6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Secara Sederhana

Fresh | Kamis, 13 Agustus 2020 12:13
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Secara Sederhana

Reporter : Ulyaeni Maulida

Kesehatan mental juga perlu dijaga karena berperan penting menjaga kondisi tubuh.

Dream – Dalam kehidupan sehari-hari, tak hanya kesehatan fisik semata yang perlu dijaga. Namun juga kesehatan mental. Karena kesehatan mental memainkan peranan yang tak kalah penting dalam kehidupan.

Kesehatan mental dapat diartikan sebagai kesehatan secara emosional, dan psikologis. Kesehatan mental yang buruk akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan kesehatan mental yang baik, maka perlu untuk terus dijaga. Dan untuk dapat dilakukan melalui kegiatan sehari-hari. Sehingga dapat menjalani hidup dengan lebih berkualitas.

Perubahan pola hidup juga sangat berpengaruh dalam mendapatkan kualitas kesehatan mental yang baik. Efeknya pun dapat membuat suasana hati membaik dan semakin menambah daya tahan tubuh.

2 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Kondisi Mental yang Sehat dan Kuat

Kesehatan Mental© Pexels.com

Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mental seseorang, nyatanya tidak memiliki satuan ukur yang pasti. Karena hanya diri sendiri yang paling memahami bagaimana kondisi mentalnya.

Namun, seseorang yang memiliki mental yang sehat dan kuat, umumnya memiliki beberapa ciri-ciri seperti berikut ini:

  • Melihat tantangan sebagai kesempatan baru untuk mencoba, bukan sebagai rintangan hidup.
  • Percaya bahwa hanya diri sendiri yang bisa mengatur arah hidup kedepannya
  • Punya komitmen untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan.

Memiliki rasa percaya diri dan selalu bersikap optimis

3 dari 8 halaman

Cara Melatih Kesehatan Mental

 

Berbagi Dengan Sesama

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa berbagi. Tak perlu sesuatu yang besar, dimulai dari hal-hal kecil pun akan memberikan kebahagiaan bagi orang lain.

Hal itulah yang dapat membuat kondisi mental seseorang semakin membaik. Kepedulian dan rasa empati kepada sesama, memberikan efek bahagia kepada diri sendiri.

Dengan banyak berbagi akan sulit rasanya untuk membandingkan diri dengan kehidupan orang lain. Sehingga menutup kemungkinan untuk merasa rendah diri. Yang membuat diri selalu merasa kurang dan tidak termotivasi menjalani kehidupan. Bahkan dapat berujung stres dan depresi.

 

4 dari 8 halaman

Mengatakan Hal Positif Pada Diri Sendiri

Hal positif© Shutterstock

 

Hal-hal positif disekitar lingkungan akan membantu melatih kondisi mental menjadi lebih sehat. Mengatakan hal-hal yang baik dan positif kepada diri sendiri juga memiliki efek yang kuat bagi kejiwaan.

Dengan mengatakan hal-hal yang positif, seseorang akan lebih percaya diri dan optimis dalam menjalani kehidupannya. Ia akan selalu berani mengambil langkah besar untuk perubahannya.

Selain itu, seseorang yang memiliki aura positif dalam dirinya juga akan selalu disukai oleh orang-orang didekatnya. Karena ia juga membagikan aura positif tersebut kepada orang lain.

5 dari 8 halaman

Habiskan Lebih Banyak Waktu Bersama Orang Terdekat

 

Bertemu dengan orang-orang terdekat pun penting untuk kesehatan mental. Sesibuk apapun diri meraih impian, jangan lupakan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-oranb terdekat.

Meluangkan waktu bersama orang-orang yang kamu cintai, akan menambah energi didalam diri. Karena apapun yang terjadi, merekalah tempat berpulang paling nyaman setelah lelah mengejar mimpi.

Sering meluangkan waktu juga akan memperat hubungan tali silahturahmi. Jika terkendala oleh jarak, kamu masih bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk tetap saling terhubung.

6 dari 8 halaman

Istirahat Yang Cukup

Istirahat© Shutterstock

 

Tak semua hal dapat dilakukan dalam waktu bersamaan. Jika dipaksakan, justru dapat menimbulkan kepenatan dan membuat stres berkepanjangan.

Untuk itu, beristirahatlah yang cukup. Selalu berikan waktu bagi tubuh untuk mengembalikan energi yang terkuras.

Tak perlu susah payah untuk mendapatkan momen istirahat. Cukup bersantai dirumah bersama orang yang dicintai, sudah lebih dari cukup untuk memompa energi kembali. Selain itu, tidur yang cukup juga sangat penting untuk membantu kondisi tubuh kembali bugar.

7 dari 8 halaman

Batasi Penggunaan Media Sosial

 

Media sosial kini sudah menjadi bagian dari kehidupan. Berbagai hal dapat diposting dan dapat dilihat hanya melalu jentikan jari.

Namun, terlalu banyak melihat media sosial justru tidak baik untuk kondisi mental. Hal ini dikarenakan begitu banyak hal yang membuat diri merasa selalu kurang dan menjadi tidak bersyukur, bila melihat postingan orang lain.

Karena memang sudah sewajarnya, bila media sosial digunakan sebagai ajang untuk memperlihatkan kebahagiaan maupun kelebihan seseorang.

Untuk itu, sangat penting agar dapat membatasi diri dari penggunaan media sosial yang berlebihan. Sehingga terhindar dari rasa kurang bersyukur dan merasa rendah diri.

8 dari 8 halaman

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat© Pexels.com

 

Mengkonsumsi makanan yang sehat tidak hanya akan membantu menjaga kesehatan fisik. Melainkan juga membuat mental menjadi lebih sehat. Aneka nutrisi yang tinggi dan beragam dari makanan sehat akan membuat otak bekerja dengan lebih baik.

Selain itu, memilih makanan yang sehat dan lezat untuk tubuh akan membuat diri merasa lebih bahagia. Karbohidrat (dalam jumlah sedang) meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sementara itu makanan kaya protein membantu tetap waspada.

Sayuran dan buah-buahan dipenuhi dengan nutrisi yang memberi makan setiap sel tubuh. Sertakan makanan dengan asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 (banyak ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan). Nutrisi ini dapat mengembalikan integritas struktural pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

(Sumber: sehatq.com  dan dari  berbagai sumber lainnya)

Join Dream.co.id