8 Hal Luar Biasa yang Cuma Terjadi Pada Tubuh Manusia

Fresh | Rabu, 4 April 2018 14:15
8 Hal Luar Biasa yang Cuma Terjadi Pada Tubuh Manusia

Reporter : Sugiono

Tubuh manusia ternyata memiliki keunikan tersendiri yang mungkin tidak ditemukan di makhluk lainnya.

Dream - Selama ini kita mungkin tidak terlalu memperhatikan tubuh kita yang sebenarnya memiliki berbagai rahasia unik di dalamnya.

Tubuh terdiri dari berbagai organ yang saling menopang satu sama lain sehingga kita bisa hidup dan menjalankan aktivitas.

Tapi tahukah kamu jika tubuh ternyata memiliki keunikan tersendiri yang mungkin tidak ditemukan di makhluk lainnya.

Mulai dari mengapa kita punya sidik jari, mendengar bunyi krek saat meregangkan sendi, hingga merinding saat kedinginan.

 8 Hal Luar Biasa Yang Hanya Ada atau Terjadi Pada Manusia

Dilansir dari Mirror.co.uk, berikut delapan hal unik yang hanya terjadi pada tubuh manusia.

2 dari 5 halaman

Bunyi `Krek`

1. Bunyi Krek

Kita biasanya mendengar bunyi 'krek' saat meregangkan sendi, seperti ketika menarik jari atau memutar pinggang ke belakang.

Bunyi ini awalnya dikira adalah gelembung-gelembung yang diciptakan cairan di dalam sendi. Namun penelitian terbaru mengungkapkan temuan yang bertolak belakang.

Bunyi 'krek' tersebut muncul karena terjadi pelepasan gelembung-gelembung udara berukuran kecil di dalam cairan sendi.

Gelembung itu terlepas akibat perubahan tekanan yang terjadi pada cairan sinovial pada sendi yang saling berdekatan.

Temuan ini telah diungkapkan oleh para peneliti di Ecole Polytechnique, Paris, Prancis.

2. Sidik Jari

Ada keyakinan yang menyatakan manusia punya sidik jari agar bisa mencengkeram dengan kuat tidak selalu benar.

Sidik jari sebenarnya memiliki fungsi lebih dari itu. Sidik jari mampu mencegah terjadinya gesekan antara kulit dan permukaan dengan mengeluarkan cairan.

Cairan dari sidik jari inilah yang mampu meningkatkan daya cengkeram dan mencegah telapak tangan mengalami lecet.

Sehingga ahli biokimia Roland Ennos pernah mengatakan, " Itulah mengapa kita jarang mengalami lecet di telapak tangan dan ujung jari."

 

(Sumber: mirror.co.uk)

3 dari 5 halaman

Hanya Manusia yang Punya Lutut

3. Merasa Mual

Penasaran kenapa kita bisa mual setiap naik roller coaster? Jawabannya karena organ di dalam tubuh sedikit bergeser dari posisinya ketika roller coaster turun ke bawah. Namun saraf mengirimkan informasi yang berbeda ke otak kita.

Sementara bagian belakang tubuh tertahan, organ lainnya bergeser. Tapi saraf menganggap seolah isi perut kita keluar menuju tenggorokan.

4. Lutut

Kita tidak bisa berdiri tegak jika tidak ada lutut. Dari 250 spesies primata, hanya manusia yang bisa berdiri dan berjalan dengan tegak di atas dua kakinya.

Lutut kita memiliki kemampuan untuk mengunci sehingga kita tidak perlu berjalan merangkak seperti monyet dan kera.

4 dari 5 halaman

Merinding

5. Merinding

Nenek moyang kita sangat memerlukan kemampuan merinding untuk bertahan hidup. Dengan mengembangkan bulu-bulunya yang lebih tebal dan kasar, nenek moyang manusia akan terlihat besar dan menakutkan saat terancam.

Kita masih mewarisi bulu-bulu tersebut tapi sudah jauh berevolusi sehingga tidak tebal dan kasar. Meski sekarang terlihat halus dan tipis, kita masih butuh merinding untuk mengusir hawa dingin atau menjadi penanda ketakutan.

6. Lipatan Daun Telinga

Earlobes atau lipatan daun telinga telah diperdebatkan fungsinya untuk waktu yang lama. Selama ini ada sebagian ilmuwan yang meyakini kaitan antara Earlobes dan penyakit jantung.

Keterkaitan itu terjadi karena adanya jenis kerusakan jaringan yang menyebabkan tertutupnya pembuluh darah - penyebab utama serangan jantung - yang juga ditemukan pada daun telinga.

Orang yang memiliki lebih banyak lipatan daun telinga dipercaya lebih rentan terkena serangan jantung koroner, menurut penelitian University of Ioannina di Athena, Yunani.

5 dari 5 halaman

Garis Tangan

7. Garis Tangan

Fungsi garis-garis pada telapak tangan bukan untuk membantu peramal mengetahui nasib seseorang di masa depan. Tapi garis-garis itu berfungsi untuk membantu manusia agar bisa mengepalkan tangan dan membuat bentuk lainnya.

Dinamakan Kerutan Melengkung Palmar, garis-garis ini memungkinkan manusia melakukan hal-hal menakjubkan dengan telapak tangan secara mudah dan lentur.

8. Interstitium

Ini adalah organ manusia yang baru saja ditemukan pada minggu yang lalu. Organ ini sebelumnya tidak pernah terdeteksi oleh ilmuwan.

Menurut penelitian, interstitium merupakan salah satu organ manusia terbesar yang pernah ditemukan. Jurnal Scientific Reports melaporkan interstitium awalnya dikira jaringan padat dan saling terhubung. Namun organ ini ternyata adalah jaringan tabung berisi cairan yang menyebar di beberapa bagian tubuh.

Interstitium ditemukan di di bawah kulit, di usus, paru-paru, pembuluh darah dan otot. Semuanya membentuk jaringan besar di seluruh tubuh, dan diduga memiliki fungsi sebagai peredam kejut untuk tubuh.

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id