6 Manfaat Saffron bagi Tubuh, Bisa Redakan Masalah PMS

Fresh | Kamis, 18 Juli 2019 11:36
6 Manfaat Saffron bagi Tubuh, Bisa Redakan Masalah PMS

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Sudah pada kenal dengan saffron belum nih? Sudah tahu manfaat yang ditawarkan oleh saffron? Ternyata bisa untuk mengatasi gejala PMS loh girls. Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream Sahabat Dream pernah mendengar rempah bernama saffron? Sebagian besar masyarakat Asia memang belum begitu akrab dengan bunga rempah satu ini.

Saffron merupakan salah satu bagian dari bunga Crocus Sativus dan termasuk salah satu bumbu dapur atau rempah termahal di dunia.

Untuk ukuran 450 gram saffron, harganya bisa mencapai Rp7 juta hingga Rp 70 juta. Harga tersebut tergantung dari tingkatan kualitasnya. Negara penghasil saffron terbaik adalah Iran.

Saffron diproduksi dengan cara yang personal bahkan dalam proses memanen saja masih menggunakan cara tradisional. Tiap bunga dipetik dan dipisahkan seratnya dengan hati-hati.

Itulah mengapa saffron memiliki harga yang cukup fantastis untuk kategori bumbu dapur atau rempah. Perlu Sahabat Dream tahu, harga saffron yang mahal, seimbang dengan manfaat yang bakal diperoleh.

Saffron memiliki sejumlah manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Manfaat yang didapatkan mulai dari baik untuk kecantikan kulit wajah hingga bisa mengatasi gejala PMS. Yuk simak informasi yang Dream rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Saffron: Peningkat Daya Tahan Tubuh

 6 Manfaat Saffron bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mengatasi PMS loh

Saffron memiliki kandungan antioksidan yang sangat berlimpah. Antioksidan tersebut meliputi crocin, crocetin, kaempferol serta safranal.

Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu dalam kondisi prima. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu untuk mencegah munculnya kerusakan sel dan juga bisa mengatasi inflamasi yang terjadi pada tubuh.

3 dari 7 halaman

Manfaat Saffron: Mencegah Kanker

 6 Manfaat Saffron bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mengatasi PMS loh

Sebuah penelitian yang dilansir dari Style Craze, menunjukkan adanya peningkatan kondisi tubuh menjadi lebih baik pada penderita kanker setelah mengkonsumsi ekstrak saffron.

Saffron mengandung antioksidan cocrin yang dimana kandungan tersebut mampu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker kolorektar di dalam tubuh. Pada umumnya, saffron bekerja sangat efektif untuk mengatasi dan mencegah kanker seperti kanker leukemia, hati, payudara hingga kanker prostat.  

4 dari 7 halaman

Manfaat Saffron: Meningkatkan Libido

Dalam sebuah penelitian, menunjukkan bahwa saffron mengandung sifat afrodisiak yang dimana dapat meningkatkan gairah seksual pada seseorang. Sebuah penelitian lainnya, mengungkap seorang pria dapat mengalami kenaikan gairah seksual secara signifikan seperti kemampuan ereksi yang baik, peningkatan dalan kepuasan dan masih banyak lainnya. Hal tersebut dikarenakan seorang pria tersebut telah mengkonsumsi saffron secara teratur.

 6 Manfaat Saffron bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mengatasi PMS loh


Di sisi lain, wanita yang mengkonsumsi saffron juga bisa meningkatkan kemampuan seks pada diri wanita itu sendiri. Konsumsilah sebanyak 30 gram saffron secara rutin setiap hari untuk bisa mendapatkan gairah seksual yang maksimal.

5 dari 7 halaman

Manfaat Saffron: Mengatasi Gejala PMS

Sebuah penelitian yang melibatkan wanita yang berusia 20-45 tahun menunjukkan bahwa saffron membantu para wanita untuk mengatasi gejala PMS yang dideritanya.

 6 Manfaat Saffron bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mengatasi PMS loh

Gejala PMS yang disebutkan tersebut seperti sakit kepala, nyeri punggung, sensitif hingga mengidam. Hal tersebut dikarenakan para peneliti menyarankan pada mereka untuk mengkonsumsi saffron 30 mg secara rutin setiap harinya. Selain itu, dengan hanya menghirup saffron selama 20 menit saja sudah mampu untuk mengurangi gejala PMS yang dirasakan.

6 dari 7 halaman

Manfaat Saffron: Mencegah Gangguan Otak

Berbagai penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa saffron sangat efektif untuk mengatasi gangguan otak terutama memori di dalam otak. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam saffron mampu untuk meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

 Saffron

Dengan adanya peningkatan kemampuan kognitif tersebut, membuat saffron mampu untuk mencegah munculnya penyakit Azheimer. Namun perlu diingat, mengkonsumsi saffron pada penderita Alzheimer juga mampu untuk meningkatkan daya ingat walaupun tidak secara signifikan.

7 dari 7 halaman

Manfaat Saffron: Kecantikan Wajah

Saffron ternyata juga bisa untuk membantu mencerahkan kulit serta mengatasi jerawat dan noda di wajah. Untuk mencerahkan kulit, kalian bisa mneggunakan saffron yang dikombinasi dengan kayu cendana.

Campurkan 1 sdt bubuk kayu cendana dengan 2-3 helai saffron dan 2 sendok susu. Aplikasikan racikan tersebut ke seluruh wajah dengan memijatnya menggunakan gerakan memutar. Diamkan selama 20 menit, dan bilas hingga bersih.

 6 Manfaat Saffron bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Mengatasi PMS loh


Untuk mengatasi jerawat, kalian membutuhkan basil dan juga saffron sebagai bahan utamanya. Campurkan 5-6 daun basil dnegan 10-12 helai saffron. Aplikasikan racikan tersebut pada wajah secara merata. Diamkan 15-20 menit dan bilaslah hingga bersih menggunakan air biasa.

Saffron memiliki kandungan antijamur yang dimana sangat cocok digunkan untuk mengatasi jerawat. Selain itu, basil juga dipercaya mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat di kulit wajah kalian. (mut)

 


(Sumber: [1] [2] [3])

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id