6 Hal yang Tak Bisa Dikendalikan Saat Pasangan Jalin Hubungan

Fresh | Kamis, 11 Juni 2020 06:12
6 Hal yang Tak Bisa Dikendalikan Saat Pasangan Jalin Hubungan

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Hubungan yang baik memang membutuhkan komunikasi dan keterbukaan, namun bukan berarti semua hal ini bisa kamu kendalikan.

Dream - Menjalani kehidupan dengan penuh cinta dan kebahagiaan tentu menjadi impian setia pasangan. Komunikasi akan berjalan langgeng tatkala pria dan wanita saling terbuka. Keinginan untuk mewujudkan hubungan yang sehat dan juga penuh cita kerap kali membuat sebagian orang malah mengendalikan hubungan mereka.

Terkadang mereka tidak menyadarinya dan mungkin menganggap itu sebagai hal yang normal. Mereka sering lupa bahwa mengendalikan sesuatu dalam suatu hubungan dapat memperburuk situasi. Meski kadang seseorang mengendalikan hubungan dengan niat baik, hal tersebut dapat berdampak buruk pada sebuah hubungan.

Dampak buruk yang bisa terjadi, seperti salah satu pasangan mungkin merasa terbelenggu dalam hubungan atau bahkan menyebabkan pertengkaran yang tidak perlu antara pasangan. Agar tidak terjadi, kamu perlu memahamu bahwa adalah hal-hal tertentu yang tidak boleh kamu kendalikan dalam hubunganmu. Apa saja hal tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

 

 

2 dari 4 halaman

 Mengatasi konflik dengan pasangan
© Pexels

1. Urusan dan Waktu untuk Diri Sendiri

Mengontrol waktu pasangan dapat menciptakan beberapa masalah serius dalam hubungan. Kamu dan pasangan memiliki hak penuh untuk menikmati waktu kalian. Karena berurusan dengan hal pribadi, kamu dan pasangan perlu melakukan hal-hal yang membuat bahagia dan santai seperti beristirahat, membaca buku atau mendengarkan musik.

Ketika kamu mencoba untuk mengendalikan ruang pribadi pasangan dengan sengaja megganggu 'me time', hubunganmu pun dapat berjalan tidak baik. Bahkan hal ini dapat menciptakan masalah lebih lanjut dalam hubungan.

2. Apa yang Dirasakan Pasangan Padamu

Hal yang juga tidak dapat kamu kendalikan dari pasangan adalah perasaannya. Pasanganmu tidak perlu harus memiliki perasaan dan emosi yang sama. Dia mungkin merasa sedikit berbeda meskipun menjalin hubungan denganmu. Kamu tidak pernah bisa memaksa pasanganmu untuk mencintai dengan cara yang sama seperti yang kamu lakukan. Alih-alih memaksa pasangan, kamu bisa memenangkannya dengan cinta sejati dan kepedulian. Pasangan pun akan lebih nyaman nantinya padamu.

 

3 dari 4 halaman

 Pasangan Muda-Mudi Berkencan Gara-gara Dampak Virus Corona
© MEN

3. Keluarga dan Teman-Teman

Meski berada dalam sebuah hubungan, kamu perlu memahami bahwa pasangan juga memiliki orang-orang penting lain dalam hidupnya. Misalnya, dia mungkin cukup dekat dengan keluarga dan teman-temannya. Pasanganmu pun bisa saja menghabiskan banyak waktu bersama keluarga dan teman-temannya. Tetapi itu tidak berarti pasanganmu tidak mencintaimu. Tidak membiarkan pasangan menghabiskan waktu bersama orang yang dicintainya dapat membahayakan hubunganmu.

4. Perspektif dan Pilihan Pasangan

Hal selanjutnya yang juga tidak dapat kamu kendalikan adalah perspektif dan pilihan pasangan. Kamu tidak bisa memaksakan perspektif dan pilihan yang sama seperti dirimu karena pasanganmu mungkin tidak menyukainya. Misalnya, kamu mungkin menyukai makanan non-sayuran tetapi pasanganmu mungkin tidak suka. Ia pun mungkin memiliki selera olahraga, novel, dan musik yang berbeda. Mengontrol perspektif dan pilihan pasangan bukanlah hal yang baik. Hal ini pun dapat membuat pasangan merasa bahwa dia tidak dihargai lho. 

 

4 dari 4 halaman

5. Impian dan Tujuannya

Setiap orang memiliki impian dan tujuan yang ingin dicapai. Seperti mencapai tingkatan karir tertentu, atau menjalani profesi kesukaannya. Sebagai pasangan, kamu perlu mendukung impian dan tujuan pasanganmu. Meski begitu, sesekali kamu bisa memberikan saran padanya ketika merasa ada yang tidak berjalan baik. Ingatlah, komunikasi adalah hal penting dalam sebuah hubungan.

6. Masa Depan Hubungan

Selanjutnya, hal yang juga tidak dapat kamu kendalikan adalah masa depan. Meski kamu mencoba melakukan hal yang terbaik, kamu tidak dapat mengontrol takdir nantinya. Hal yang sama berlaku untuk hubunganmu. Akan ada saat-saat ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. Kamu dan pasangan bisa saja memiliki beberapa perbedaan dan konflik ketika menjalani hubungan. 

Meski ada berbagai hal yang tidak dapat kamu kendalikan, tenang saja, kamu bisa menciptakan suasana hubungan yang kompak dan menyenangkan lho, Sahabat Dream. Kamu bisa menciptakan banyak kenangan saat bersama pasangan, dengan jalan-jalan ke tempat favorit kalian, atau saling membantu ketika salah satu merasa kesusahan.

Setiap kali kamu membuat keputusan, Kamu juga bisa mempertimbangkan keinginan pasangan. Pasanganmu pun jadi merasa lebih dihargai dan membuat hubungan lebih positif. 

Sumber Boldsky

Join Dream.co.id