8 Manfaat Kopi untuk Rambut, Cegah Kerontokan hingga Menghilangkan Uban

Fresh | Senin, 6 Desember 2021 15:34

Reporter : Arini Saadah

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat kopi juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut.

Dream - Kopi adalah minuman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dengan cara yang tepat. Banyak manfaat kopi bagi tubuh, mulai dari meningkatkan energi, membakar lemak, hingga mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat kopi juga bagus untuk kesehatan kulit wajah dan berkontribusi menjaga kesehatan rambut. Manfaat kopi untuk rambut terdengar sedikit asing, ya. Namun ternyata kamu bisa melakukan perawatan rambut dengan mengambil manfaat dari kopi.

Apabila rutin digunakan, manfaat kopi untuk rambut sangat baik menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut. Bahkan bisa membuat rambutmu semakin halus dan berkilau.

Nah, kali ini Dream akan memaparkan manfaat kopi untuk rambut yang perlu diketahui, mulai dari merangsang pertumbuhan rambut hingga menghilangkan uban. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

8 Manfaat Kopi untuk Rambut, Cegah Kerontokan hingga Menghilangkan Uban
Wanita Memegang Biji Kopi (Shutterstock.com)
2 dari 8 halaman

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

 Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat kopi untuk rambut yang pertama adalah merangsang pertumbuhannya. Setiap orang pasti mengalami rambut rontok. Kerontokan rambut membuat kepala mengalami kebotakan. Kamu bisa mengoleskan kopi ke bagian rambut dan kulit kepala. Hal ini dipercaya bisa mencegah kerontokan rambut. Selain itu juga bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Kerontokan rambut pada pria umumnya terjadi saat hormon seks dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. Sementara itu pada wanita, terlalu banyak hormon DHT juga menyebabkan rambut rontok.

Kopi sendiri mampu mencegah efek dari hormon DHT pada rambut tersebut. Sebauh laporan dari International Journal of Dermatology mencatat kafein ampuh menghambat efek DHT pada folikel rambut pria.

Responden penelitian mengalami peningkatkan batang rambut dan akar lambut yang lebih panjang serta lebar. Pada wanita, kafein juga mampu merangsang pertumbuhan rambut. Manfaat kopi untuk rambut rontok dihasilkan dari kandungan kafeinnya, yakni stimulan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut.

3 dari 8 halaman

2. Bikin Rambut Makin Berkilau dan Halus

Manfaat kopi untuk rambut yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah bisa membuat rambutmu semakin berkilau dan halus. Rambut yang kusam, rapuh, dan kering tentu bikin mood jadi memburuk. Jika kamu mengalami masalah semacam itu, cobalah untuk membilas rambutmu dengan kopi.

Kandungan flavonoid pada kopi, yaitu berupa antioksidan yang dipercaya bisa mendorong regenerasi rambut dan memperbaiki rambut kusam. Tak hanya itu, manfaat kopi juga diyakini bisa membuat rambut menjadi lebih halus dan mudah diurai.

Akan tetapi efek diuretik pada kopi dianggap berpotensi membuat rambut menjadi lebih kering. Namun dilansir oleh Healthline, kafein justru bisa mempertahankan kelembapan dan menciptakan kilau alami pada rambut.

4 dari 8 halaman

3. Menghilangkan Uban

 Ilustrasi© Pexels.com

Uban bukan hanya masalah rambut yang berkaitan dengan usia. Uban bisa dialami siapa saja mulai dari usia muda hingga tua. Nah, manfaat kopi untik rambut kali ini cocok buat kamu yang memiliki uban. Sebab manfaat kopi bisa menghilangkan uban secara alami, lho.

Akan tetapi tidak semua jenis kopi bisa menghitamkan uban secara maksimal. Kopi yang bisa mengatasi masalah uban tersebut adalah espresso. Mungkin kamu bisa mulai mencobanya, Sahabat Dream, untuk membuktikan efektivitasnya.

5 dari 8 halaman

4. Eksfoliator Kulit Kepala

Seperti dilansir Parenting First Cry, kopi dikenal sebagai eksfoliator kulit kepala. Manfaat kopi untuk rambut yang satu ini mampu merangsang pertumbuhan folikel rambut baru yang membantu memperkuat akar rambut.

Tak hanya itu, ada klaim yang menyebutkan bahwa membilas rambut dengan kopi bisa membuat kulit kepala menjadi bersih, lho. Kendati demikian, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan klaim manfaat tersebut.

6 dari 8 halaman

5. Mencegah Rambut Rontok

 Ilustrasi© Freepik.com

Manfaat kopi untuk rambut yang banyak dicari adalah kemampuannya mencegah rambut rontok. Alasan umum kebotakan pada laki-laki adalah dihidrotestosteron kimia (DHT).

DHT memengaruhi folikel rambut dan secara bertahap membuat pengurangan helaiannya. Namun, ketika Anda mengonsumsi kafein, DHT akan tertahan.

Kafein dipercaya dapat memperkuat akar rambut sehingga folikel dalam tahap perkembangan anagen bisa didukung lebih lanjut. Menurut ahli, sebaiknya diamkan selama dua hingga lima menit setelah mengoleskan kopi ke kulit kepala, sehingga dapat meresap ke akar rambut dengan lebih baik.

7 dari 8 halaman

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat kopi juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini lantaran tekstur kopi yang kasar dapat meningkatkan penyebaran darah di kulit kepala. Menggosok kopi ke kulit kepala akan meningkatkan penyebaran sirkulasi darah dan membantu perkembangan rambut.

7. Menjadi Minyak Rambut

Manfaat kopi juga bisa digunakan untuk minyak rambut, lho. Kopi bisa memberikan vitamin pada rambut dan kulit kepala kamu dengan menyebarkan aroma luar biasa. Minyak kopi juga dapat membantu memperkuat akar dan batang rambut, meningkatkan penyebaran darah, dan mendukung pertumbuhan rambut.

8 dari 8 halaman

8. Membersihkan Rambut

 Ilustrasi© Unsplash.com

Rambut yang penuh kotoran dan debu membuat kondisi rambut lepek. Unutk menghilangkan debu pada rambut kamu dianjurkan keramas 3-4 kali seminggu.

Nah, ternyata kopi juga bermanfaat membersihkan rambut dan kulit kepala. Kamu bisa membuat shampo dari kopi, karena selain membersihkan, kopi juga bisa mengontrol rambut rontok dan menutrisi batang rambut.

Itu dia sederet manfaat kopi untuk rambut yang sangat sayang untuk dilewatkan, Sahabat Dream. Sebab dengan bahan yang ada di rumah, kamu bisa membuat rambutmu berkilau dan halus. Tidak ada salahnya untuk mencoba, kan? 

Join Dream.co.id