7 Manfaat Jambu Biji yang Sehatkan Ibu Hamil dan Janin

Fresh | Jumat, 9 April 2021 08:12
7 Manfaat Jambu Biji yang Sehatkan Ibu Hamil dan Janin

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Jambu biji adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Dream – Manfaat jambu biji terutama dalam proses penyembuhan demam berdarah tentu tidak asing lagi di tengah masyarakat. Namun, secara umum jambu biji yang memiliki kulit berwarna hijau dan bagian daging buah berwarna merah muda ini banyak disukai.

Misalnya saja dibuat menjadi jus yang menyegarkan. Bahkan karena buah ini sudah manis, maka kamu pun tidak perlu menambahkan gula lagi.

Selain baik untuk kesehatan, buah jambu biji juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena jambu biji mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil demi kesehatan sang ibu dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Buah yang mudah ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia ini memang memiliki berbagai nutrisi yang ideal jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Di mana nantinya bisa memberikan efek yang positif bagi sang ibu. Misalnya mengendurkan otot, melancarkan sistem pencernaan, serta meredakan sembelit.

Kamu juga tidap perlu khawatir karena jambu biji aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Namun, pastikan kamu memilih buah yang sudah matang dan dikupas kulitnya terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal dan hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

Jika sampai kamu mengonsumsi jambu biji yang belum dikupas kulitnya dalam jumlah banyak, maka bisa berisiko menimbulkan diare karena banyaknya serat yang terkandungan di dalam jambu biji.

Berikut adalah beberapa manfaat jambu biji untuk ibu hamil sebagaimana dihimpun melalui Liputan6.com.

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Menenangkan Pikiran

 Ilustrasi Imunitas Ibu Hamil yang Terjaga
© Foto. freepik

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat jambu biji yang pertama untuk ibu hamil adalah meningkatkan kekebalan. Hal ini karena jambu biji mengandung vitamin C yang sangat penting untuk menguatkan imunitas tubuh.

Di dalam satu buah jambu biji mampu memberikan vitamin C sekitar dua kali lipat jumlah harian yang dianjurkan.

Kandungan inilah yang ampuh dalam membentengi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi. Selain itu, keberadaan vitamin C juga bisa memusnahkan bakteri serta virus jahat yang menjadi penyebab infeksi.

 

Menenangkan Pikiran

Ibu hamil biasanya lebih sensitif dan mudah mengalami stres. Kamu bisa memilih buah jambu biji sebagai buah yang menjadi sumber magnesium baik. Di mana kandungan ini bisa membantu saraf serta otot tubuh kamu lebih rileks. Dengan begitu, stres pun bisa reda dan pikiran juga lebih ringan.

3 dari 5 halaman

Mencegah Sembelit dan Ambeien serta Mencegah Diabetes Gestasional

 Ilustrasi Sembelit
© Foto. freepik

Mencegah Sembelit dan Ambeien

Seperti diketahui sebelumnya bahwa jambu biji memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang nantinya akan memastikan proses pengangkutan isi di dalam usus bisa berjalan tepat waktu dan mencegahmu dari risiko sembelit.

Penyakit sembelit dan ambeien menjadi dua kondisi yang kerap dialami oleh perempuan hamil karena hormonnya yang lambat. Jadi, demi menghindari penyakit tersebut, kamu bisa mengonsumsi jambu biji.

 

Mencegah Diabetes Gestasional

Manfaat jambu biji lainnya bagi ibu hamil bisa untuk mencegah dari penyakit diabetes gestasional. Hal ini karena jambu biji mengandung serat yang tinggi serta karbohidrat kompleks untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Bagi kamu yang mengonsumsinya, maka bisa mengontrol gula darah dalam jangka waktu panjang dan resistensi insulin. Di masa kehamilan, sang ibu lebih mudah terserang diabetes gestasional yang biasa terjadi pada minggu ke-24. Sehingga, agar terhindar dari penyakit tersebut, sebaiknya kamu mengonsumsi jambu biji.

 

4 dari 5 halaman

Membangun Sistem Saraf Bayi dan Mengontrol Tekanan Darah

 Ilustrasi Tekanan Darah
© Foto. pixabay

Membangun Sistem Saraf Bayi

Manfaat jambu biji tidak hanya untuk kesehatan sang ibu saja, tetapi juga untuk janin yang sedang dikandung. Hal ini karena jambu biji mengandung vitamin B9 dan folat yang mampu membantu perkembangan pada otak dan sistem syaraf pada janin.

Keberadaan asam folat memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya kecacatan pada tabung syaraf. Tidak hanya itu saja, jambu biji juga mengandung vitamin A yang bisa mencegah dari kebutaan serta meningkatkan indra penglihatan pada ibu dan janinnya.

 

Mengontrol Tekanan Darah

Di masa kehamilah, biasanya ibu hamil sangat mudah mengalami tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, kamu dianjurkan mengonsumsi jambu biji yang bisa menjaga tekanan darah agar tetap terkendali.

Menjaga keseimbangan tekanan darah selama mengandung sangatlah penting untuk menghindarkanmu dari risiko keguguran dan bayi yang lahir prematur.

Di dalam jambu biji terkandung kalium dalam jumlah yang banyak. Hal inilah yang memiliki peran untuk menjaga tekanan darah dalam kondisi yang stabil.

5 dari 5 halaman

Menyehatkan Sistem Pencernaan

 Ibu Hamil dengan Pencernaan Sehat
© Foto. freepik

Manfaat jambu biji bagi ibu hamil berikutnya bisa mendukung kesehatan sistem pencernaan. Ibu hamil biasanya mengalami beberapa masalah pencernaan seperti mual, heartburn, dan sebagainya yang bisa kamu cegah dengan mengonsumsi jambu biji.

Sifat basa dari jambu biji inilah yang mampu untuk menyeimbangkan kandungan asam lambung. Untuk menjaga kandungan pH lambung, kamu bisa mengonsumsinya di antara waktu makan. Hal ini ampuh dalam mencegah keasaman dan gestroesophageal reflux semakin berkembang.

Itulah 7 manfaat jambu biji untuk ibu hamil. Yuk, bagi sahabat Dream yang sedang hamil dan ingin memiliki tubuh serta janin yang sehat, mulailah rajin mengonsumsi jambu biji.

 

Join Dream.co.id