7 Tips Mengendalikan Nafsu Syahwat, Jangan Sampai Batal Puasa!

Fresh | Selasa, 27 April 2021 14:35

Reporter : Dwi Ratih

Puasa nggak cuma nahan lapar dan haus saja.

Dream – Bulan puasa adalah momen yang baik bagi umat Muslim melatih kesabaran saat menahan lapar dan haus. Tak haya itu saja, Ramadan juga sebagai ajang bagi setiap muslim mengendalikan hawa nafsunya, termasuk nafsu syahwat.

Sebagian orang menganggap menahan nafsu syahwat lebih berat dibandingkan nafsu lapar dan haus. Nah agar puasa kita lulus segala `ujian` ini,  ada beberapa tips yang dapat membantu melawan nafsu tersebut.

Tips melawan nafsu birahi tidaklah sulit, ikuti cara-cara berikut ini, dikutip dari Sehatq:

Hindari aktivitas yang dapat memicu birahi

Hal yang dapat memicu timbulnya birahi adalah melihat konten berbau pornografi, oleh sebab itu saat sedang berpuasa hindari melihat konten-konten tersebut, baik dalam bentuk gamabr, tulisan, maupun video.

Selain itu juga, hindari objek, latar, atau sosok tertentu yang berpotensi membangkitkan hasrat.

Cari kegiatan untuk mengalihkan pikiran

Hasrat seksual umumnya meningkat ketika seorang membayangkan hal yang berkaitan dengan seks.

Maka dari itu sebaiknya cari kegiatan yang dapat mengalihkan pikiran saat sedang berpuasa, misalnya mengerjakan kuis atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Intinya cari kegiatan yang memerlukan konsentrasi penuh

7 Tips Mengendalikan Nafsu Syahwat, Jangan Sampai Batal Puasa!
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 3 halaman

Alihkan energi

Untuk menahan nafsu seksual, alihkan energi yang dimiliki untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat, misalnya olahraga.

Tapi jika saat puasa tidak kuat berolahraga bisa memilih kegiatan lain, seperti belajar musik, yoga, membuat kerajinan tangan atau memasak untuk berbuka.

 Ilustrasi© Shutterstock

Kenali penyebab nafsu sulit dikontrol

Merasa kesulitan untuk mengontrol gairah seksual bisa saja terjadi karena kondisi fisik atau psikis tertentu.

Kenali penyebab tersebut dengan melakukan terapi dengan ahlinya agar mengetahui akar permasalahan. Setelah mengetahui penyebab nafsu seksual tersebut, akan lebih mudah untuk mengontrol hawa nafsu.

Makan makanan tertentu

Terdapat makanan yang dapat meningkatkan dan menurunkan gairah seksual. Makanan aphrodisiac sebaiknya tidak dikonsumsi saat bulan puasa karena akan meningkatkan nafsu seksual.

Lebih baik untuk mengonsumsi makanan anaphrodisiac untuk menurunkan nafsu seksual, seperti tanaman hop, chasteberry, selada liar, kedelai, dan tumbuhan akar manis.

Konsumsi sewajarnya saja, jangan berlebihan ya Sahabat Dream.

3 dari 3 halaman

Mengonsumsi obat tertentu

Apabila hasrat seksual benar-benar tidak dapat dikendalikan, cobalah konsultasi dengan dokter ahli agar mendapatkan solusi terbaik.

Dokter mungkin akan memberikan resp obat tertentu untuk membantu mengurangi nafsu tersebut, misalnya obat antidepresan.

Perbaiki hubungan dengan pasangan

Kehidupan seksual yang buruk dengan pasangan kerap menjadi salah satu pemicu seorang lebih sulit mengontrol hasrat seksual. Hal tersebut mmebuat pasangan yang terlibat tidak dapat menyalurkan hasratnya dengan baik.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mendiskusikan secara terbuka dengan pasangan dan lakukan kegiatan bersama yang dapat mempererat hubungannya kembali.

Laporan: Josephine Widya

Join Dream.co.id