6 Sayur dan Buah yang Bantu Jaga Kesehatan Gigi

Fresh | Jumat, 29 Mei 2020 19:16
6 Sayur dan Buah yang Bantu Jaga Kesehatan Gigi

Reporter : Ulyaeni Maulida

Baik dikonsumsi secara teratur.

Dream – Untuk mendapatkan gigi yang sehat, harus dibarengi dengan perawatan yang teratur. Selain harus rajin membersihkan gigi setiap hari, kamu juga perlu mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayur.

Dengan kandungan vitamin dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi. Terutama jika kamu masih sering memakan makanan manis dan banyak mengandung gula.

Hal tersebut akan membuat masalah pada gigi. Seperti gigi berlubang.

Sehingga kamu dapat mengganti camilan yang lebih sehat dan bergizi. Selain itu, juga dapat membantu menjaga gigi secara teratur.

Buah dan sayuran tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh dari dalam, tapi juga membantu menjaga mulut dan gigi tetap sehat. Berikut rangkumannya: 

2 dari 7 halaman

Apel

 Apel© Pexels.com

 

Buah apel kaya akan serat, vitamin, serta antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya menjaga mulut dan gigi.

Kandungan vitamin C berperan untuk memproduksi kolagen. Kolagen inilah yang membuat gusi menjadi lebih kuat. selain itu, vitamin C dalam buah apel juga dapat mencegah dari gusi berdarah, sariawan, hingga infeksi gusi (periodontitis).

Mengkonsumsi satu buah apel setiap hari, juga dapat membantu membersihkan plak pada gigi. Apel juga dapat memperbanyak air liur yang dapat menetralkan asam sisa makanan. Yang menjadi penyebab masalah pada gigi.

3 dari 7 halaman

Jeruk

 Jeruk© Pixabay.com

 

Jeruk juga mengandung vitamin C yang tinggi. Serta kandungan serat dalam jeruk juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Kandungan vitamin C pada jeruk juga menjadi antioksidan untuk mencegah kerusakan gigi dan gusi dari pembakaran tembakau dan asap rokok.

Selain itu, jeruk juga menagndung senyawa seperti tanin, tarpenoid, dan flavonoid yang dikenal efektif untuk melawan bakteri.

4 dari 7 halaman

Seledri

 Seledri© Pixabay.com

 

Seledri banyak mengandung gizi yang membantu mencegah peradangan, menurunkan tekanan darah, hingga menekan risiko kanker.

Seledri juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Batang seledri merangsang kelenjar air liur untuk lebih banyak memproduksi air liur yang dapat menetralkan asam.

5 dari 7 halaman

Wortel

 Wortel© Pexels.com

 

Wortel kaya akan vitamin A dan vitamin C, serta antioksidan. Selain sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata, wortel juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Sama seperti seledri, wortel juga dapat memperbanyak produksi air liur. Yang membantu membersihkan asam yang menempel digigi.

6 dari 7 halaman

Sayuran Hijau

 Sayuran Hijau© Pexels.com

 

Kalsium pada sayuran hijau dapat membantu pembentukan enamel gigi. Enamel adalah lapisan terluar gigi. Semakin kuat enamel gigi, maka akan semakin baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Sayuran hijau yang dimaksud dapat berupa bayam, brokoli ataupun pakcoy. Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin B pada sayuran hijau, dapat membantu mengurangi peradangan mengobati gisu.

7 dari 7 halaman

Buah Beri

 Buah beri© Pixabay.com

 

Buah beri banyak mengandung antioksidan antosionin yang dapat membantu melawan radikal bebas. Buah beri seperti storberi, rasberi, atau blueberi juga dapat menghilangkan plak dan bakteri pada gigi.

Kandungan antosianin dapat menghambat kerusakan pada gigi. Sehingga mengurangi risiko masalah pada gigi.

Namun, yang perlu diperhatikan bahwa selain mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayur diatas, membersihkan gigi secara teratur adalah kunci utama.

Jangan lupa untuk gosok gigi dua kali setiap hari ya.

 

 

(Sumber: hellosehat.com)

Join Dream.co.id