6 Khasiat Buah Malaka, Buah Kaya Nama Berjuta Manfaat

Fresh | Jumat, 26 Juli 2019 13:48
6 Khasiat Buah Malaka, Buah Kaya Nama Berjuta Manfaat

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Tak banyak yang tahu, kalau buah surga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dream - Buah Malaka memiliki beragam nama di Indonesia. Ada yang menyebutnya Melaka, Amla, Nilika, Balaka, atau Mlakah. Sementara di Eropa dan Amerika Serikat, buah ini sering disebut dengan gooseberry atau buah semak.

Bentuk buah ini hampir mirip dengan buah cermai, hanya bentuknya lebih bulat dan besar. Warna buahnya juga beragam, ada yang berwarna hijau kekuningan hingga merah kecoklatan. Rasa buah malaka masam dan agak pahit.

Walau rasanya banyak tak disukai orang, buah malaka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung banyak nutrisi, seperti kalori, protein, lemak, karbo, serat, berbagai jenis vitamin, mangan hingga potassium.

Nah, berikut ini 6 manfaat buah malaka atau buah gooseberry untuk kesehatan Sahabat Dream.

2 dari 7 halaman

Tinggi Serat, Rendah Kalori, Cocok untuk Diet

 Ilustrasi

Manfaat buah malaka yang pertama ialah membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Dalam secangkir buah malaka, tubuh kita mendapatkan asupan tambahan 3 persen kalori.

Kandungan serat dalam buah malaka yang tinggi mampu membantu memperlancar pergerakan makanan di usus, mengurangi rasa lapar, dan meningkatkan rasa kenyang. Sangat cocok dimakan saat diet.

Tidak hanya berpengaruh pada pencernaan dan berat badan saja, kandungan serat dalam buah ini juga dipercaya mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

3 dari 7 halaman

Kaya Antioksidan

 Ilustrasi

Buah malaka juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu melawan efek dari radikal bebas. Radikal bebas sendiri dikenal sebagai molekul reaktif yang menyebabkan stres oksidatif yang kerap dikaitkan dengan penuaan dini.

Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi, dapat mengurangi risiko terhadap penyakit kanker tertentu, penyakit jantung, dan diabetes.

Tidak hanya antioksidan saja, buah malaka juga menghasilkan fitonutrien, yang mempu melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, dan serangga. Fitonutrien yang terkandung di antaranya, flavonol, antosianin, dan asam aromatik.

4 dari 7 halaman

Mengontrol Kadar Gula Darah

 Ilustrasi

Sejak zaman dahulu, sudah banyak yang mengonsumsi buah malaka dan percaya kalau buah malaka mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan serat yang tinggi pada buah malaka mampu membantu mengontrol gula.

Serat yang tinggi, dapat memperlambat penyerapa gula ke dalam aliran darah, dan mencegah terjadinya lonjakan aliran darah. Tidak hanya itu saja yang bermanfaat, ekstrak buah malaka juga mampu mengikat enzim khusus dalam usus kecil dan mencegahnya memindahkan gula dari usus ke aliran darah.

Walaupun kebenaran ini belum dibuktikan dengan penelitian ilmiah, buah malaka juga mampu memperlambat penyerapan karbohidrat, dan mampu membantu mengurangi kadar gula dari konsumsi tepung yang berlebihan.

5 dari 7 halaman

Melindungi Otak

Manfaat buah malaka selanjutnya ialah mampu melindungi otak dari penyakit otak degeneratif tertentu yang berkaitan dengan zat besi yang ada dalam sel otak. Kadar zat besi yang tinggi, dapat memicu pembentukan radikal bebas yang nantinya akan merusak sel-sel tubuh, terutama sel dalam otak yang sudah mengandung zat besi yang tinggi.

 Ilustrasi

Buah malaka menjadi sumber alami asam organik, seperti asam sitrat yang mampu menghambat akumulasi zat besi dalam sel dan terbukti mampu mengurangi risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan stroke.

Kandungan antioksidan dan fitonutrien dalam buah malaka juga bermanfaat untuk melindungi otak, dnegan meningkatkan usia otak dan mengurangi risiko stroke. Walau begitu belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan manfaat buah malaka yang satu ini.

6 dari 7 halaman

Mengandung Anti Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia dan memiliki banyak jenis yang dapat menyerang hampir di seluruh organ atau bagian tubuh manusia. Berita baiknya, buah malaka mengandung zat anti kanker yang mampu mencegah kehadiran sel kanker dalam tubuh.

 Ilustrasi

Beberapa zat anti kanker yang terkandung dalam buah malaka, seperti folat, senyawa fenolik, dan vitamin C dan E, berperan penting dalam pencegahan kanker. Nutrisi tersebut mampu mengurangi, menangkal, dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh peradangan penyebab kanker.

7 dari 7 halaman

Baik untuk Kesehatan Jantung

 Ilustrasi

Manfaat buah malaka yang dikonsumsi secara rutin, akan berdampak baik bagi kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dan kalium dalam buah malaka berperan penting bagi kesehatan jantung, dengan antioksidan yang mampu mencegah oksidasi terhadap kolesterol LDL, jenis kolesterol yang buruk.

Selain itu, kandungan fitonutrien seperti flavonol dan antosianin dalam buah malaka juga mampu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Ada juga kalium yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehtaan pembuluh darah dan menjaga tekanan darah agar teratur.

Banyak sekali manfaat buah malaka yang bisa kita peroleh ya Sahabat Dream!

(Sah, Sumber: Healthline dan Wikipedia)
 

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id