7 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Jarang Kita Tahu

Fresh | Jumat, 19 Juli 2019 07:37
7 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Jarang Kita Tahu

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Selain segar, buah pir ternyata punya manfaat yang baik bagi kesehatan, lho.

Dream - Bentuk buah pir sangat unik seperti lonceng besar dengan warnanya yang kuning keemasan, dan ada juga yang berwarna hijau.

Seperti yang kita tahu, buah pir mengandung banyak air yang baik untuk mengatasi dehidrasi.

Tekstur buahnya mirip buah apel, tapi lebih renyah dan lezat. Rasanya ini membuat buah pir digemari oleh banyak orang, bahkan sejak zaman kuno dulu.

Buah pir mengandung banyak nutrisi, seperti kalori, protein, karbo, serat, dan berbagai jenis vitamin. Buah pir juga mengandung folat dan niacin yang baik untuk memproduksi energi dan memperlancar fungsi sel.

Selain itu, ternyata buah pir memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, Sahabat Dream. Apa saja manfaat buah pir bagi tubuh jika dikonsumsi rutin?

2 dari 8 halaman

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan: Meningkatkan Kesehatan Usus

Manfaat buah pir yang pertama yakni mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus.

Sebagai sumber serat larut yang baik, buah pir mampu menjaga keteraturan di usus dengan cara melunakan dan membuang kotoran sisa-sisa penyerapan.

 Kesehatan usus

Tidak hanya mampu menjaga keteraturan di usus, serat larut yang terkandung dalam buah pir juga memberi makan bakteri baik di usus. Sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain daging buahnya, ternyata kulit buah pir juga mengandung banyak serat, dan akan sangat baik bagi pencernaan, apabila memakan buah pir bersama dengan kulitnya.

Satu buah pir rata-rata mengandung 6 gram serat atau sekitar 22% dari kebutuhan serat harian manusia.

3 dari 8 halaman

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan: Mengandung Senyawa Nabati

Selain mengandung serat yang baik bagi pencernaan, ternyata buah pir juga mengandung senyawa nabati yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh. Buah pir memiliki senyawa nabati yang berbeda dari buah-buah lainnya.

 Buah Pir

Buah pir mengandung senyawa antosianin, senyawa alami ini mampu meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat pembuluh darah pada manusia.

Bahkan buah pir juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain antosianin, buah pir juga mengandung zeaxanthin dan lutein yang diperlukan mata untuk menjaga penglihatan agar tetap tajam.

4 dari 8 halaman

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan: Mencegah Peradangan

Manfaat buah pir selanjutnya ialah mampu mencegah peradangan, baik peradangan normal maupun peradangan kronis yang membahayakan kesehatan tubuh.

Peradangan kronis yang terjadi dalam tubuh dan berjangka panjang bisa mengakibatkan masalah serius seperti penyakit jantung dan diabetes.

 Buah Pir

Buah pir mengandung banyak antioksidan  flavonoid yang mampu melawan peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Hal ini terjadi karena kandungan senyawa anti peradangan dan antioksidan yang ada dalam buah pir.

5 dari 8 halaman

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan: Mengandung Antikanker

Selain mengandung senyawa yang dapat mencegah peradangan, buah pir juga mengandung senyawa yang memiliki sifat anti kanker.

Contoh senyawa itu diantaranya ialah antioksidan dan asam sinamat, dan sudah terbukti mampu melawan kanker.

Mengonsumsi buah pir yang kaya flavonoid juga mampu melindungi tubuh dari bahaya berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara dan ovarium pada perempuan.

Walau begitu, para ahli tidak menganggap pir sebagai salah satu obat untuk menyembuhkan kanker.

 Buah Pir

Buah pir baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya kanker, dan untuk mengurangi risiko kanker dalam tubuh, bukan untuk menyembuhkan.

6 dari 8 halaman

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan: Menurunkan Risiko Diabetes

Ada banyak jenis buah pir di seluruh dunia ini, dan buah pir dari varietas merah mampu membantu mengurangi risiko diabetes.

Dilansir dari laman Health Line, dengan mengonsumsi 5 buah pir atau lebih dalam beberapa minggu, dapat menurunkan risiko diabetes tipe dua sebanyak 23%. Hal ini disebabkan karena buah pir mengandung antosianin.

Manfaat buah pir memperlancar pencernaan, berkaitan dengan manfaatnya sebagai penurun risiko diabetes.

Hal ini bisa terjadi karena buah pir mampu memperlambat pencernaan, sehingga tubuh punya banyak waktu untuk memecah dan menyerap karbohidrat.

 Buah Pir

Kemampuan inilah yang akan membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh, dan mampu mencegah bahkan mengendalikan diabetes.

7 dari 8 halaman

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan: Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah pir mengandung antioksidan dan senyawa yang dapat menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko terkena penyakit mematikan ini.

 Buah Pir

Buah pir juga mengandung antioksidan prosianidin yang mampu mengurangi kekakuan jaringan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahal LDL, dan meningkatkan kolesterol baik HDL.

Bahkan, antioksidan ini juga bisa ditemui di kulitnya. Antioksidan yang ada dalam kulit buah pir disebut quercetin yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah tinggi, serta kolesterol.

8 dari 8 halaman

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan: Membantu Menurunkan Berat Badan

Tak banyak yang tahu, kalau ternyata buah pir juga bisa dijadikan menu untuk menurunkan berat badan. Kombinasi antara kandungan air yang tinggi, kalori yang rendah dan kandungan serat baiknya, membuat buah pir memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

 Menurunkan Berat Badan

Dengan mengonsumsi buah pir saja, kita bisa merasa kenyang secara alami. Hal inilah yang akan membuat kita berhenti untuk terus makan.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat buah pir bagi kesehatan ya, Sahabat Dream. (Mut, Sumber: Healtline)

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival
Join Dream.co.id