuat Kamu Tidak Rentan Cedera

Ilustrasi

Manfaat senam irama yang kedua ini berkaitan dengan kelenturan yang diciptakannya ketika kamu melakukan gerakan senam. Semakin sering melakukan senam irama, maka semakin lentur tubuhmu dan terbukti jarang mengalami cedera meskipun melakukan aktivitas berat.

Menyehatkan Mental

Ilustrasi

Tentu saja manfaat senam irama tidak hanya dirasakan oleh tubuh, melainkan juga menyehatkan mental kamu. Penelitian menunjukkan anak-anak yang sering melakukan gerakan senam irama akan memiliki kemampuan memecahkan masalah dan fokus lebih baik.

Fokus dan kemampuan memecahkan masalah ini akan membuat nilai akademis juga lebih memuaskan daripada anak yang tidak pernah senam. Sementara bagi orang dewasa manfaat senam irama dikatakan dapat mengurangi stres.

Optimalkan Fungsi Otak

Ilustrasi

Manfaat senam irama yang lainnya adalah mampu mengoptimalkan fungsi otak. Sebab gerakan senam irama diiringi alunan musik yang dipercaya mampu menurunkan hormon kortisol dan epineprin yang menyebabkan stres.

Dua hormon itulah yang nantinya menjadi antidepresan yang berupa norepineprin. Selain itu dengan sering melakukan gerakan senam irama bisa menghindarkan diri dari penyakit kognitif seperti Alzheimer.

Membakar Lemak

Ilustrasi

Dengan sering melakukan senam irama bisa membantu membakar lemak dan kalori yang berlebihan di tubuh. Keseimbangan fisik, keluwesan hingga kelincahan dibutuhkan pada setiap gerakan yang dilakukan dalam senam irama supaya sesuai iringan musik.

Fisik akan bergerak secara sambung menyambung sesuai alunan musik yang nantinya bisa membakar lemak serta kalori berlebih dalam tubuh.

Menambah Kekuatan Otot

Ilustrasi

Manfaat senam irama akan membantu menguatkan jaringan otot tubuh. Secara otomatis dengan sering melakukan senam irama akan membuat otot-otot menjadi lebih kuat dan lentur.

Otot-otot di dalam tubuh menjadi lentur dan kuat, sehingga membuat jangkauan gerakan tubuh meningkat. Selain itu hal ini juga akan mencegah tubuh mengalami kaku serta cedera di saat melakukan berbagai aktivitas fisik yang berat.

Menyehatkan Jantung

Ilustrasi

Senam irama dilakukan dengan iringan musik di setiap gerakannya. Irama yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari tempo yang lambat hingga cepat.

Gerakan yang lambat hingga cepat inilah yang membuat senam irama bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Perlu kamu ketahui Sahabat Dream, jantung akan memompa darah lebih cepat apabila melakukan gerakan senam yang cepat pula dan begitu pun sebaliknya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi

Manfaat senam irama yang terakhir adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Lantaran di saat tubuh sedang melakukan gerakan senam maka itu akan melatih kekuatan tulang.

Jika sering melakukan senam irama, maka manfaat yang didapatkan adalahh tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Kekuatan tulang tentu saja sangat menunjang aktivitas sehari-hari.

Itulah 8 manfaat senam irama yang perlu kamu ketahui. Teryata banyak sekali manfaatnya, maka dari itu mulai sekarang jangan ragu lagi untuk rutin melakukan senam irama. Supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari stres.

 

Sumber: SehatQ, berbagai sumber.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Menilik Segudang Manfaat Ceri Hitam yang Baik untuk Tubuh

Menilik Segudang Manfaat Ceri Hitam yang Baik untuk Tubuh

Setiap porsi 20 buah ceri hitam (sekitar 1 cangkir) mengandung.Intip yuk segudang manfaat ceri hitam ini, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
5 Tips Tetap Fit Menjalani Hari Kala Puasa, Yuk Mulai Dipersiapkan

5 Tips Tetap Fit Menjalani Hari Kala Puasa, Yuk Mulai Dipersiapkan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Sahabat Dream dapat menjalani bulan Ramadhan dengan kesehatan yang baik dan tetap fit.

Baca Selengkapnya
Puasa Bikin Sehat Mental, Simak Penjelasan Dokter Jiwa

Puasa Bikin Sehat Mental, Simak Penjelasan Dokter Jiwa

Manfaatkan momen puasa Ramadan ini untuk membuat mental kamu lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Bulan Ramadan dengan Sedekah Bersama Dompet Dhuafa

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Bulan Ramadan dengan Sedekah Bersama Dompet Dhuafa

Ibadah puasa juga memiliki makna yang mendalam bahwa kita sebagai umat islam tidak hanya menahan lapar secara fisik.

Baca Selengkapnya
4 Pilihan Minyak Sehat untuk Memasak, Demi 2024 Tubuh Lebih Fit!

4 Pilihan Minyak Sehat untuk Memasak, Demi 2024 Tubuh Lebih Fit!

Jadi, minyak apa saja yang memiliki kualitas tinggi? Simak, selengkapnya Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Cara Simpan Jagung Mentah, Tetap Segar, dan Bernutrisi

Cara Simpan Jagung Mentah, Tetap Segar, dan Bernutrisi

Nih beberapa tips jitu buat nyimpen jagung yang bisa kalian coba di rumah.

Baca Selengkapnya
Keutamaan dan Manfaat Sahur Bagi Kesehatan, Amalan Sunnah Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah

Keutamaan dan Manfaat Sahur Bagi Kesehatan, Amalan Sunnah Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah

Rasulullah menyebutkan adanya keberkahan di dalam sahur dan dapat membuat seorang muslim menjadi lebih sehat, kuat, dan bertenaga untuk aktivitas seharian.

Baca Selengkapnya
Ada Jenis Stres yang Punya Efek Positif, Munculnya di Momen Ini

Ada Jenis Stres yang Punya Efek Positif, Munculnya di Momen Ini

Eustress, jenis stres baik yang juga memiliki manfaat positif terhadap tubuh

Baca Selengkapnya
5 Makanan Kaya Probiotik, Konsumsi Rutin Biar Lancar BAB

5 Makanan Kaya Probiotik, Konsumsi Rutin Biar Lancar BAB

Salah satu cara menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan adalah dengan mengkonsumsi probiotik secara rutin.

Baca Selengkapnya