6 Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan

Fresh | Kamis, 13 Juni 2019 19:45
6 Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Mungkin masih banyak yang asing dengan jenis cuka alami ini. Namun tahukah, kalau cuka apel ini punya banyak manfaat bagi kesehatan, lho.

Dream - Cuka apel menjadi jenis cuka yang populer di antara jenis cuka alami. Ada banyak manfaat cuka apel, salah satunya manfaat bagi kesehatan, dan manfaat tersebut sudah teruji, lho Sahabat Dream.

Seperti untuk mengurangi berat badan atau diet, baik untuk menurunkan kolestrol, dan menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, cuka apel juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan memasak dan bisa juga digunakan untuk urusan rumah tangga.

Selain itu cuka apel juga digunakan sebagai pembersih dan bahkan digunakan untuk campuran sampo berbahan alami. Berikut 6 manfaat cuka apel bagi kesehatan yang sudah teruji:

2 dari 7 halaman

Mengandung Asam Asetat yang Tinggi


Untuk membuat cuka apel sangat mudah, yakni dengan dua tahap seperti membuat alkohol dengan fermentasi.

Tahap pertama, mencampurkan apel yang sudah dihaluskan atau juga bisa menggunakan sari apel dengan ragi, yang mana ragi akan memfermentasikan gula dan mengubahnya menjadi alkohol.

Langkah kedua, tambahkan bakteri dalam larutan, yang mana bakteri ini akan memfermentasikan alkohol dan mengubahnya menjadi asam asetat.

Selain itu, cuka apel tanpa filter juga mengandung protein, enzim dan bakteri baik yang bisa membuat larutan menjadi Nampak keruh.

 Cuka Apel


Beberapa orang mempercayai bahwa kandungan dalam cuka apel tersebut berpengaruh besar bagi kesehatan pemakai cuka apel. Walaupun sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan hal ini.

Walau mengandung asam asetat yang tinggi, cuka apel tidak banyak mengandung vitamin dan mineral, cuka apel baik digunakan sebagai campuran bahan makanan dan pembersih.

3 dari 7 halaman

Mampu Membunuh Berbagai Macam Bakteri

Cuka dapat membunuh pathogen, termasuk bakteri. Sudah sejak dahulu, cuka apel digunakan untuk membersihkan, mengobati jamur kuku, kutu, kutil, hingga infeksi telinga.

Bahkan Hippocrates sudah menggunakan cuka untuk membersihkan luka, lho Sahabat Dream.

 Cuka Apel


Selain itu, cuka apel juga bisa digunakan sebagai pengawet makanan, hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa cuka dapat menghambat pertumbuhan bakteri, seperti bakteri E. Coli yang bisa saja tumbuh pada makanan.

Tidak hanya itu, cuka bahkan juga dapat menghancurkan bakteri tersebut.

Ada lagi manfaat cuka apel bagi kesehatan yang berkaitan dengan bakteri, yaitu cuka apel dapat membantu mengatasi jerawat. Caranya cukup dengan mengoleskan cuka apel ke kulit yang berjerawat.

4 dari 7 halaman

Menurunkan Kadar Gula Darah dan Mengatasi Diabetes


Sampai saat ini, cuka apel dapat digunakan untuk mengatasi diabetes tipe 2. Diabetes tipe ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah, baik itu karena resistensi insulin maupun ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.

 Tekanan Darah


Kadar gula darah yang tinggi diyakini dapat menjadi masalah bagi orang yang tidak menderita diabetes, dan dapat menyebabkan penyakit kronis lainnya.

Cuka Apel sangat bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu kadar gula darah.

Banyak orang yang memanfaatkan cuka apel untuk menjaga kadar gula darah dan berhasil mendapatkan manfaatnya. Selain dengan menggunakan cuka apel, Sahabat Dream juga bisa menurunkan kadar gula darah dengan menghindari konsumsi karbohidrat dan gula olahan berlebih.

5 dari 7 halaman

Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak Perut

Ternyata, ada penelitian yang menunjukan bahwa cuka apel juga dapat membantu menurunkan berat badan. Cuka apel dapat membuat kita merasa kenyang, sehingga kita akan makan sedikit kalori dan membuat timbangan kita turun.

 Diet


Sebagai contoh, apabila seseorang mengonsumsi cuka apel bersamaan dengan makanan berkarbohidrat tinggi, maka mereka akan mendapatkan rasa kenyang dan memakan sedikitnya 200-275 kalori.

Selain itu, dalam sebuah studi yang dilansir dari Health Line, 175 penderita diabetes mampu menurunkan berat badan dan lemak perut mereka dengan mengonsumsi cuka apel.

Namun, untuk memperoleh hasil yang maksimal tentu saja harus diikuti dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

Apabila hanya mengandalkan cuka apel saja, maka hasil yang diperoleh tidak akan maksimal, karena cuka apel hanya perfokus pada rasa kenyang dan menurunkan kadar gula darah.

6 dari 7 halaman

Menurunkan Kolesterol dan Meningkatkan Kesehatan Jantung


Penyakit jantung menjadi penyakit yang memiliki angka kematian cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, penyakit ini bisa saja dikarenakan faktor biologis, namun bisa juga karena faktor lain.

Ada penelitian yang menyatakan bahwa cuka apel dapat menurunkan kolesterol dan kadar trigliserin dan mampu mengurangi resiko penyakit jantung.

Juga, cuka apel mampun mengurangi tekanan darah pada tikus, yang mana juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan ginjal.

Fakta bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, juga dapat berpengaruh untuk mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Namun, penelitian untuk poin ini baru diterapkan pada hewan.

7 dari 7 halaman

Melindungi dari Bahaya Kanker


Seperti halnya penyakit jantung, kanker juga termasuk dalam daftar penyakit yang berbahaya akibat pertumbuhan sel yang tak terkendali. Dan, banyak rumor yang mengatakan bahwa cuka apel mampu digunakan untuk menangkal kanker.

Hal ini sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian yang menunjukan bahwa cuka apel dapat membunuh sel kanker dan tumor. Namun, penelitian tersebut masih di dalam laboratorium saja, dan belum diterapkan langsung pada manusia.

(ism, Sumber: Health Line)

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id