7 Makanan Sehat Tinggi Protein, Cocok Jadi Menu Diet

Fresh | Senin, 26 Agustus 2019 15:12
7 Makanan Sehat Tinggi Protein, Cocok Jadi Menu Diet

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Bingung menu makanan diet yang tak hanya menyehatkan, tapi juga enak? Coba 7 makanan sehat tinggi protein ini deh!

Dream- Kandungan protein dalam makanan yang kita konsumsi sangat penting dalam pembentukan kekuatan organ tubuh, otot, kulit, dan hormon yang ada di dalam tubuh.

Oleh sebab itu makanan dengan kandungan protein yang tinggi ini sangat cocok untuk jadi menu makanan sehat sehari-hari.

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh saja, protein juga mampu membantu tubuh kita untuk menurunkan berat badan, mengurangi lemak dalam perut, meningkatkan massa otot dan kekuatan otot.

Makanan sehat tinggi protein sangat cocok untuk kalian yang sedang berdiet dan membentuk tubuh.

Dalam rekomendasi nutrisi harian, tubuh memerlukan kurang lebih 46 gram protein untuk wanita dan 56 gram untuk pria, setiap harinya. Rekomendasi ini berdasarkan kebutuhan tubuh manusia yang sudah dirata-rata.

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian tersebut, kita bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti 7 makanan di bawah ini:

2 dari 8 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Dada Ayam

 Makanan Sehat

Makanan yang berasal dari daging hewan ini sudah sangat terkenal di kalangan orang yang rutin berdiet. Dada ayam selalu menjadi pilihan bagi artis Korea yang sedang berdiet.

Selain rasanya yang enak, dada ayam mengandung protein yang tinggi, dengan syarat kita memakannya tanpa kulit.

Dalam daging bagian dada ayam ini terdiri dari 80% protein kalori, dan apabila dada ayam direbus tanpa kulit mengandung 53 gram protein dengan 284 kalori.

Kandungan ini sangat baik untuk menu diet harian, karena dengan sekali makan dada ayam, seorang pria dapat memenuhi kebutuhan protein harian mereka.

3 dari 8 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Tuna

Di antara jenis ikan, tuna menjadi salah satu ikan yang terkenal mengandung banyak nutrisi baik untuk pertumbuhan manusia, salah satunya protein.

Tidak hanya kaya protein saja, daging ikan tuna juga mengandung banyak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

 Makanan Sehat


Dalam daging tuna kita bisa mendapatkan 94% kebutuhan protein harian. Dan dalam satu cup daging ikan tuna, mengandung 39 gram protein dengan 179 kalori.

Mengonsumsi ikan tuna secara rutin dijamin dapat memenuhi kebutuhan protein harian dan cocok jadi menu diet yang menyehatkan.

4 dari 8 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Biji Labu

Buah labu mungkin sudah biasa dikonsumsi, begitu pula dengan bijinya. Buah labu dan biji labu sama-sama mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam biji labu, kita bisa menjumpai nutrisi penting seperti zat besi, magnesium, dan zinc yang penting untuk menambah massa otot.

 Makanan Sehat


Dalam sekali mengonsumsi biji labu, kita dapat memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 14%, dan dalam 1 ons biji labu, terdapat 5 gram protein dengan 125 kalori. Porsi nutrisi ini sangat cocok untuk jadi penambah kebutuhan protein harian.

5 dari 8 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Susu

Susu menjadi makanan andalan yang memiliki banyak nutrisi baik. Tidak hanya dikenal sebagai makanan yang baik untuk pertumbuhan anak, susu sangat baik dikonsumsi orang yang sedang menjalankan diet, terutama diet tinggi protein.

 Makanan Sehat


Rasa susu juga sangat enak, sehingga tidak masalah apabila kita terus mengonsumsinya setiap pagi.

Selain mengandung banyak protein, susu juga mengandung kalsium, phosphorus, dan vitamin B2 yang baik untuk tulang. Dalam sekali mengonsumsi susu, kita dapat memenuhi 21% kebutuhan protein harian kita.

6 dari 8 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Yogurt

Yogurt Yunani menjadi jenis yogurt yang terkenal dengan kandungan nutrisinya yang lebih banyak dibandingkan dengan yogurt biasa. Jenis yogurt ini memiliki tekstur yang lebih creamy dan rasanya lebih pekat.

 Makanan Sehat


Dalam sekali mengonsumsi yogurt Yunani bebas gula, kita dapat memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 48%.

Dan yang terpenting dalam mengonsumsi yogurt ini ialah, tidak menambahkan gula karena dapat menambah kalori, sehingga akan membuat kandungan protein tidak bekerja dengan baik.

7 dari 8 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Brokoli

Sayuran berbentuk unik ini ternyata juga mengandung protein yang tinggi. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C, K, serat dan potassium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan mengonsumsi brokoli secara rutin, tidak hanya berat badan saja yang turun, tapi juga risiko kanker.

 

 Makanan Sehat


Dalam sekali konsumsi brokoli, kita dapat memenuhi 20% kebutuhan protein harian, dan dalam brokoli yang sudah terpotong dan dimasak, terdapat 3 gram protein dengan 31 kalori.

Kandungan kalorinya yang rendah ini membuat brokoli sangat cocok untuk menu diet yang sehat dan lezat.

8 dari 8 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Kacang Almond

 Makanan sehat

Jenis kacang yang satu ini memang terkenal sebagai kacang yang mewah dan mahal. Di balik kemewahannya ini, kita dapat memperoleh banyak manfaat kesehatan.

Makanan sehat yang satu ini mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin E yang baik untuk kulit, mangan dan magnesium.

Dalam sekali mengonsumsi kacang almond, kita dapat memenuhi 12% kebutuhan protein harian. Selain itu, kacang almond juga dikenal sebagai makanan sehat yang dapat merangsang kinerja otak untuk bekerja lebih baik, dan meningkatkan daya ingat.

(ism, Sumber: Healthline)

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id