6 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani

Fresh | Selasa, 4 Agustus 2020 06:12
6 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Selain menyehatkan tubuh, latihan kebugaran jasmani juga memiliki tujuan lainnya. berikut ulasannya.

Dream - Latihan kebugaran jasmani merupakan salah satu aktivitas olahraga yang banyak dilakukan. Jika dilakukan dengan rutin, latihan kebugaran jasmani akan membantu menjaga daya tahan dan fisik seseorang. 

Tak hanya itu, dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, kamu juga bisa melatih keseimbangan otot dan membakar kalori lebih cepat. Latihan ini paling cocok bagi para pejuang diet. Pembakaran kalori yang cepat akan membantu proses penurunan berat badan. 

Lalu, apa saja tujuan utama latihan kebugaran jasmani? Berikut penjelasannya. 

2 dari 4 halaman

Tips Berolahraga Agar Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan© Dream

1. Melunturkan Sendi

Salah satu tujuan latihan kebugaran jasmani yang perlu kamu ketahui adalah melenturkan sendi. Dengan rutin melakukan latihan, otot-otot tubuh dan anggota gerak lainnya akan lebih lentur.

Untuk jenis latihannya, Sahabat Dream bisa mencoba dengan melakukan berbagai gerakan senam lantai. Seperti roll depan, roll belakang, kayang, split, lompat harimau atau melakukan gerakan dari kepala hingga ke kaki.

Sendi yang lentur dapat membantu seseorang agar tak mudah cedera saat berolahraga. Otot dan sendi tak akan mudah terkilir lagi. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika rutin melakukannya, daya tahan tubuh akan semakin kuat. Metabolisme tubuh juga akan semakin lancar dan sistem imun meningkat.

Latihan kebugaran jasmani mampu mencegah terkena berbagai penyakit, baik penyakit menular atau penyakit ringan seperti flu atau demam.

Orang yang rajin melakukan latihan kebugaran jasmani juga akan terlihat lebih sehat, segar dan cerah. 

3 dari 4 halaman

3. Memperlancar Peredaran Darah

Jangan Takut Donor Darah, Mari Bantu Penderita Thalassemia© Dream

Selanjutnya, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan membantu kerja organ-organ penting dalam tubuh. 

Salah satu organ yang sangat terbantu adalah jantung. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin, maka kinerja jantung juga akan lebih optimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, otot jantung yang terlatih akan semakin kuat dan aliran darah dalam pembuluh darah akan semakin lancar.

Kamu pun dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung koroner, stroke, serangan jantung hingga gagal jantung.

Jenis latihan kebugaran jasmani yang bisa dicoba, antara lain seperti senam aerobik, treadmill, jogging dan jenis olahraga lainnya.

4. Menguatkan Tulang

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani berikutnya adalah menguatkan tulang. Dengan banyak berolahraga dan latihan yang tepat, tulang akan semakin kuat dan terhindar dari dari osteoporosis. Selain itu, tulang yang kuat akan meminimalkan risiko terjadinya patah tulang saat terjatuh. 

Jenis latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan untuk menguatkan tulang yakni, berjalan kaki, lari, bersepeda, mendaki, naik turun tangga, senam dan angkat beban.

 

 

4 dari 4 halaman

4 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur© Dream

5. Mengontrol Berat Badan

Selanjutnya, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah mampu mengontrol berat badan. Dengan berbagai aktifita fisik yang dilakukan, banyak kalori dalam tubuh yang dapat terbakar. Akibatnya, berat badan akan lebih mudah terkontrol.

Bagi para pejuang diet, latihan kebugaran jasmani sangat cocok untuk dicoba. Selain membantu memaksimalkan program diet, kamu juga bisa mencegah kenaikan berat badan dan menjaganya agar ideal. 

Jenis latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan antara lain, push up, sit up, back up, angkat beban, senam aerobik, bersepeda, renang, treadmil. 

 

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain tujuan yang telah disebutkan, latihan kebugaran jasmani juga mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Orang yang rajin melakukan latihan ini akan tidur lebih nyenyak nnatinya. 

Meski bisa meningkatkan kualitas tidur, latihan kebugaran jasmani sebaiknya tidak dilakukan beberapa jam sebelum jam tidurmu. Bukannya mengantuk, tubuh malah akan terjaga dan kesulitan untuk tidur.

 

Sumber: Merdeka  dan berbagai sumber lainnya. 

Join Dream.co.id