7 Manfaat Buah Zuriat bagi Ibu Hamil, Cocok untuk Program Hamil

Fresh | Rabu, 14 April 2021 19:12
7 Manfaat Buah Zuriat bagi Ibu Hamil, Cocok untuk Program Hamil

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Buah khas padang pasir ini dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil karena beragam kandungan yang menyehatkan ibu hamil dan janinnya.

Dream – Manfaat buah zuriat ternyata sangat baik untuk ibu hamil. Selama mengandung si buah hati, ibu hamil harus mendapatkan asupan makanan yang baik dan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Salah satu buah yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan ibu dan janinnya adalah buah zuriat.

Buah yang memiliki nama lain Hyphaene thebaica ini memang tidak banyak ditemukan di Indonesia dan bisa tumbuh subur di daerah padang pasir. Jika dilihat secara langsung, buah zuriat memiliki bentuk oval yang ukurannya lebih besar daripada buah kurma. Sedangkan rasanya adalah manis dan terasa legit saat digigit.

Buah yang dipercaya bisa menyehatkan ibu hamil ini tidak terlepas dari beberapa kandungan istimewa yang ada di dalam buah zuriat. Misalnya saja tersedia berbagai mineral, seperti kalsium, sodium, magnesium, potasium, dan fosfor. Tidak hanya itu saja, buah zuriat juga mengandung vitamin B kompleks, karbohidrat, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa saja manfaat buah zuriat untuk ibu hamil, berikut sebagaimana dilansir melalui berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Menurunkan Kolesterol

 IIlustrasi Kolesterol pada Ibu Hamil
© Foto. freepik

Manfaat buah zuriat yang pertama untuk ibu hamil adalah bisa menurunkan kolesterol. Kolesterol sendiri memang dibutuhkan oleh tubuh, namun tidak dalam kadar yang banyak. Jika hal ini terjadi, maka bisa memicu hadirnya penyakit dan akan membahayakan kesehatan sang ibu dan janinnya yang dikandung.

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak buah zuriat bisa membantu untuk menurunkan kadar lemak total di dalam darah. Tidak hanya itu saja, buah zuriat juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah zuriat agar kolesterol di tubuhnya tetap stabil. Dengan begitu, kadar kolesterol di dalam darah ibu hamil bisa terkendali dengan baik.

 

Mengatasi Sembelit

Di masa kehamilan, ibu hamil biasanya kerap mengalami masalah pada pencernaan yang salah satunya adalah sembelit. Hal ini bisa terjadi karena pertumbuhan janin yang semakin besar dan menekan bagian organ pencernaan.

Kondisi ini tentunya tidak nyaman bagi sang ibu. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi buah zuriat yang kaya akan serat dan bisa mengatasi sembelit dengan cara aman.

3 dari 5 halaman

Rahim Menjadi Lebih Kuat

 Ilustrasi Rahim yang Kuat
© Foto. freepik

Manfaat buah zuriat yang tidak boleh kamu lewatkan untuk ibu hamil adalah bisa membuat rahim menjadi lebih kuat. Hal ini cocok sekali untuk kamu dan pasangan yang sedang merencanakan untuk memiliki momongan. Maka buah zuriat akan memberikan peluang yang besar agar hasilnya bisa positif.

Jika hasilnya sudah positif, kamu bisa terus melanjutkan mengonsumsi buah zuriat. Karena buah ini akan menguatkan rahim selama masa kehamilan. Dengan kondisi rahim yang kuat, maka tumbuh kembang janin pun bisa lebih maksimal.

Mencegah Terjadinya Infeksi Bakteri

Di dalam buah zuriat memiliki sifat anti bakteri. Dengan begitu, buah ini ampuh untuk menghindarkan ibu hamil dari terjadinya infeksi yang mudah sekali dialami oleh ibu hamil. Jika di masa kehamilan, sang ibu mengalami luka, maka dengan mengonsumsi buah zuriat bisa mempercepat penyembuhan luka dan mencegahnya dari infeksi.

 

4 dari 5 halaman

Mencegah Penyakit Diabetes

 Ilustrasi Cek Diabetes pada Ibu Hamil
© Foto. pixabay

Manfaat buah zuriat selanjutnya bagi ibu hamil adalah bisa mencegah penyakit diabetes. Salah satu masalah yang bisa menyerang ibu hamil adalah diabetes gestasional. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang tentu saja membahayakan ibu dan janinnya.

Misalnya saja bayi lahir secara prematur atau bayi lahir dengan berat yang berlebih. Untuk menghindari hal tersebut, maka ibu hamil bisa mengonsumsi buah zuriat yang diyakini mampu untuk mencegah penyakit diabetes gestasional.

Selain mengonsumsi buah zuriat, kamu juga harus membatasi dalam mengonsumsi gula agar gula darah tetap stabil dan manfaatnya bisa kamu peroleh secara maksimal.

 

Menjadi Asupan Antioksidan Alami

Manfaat buah zuriat untuk ibu hamil bisa menjadi asupan antioksidan yang alami bagi tubuh. Kandungan ini sangat penting untuk melawan serangan radikal bebas yang berpotensi merusak sel. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa merebus buah tersebut bersama dengan kulitnya. Lalu minum air rebusannya dan bisa juga dengan menambahkan madu.

5 dari 5 halaman

Menstabilkan Tekanan Darah

 Ilustrasi Cek Tekanan Darah
© Foto. freepik

Manfaat buah zuriat yang terakhir adalah untuk menstabilkan tekanan darah pada ibu hamil. Karena di masa kehamilan, ibu hamil bisa saja terkena preeklampsia yang bisa membahayakan kehamilannya. Preeklampsia sering kali dihubungkan dengan tekanan darah tinggi yang tidak terkendali.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apakah sebelum hamil memiliki riwayat terkena tekanan darah tinggi atau tidak. Jika memiliki, maka kamu bisa mengonsumsi buah zuriat. Karena buah inilah yang akan menurunkan tekanan darah dan mencegah dari terjadinya tekanan darah tinggi. Sehingga, kesehatan ibu hamil pun lebih terjaga.

Itulah 7 manfaat buah zuriat untuk ibu hamil. Bagi sahaba Dream yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi buah ini.

 

 

 

Join Dream.co.id