8 Manfaat Bayam bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Ampuh Tingkatkan Mood

Fresh | Jumat, 23 April 2021 12:35
8 Manfaat Bayam bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Ampuh Tingkatkan Mood

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Kaya akan nutrisi, bayam menjadi salah satu sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dream – Manfaat bayam tidak hanya baik dikonsumsi untuk menjaga kesehataan dan tumbuh kembang anak-anak saja. Sayuran yang memiliki warna hijau dan merah ini juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk kesehatan, bayam bisa mencegah dari beberapa penyakit berbahaya seperti kanker serta menurunkan darah tinggi. Selain itu juga bisa membuat penglihatanmu lebih sehat.

Selama masa kehamilan, seorang ibu membutuhkan asupan gizi untuk kesehatan sang ibu dan janin yang dikandungnya. Buah dan sayur menjadi dua makanan yang sangat dianjurkan agar sering dikonsumsi oleh ibu hamil.

Bayam adalah salah satu sayuran yang bisa memberikan asupan nutrisi secara cukup dan bahkan lebih banyak di masa kehamilan. Beberapa kandungan yang tersimpan di dalam bayam misalnya saja vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, fosfor, natrium, dan magnesium. Dengan begitu, bayam memegang peran utama dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

Agar lebih jelasnya lagi, berikut adalah beberapa manfaat bayam untuk ibu hamil yang harus kamu ketahui sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

2 dari 5 halaman

Mendukung Perkembangan Kognitif Janin

 Ilustrasi Pertumbuhan Janin
© Freepik.com

Manfaat bayam yang pertama untuk ibu hamil adalah bisa mendukung perkembangan kognitif janin. Hal ini karena bayam adalah sumbernya asam folat yang cukup tinggi. Di mana asam folat ini kerap dikenal dengan folat dan vitamin B9. Kandungan inilah yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi terhindar dari risiko keguguran.

Kandungan tersebut juga akan memberikan kontribusi pada perkembangan tulang belakang serta kognitif janin. Tidak hanya kaya akan zat besi, bayam juga akan membantu dalam memproduksi sel darah merah. Dengan begitu ampuh untuk menurunkan risiko terkena anemia dan masalah umum lainnya di masa kehamilan.

 

Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat bayam lainnya untuk ibu hamil bisa mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Dalam pertumbuhan tulang dan gigi, maka zat yang sangat kamu butuhkan adalah kalsium dan mineral.

Di dalam 100 gram bayam terdapat sekitar 99 mg kalsium. Tidak hanya itu saja, keberadaan kalsium juga akan mencegah dari terjadinya pembekuan darah di bagian arteri dan bisa meningkatkan fungsi saraf maupun ototmu.

3 dari 5 halaman

Mengatur Tingkat Tekanan Darah

 Ilustrasi Kadar Kolesterol
© Pixabay.com

 

Manfaat bayam untuk ibu hamil bisa mengatur tingkat tekanan darah. Hal ini karena adanya kandungan nitrat yang mampu untuk mengatur tingkat tekanan darah di dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu perlu memasukkan bayam di daftar menu selama kehamilan, agar tekanan darahmu bisa terkontrol.

Karena tekanan darah yang tinggi bisa membahayakan kesehatan ibu dan juga janin yang sedang dikandung. Selain itu juga ada potasium yang bisa diandalkan untuk menurunkan tekanan darah serta menjadikannya normal kembali.

 

Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang berlebihan pada ibu hamil tidaklah baik. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menyeimbangkannya dengan cara mengonsumsi bayam. Bayam memiliki kandungan berupa vitamin E yang bisa menangkal serangan radikal bebas, meningkatkan penglihatan, dan menyeimbangkan kadar kolesterol di tubuhmu selama masa kehamilan.

Demi mendapatkan asupan vitamin E tersebut, kamu bisa mengonsumsi bayam dengan dimasak. Baik itu direbus maupun disayur.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Imunitas

 Ilustrasi Imunitas yang Baik
© Freepik.com

 

Manfaat bayam yang jangan sampai kamu lewatkan adalah bisa meningkatkan imunitas. Apalagi di saat sedang hamil, maka imunitas tubuh yang baik sangatlah penting untuk melindungi janin yang dikandung.

Bayam memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang bisa menguatkan imunitas tubuh dan pastinya menangkal penyakit yang menyerang. Dengan mengonsumsi bayam, kamu bisa terhindar dari penyakit flu dan penyakit ringan lainnya. Bahkan juga ampuh untuk menjaga pencernaan tubuhmu tetap baik.

 

Meningkatkan Mood

Manfaat bayam selanjutnya untuk ibu hamil adalah bisa meningkatkan mood. Karena di masa kehamilan biasanya mood ibu menjadi mudah naik-turun. Bisa tiba-tiba sedih, senang, bahkan bisa sampai mengalami stres. Namun, kamu tidak perlu khawatir.

Untuk meningkatkan mood, kamu bisa memanfaatkan bayam. Hal ini karena adanya kandungan vitamin B yang diyakini mampu untuk meningkatkan mood saat sedang hamil. Bahkan dengan mengonsumsi bayam, ampuh untuk menghindarkanmu dari stres dan kecemasan.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Penglihatan

 Ilustrasi Kulit Sehat
© Freepik.com

Bagi kamu yang ingin agar penglihatannya semakin baik, maka bayam bisa menjadi salah satu solusinya. Hal ini karena bayam mengandung vitamin B1 dan vitamin B2 yang memiliki peran besar untuk perkembangan penglihatan serta sistem saraf pada janin.

Jika sampai kamu kekurangan vitamin B1, maka kamu bisa mengalami neuropati perifer. Sedangkan vitamin B2 akan membantu dalam perkembangan jaringan serta organ reproduksi di tubuh.

 

Menyehatkan Kulit

Manfaat bayam selain untuk kesehatan juga baik untuk kecantikan yang salah satunya bisa menyehatkan kulit. Hal ini karena bayam adalah sumber protein yang sangat baik untuk memperbaiki sel, memproduksi asam amino, dan menjaga kesehatan tulit, tulang, serta otot.

Itulah 8 manfaat bayam bagi kesehatan ibu hamil. Demi mendukung kesehatan janin dan ibunya, maka jangan lupa untuk memasukkan bayam di menu harianmu ya, sahabat Dream.

Join Dream.co.id