6 Makanan Sehat untuk Kemoterapi

Fresh | Minggu, 14 Juli 2019 13:02
6 Makanan Sehat untuk Kemoterapi

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Orang terdekat kalian sedang menjalankan kemoterapi? Mengalami berbagai macam efek samping? Nafsu makan jadi berkurang? Yuk simak informasi makanan sehat untuk kemoterapi berikut ini.

Dream – Siapa sih yang tidak tahu kemoterapi? Salah satu prosedur pengobatan sel kanker ini sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat.

Kemoterapi merupakan salah satu terapi obat kimia yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui infus. Tujuannya adalah untuk menghancurkan sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh.

Kemoterapi memang telah dirancang untuk membunuh sel kanker yang mebelah secara cepat. Namun, kemoterapi juga bisa dilakukan dengan mengkombinasi prosedur lainnya seperti operasi, terapi hormon dan radiasi.

Pada saat menjalankan prosedur kemoterapi, para pasien akan mengalami efek samping mulai dari ringan hingga paling berat untuk dirasakan. Efek samping yang bisa ditimbulkan seperti misalnya mual, hilang nafsu makan, diare, dan masih banyak efek samping lainnya.

 Ilustrasi Hijab Dokter

 

Padahal dalam penjalani perawatan kanker, makan merupakan hal yang harus untuk dilakukan setiap saat walaupun dengan pengawasan yang ketat.

Pada saat menjalani kemoterapi ada beberapa makanan yang bisa mengurangi efek samping dari prosedur ini loh Sahabat Dream.

Berikut informasi mengenai makanan sehat yang cocok untuk kemoterapi. Yuk simak informasinya: 

2 dari 7 halaman

Makanan Sehat untuk Kemoterapi: Wortel

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute for Plant and Food Research di Selandia Baru, mengatakan bahwa wortel memiliki senyawa tertentu yang mampu membuat kemoterapi menjadi lebih efektif.

 Ilustrasi Hijab Dokter

Senyawa tersebut nantinya mampu untuk menghentikan suatu mekanisme dalam tubuh kalian yang dimana dapat mengganggu perawatan kanker.

3 dari 7 halaman

Makanan Sehat untuk Kemoterapi: Bawang Merah dan Bawang Putih

Makanan sehat lainnya yang sangat bagus untuk pasien kemoterapi adalah bawang merah dan bawang putih. Kedua bawang ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Terbukti dengan kedua bawang ini mampu merangsang pertahanan alami tubuh dalam melawan sel kanker yang telah ada di dalam tubuh. 

 Ilustrasi Hijab Dokter


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornell telah menemukan fakta bahwa bawang yang memiliki rasa begitu kuat mampu menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker yang ada di tubuh.

Dengan antioksidan yang begitu tinggi itulah yang membuat pertumbuhan sel kanker menjadi lambat.

4 dari 7 halaman

Makanan Sehat untuk Kemoterapi: Nasi dan Pisang

Mengkonsumsi nasi ataupun pisang pada saat sedang melakukan perawatan kemoterapi sangat bagus untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan kedua makanan itu mampu membantu mengatasi diare akibat dari kemoterapi.

 Ilustrasi Hijab Dokter

Makanan itu mampu membantu mengikat feses kalian sehingga bisa mengobati diare yang kalian alami.

5 dari 7 halaman

Makanan Sehat untuk Kemoterapi: Makanan Berkuah

Salah satu efek samping yang akan dirasakan pada pasien adalah mulut menjadi kering. Ini merupakan efek yang sangat umum terjadi para pasien yang sedang menjalankan prosedur kemoterapi.

 Ilustrasi Hijab Kuliner

Kondisi ini akan membuat pasien kehilangan nafsu makan sebab mereka akan kesulitan dalam menelan makanan. Terdapat berbagai cara untuk mengatasinya salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yag berkuah.

Makanan yang berkuah akan membantu pasien kemoterapi untuk bisa menelan sedikit demi sedikit makanan yang dikonsumsinya.

6 dari 7 halaman

Makanan Sehat untuk Kemoterapi: Permen Jahe

Selain memberikan efek mulut menjadi kering, terdapat beberapa efek yang sangat meresahkan bagi pasien.

Salah satu efek tersebut yaitu pasien mengalami rasa mual dan bahkan muntah pada saat sedang menjalankan kemoterapi.

 Ilustrasi Hijab Sakit

Eits tunggu dulu, ada beberapa cara untuk bisa mengatasi rasa mual itu loh Sahabat Dream. Salah satunya adalh dengan mengkonsumsi permen jahe.

Rasa hangat yang ditimbulkan oleh permen jahe mampu untuk mengatasi rasa mual dan bahkan meringankan pusing di kepala.

7 dari 7 halaman

Makanan Sehat untuk Kemoterapi: Jus Jeruk

Seperti pada point sebelumnya, kemoterapi memberikan efek samping berupa berkurangnya produksi air liur di dalam mulut. Kondisi ini mengakibatkan mulut menjadi kering yang dapat merusak nafsu makan para pasien yang sedang menjalankan prosedur kemoterapi.

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu mengkonsumsi jus jeruk atau air lemon.

 Resep Jus Lemon untuk Kesehatan Liver

National Cancer Institute, menyatakan mengkonsumsi minuman seperti jus jeruk dan limun dapat membantu tubuh untuk memproduksi air liur lebih banyak.

Hal itu dikarenakan jeruk dapat merangsang kelenjar air liur di dalam mulut. Namun, perlu untuk diingat, jangan mengkonsumsinya apabila selama kemoterapi membuat mulut dan tenggorokan kalian sakit.

 

(Sumber: Liputan6.com)

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting
Join Dream.co.id