5 Trik Unik Menurunkan Berat Badan

Fresh | Jumat, 4 Oktober 2019 15:14
5 Trik Unik Menurunkan Berat Badan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Mau tahu?

Dream - Menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah. Banyak orang melakukan diet dan rutin berolah raga untuk memangkas bobot tubuh mereka.

Mungkin bagi sebagian orang mudah melakukan diet dan olah raga. Namun tak sedikit yang hanya bertahan sebentar saja, sehingga target menurunkan berat badan gagal total.

Tapi tenang saja, jika Sahabat Dream kesulitan menurunkan berat badan, kalian bisa mengikuti trik unik yang dilansir oleh Times of India berikut ini:

2 dari 8 halaman

1. Minum Minyak Zaitun

The Shangri-La diet, sebuah buku karya Seth Roberts mengatakan bahwa kamu dapat menurunkan berat badan dengan minum 1-3 sendok makan air gula atau 1-2 sendok makan minyak zaitun extra virgin dua kali sehari di antara waktu makan.

 shutterstock

2. Mengonsumsi Makanan Manis Ketika Memasak

Para ahli merekomendasikan untuk makan permen bertekstur keras kaya rasa saat memasak. Misalnya permen rasa mint, kayu manis atau sesuatu yang asam.

Melakukan hal ini akan membuat mulut dan indra perasamu sibuk. Ini sangat efektif untuk kamu yang suka makan saat memasak.

3 dari 8 halaman

3. Makan Kue untuk Sarapan

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi memakan kue di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan, menurut sebuah penelitian di Israel.

Orang gemuk yang berpartisipasi dalam penelitian ini sarapan tinggi protein, karbohidrat dan mengonsumsi makanan manis sebagai hidangan penutup.

 shutterstock

Hasilnya adalah bahwa orang-orang ini lebih mampu mempertahankan diet dan menjaga berat badan lebih lama daripada mereka yang makan sarapan rendah karbohidrat dan tidak menyertakan makanan manis.

Kontrol porsi tentu harus diingat sambil memasukkan sesuatu yang manis untuk sarapan.

4 dari 8 halaman

4. Mengonsumsi Makanan Kaya Rasa dan Pedas

Menambahkan berbagai bumbu ke dalam makanan dapat membantu mengontrol porsi makan dan membantu menurunkan berat badan. Penelitian mengatakan orang makan lebih sedikit ketika makanan mereka terasa pedas.

Semakin kaya rasa, semakin banyak manfaat yang akan dihasilkan. Selain itu, rempah-rempah tradisional seperti kunyit, kayu manis dan jintan penuh dengan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan.

 shutterstock

5. Menjepit Hidung

Kita semua tahu bahwa aroma makanan berperan besar terhadap rasa. Meskipun sedikit ekstrim, menutup hidung saat makan bisa membantumu makan sampai kenyang. Tapi ini akan membuat makanan favoritmu sedikit kurang menyenangkan.

5 dari 8 halaman

Climate Smart Diet, Tren Pola Makan Ramah Lingkungan

Dream - Pola makan tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh. Tahukan Sahabat Dream, pola makan juga bisa memengaruhi lingkungan sekitar?

Tidak hanya sehatmakanan juga harus ramah lingkungan. Pola makan seseorang meninggalkan jejak karbon yang bisa merusak lingkungan. Jumlah yang dihasilkan berbeda-beda dari setiap pola makan.

Menurut data riset Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), pecinta daging akan menghasilkan 3,3 CO2 per 2.600 kilo kalori dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Jumlahnya berbeda drastis dibandingkan pola makan vegan yang hanya menghasilkan 1,5 CO2 per jumlah kalori yang sama.

6 dari 8 halaman

Daging

Dari segi emisi, daging mengeluarkan 14,1 gram CO2 per kilo kalori. Sedangkan gandum dan sereal hanya 1,3 gram CO2 per kilo kalori.

 Steak Cita Rasa Terbaik, nan-Halal

" Angka yang dihasilkan sudah memperhitungkan potensi emisi yang dihasilkan dari seluruh kegiatan di rantai pasok jenis makanan tersebut. Mulai dari pemeliharaan sumber pangan hingga menjadi makanan siap konsumsi di tangan konsumen," kata Helga Angelina, Co-Founder & Managing Director Burgreens di diskusi media bersama Delegasi Uni Eropa, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019.

7 dari 8 halaman

Tren Diet Ramah Lingkungan

Tidak hanya daging sapi, konsumsi ikan menyebabkan pengambilan dalam jumlah tinggi, yakni 2,7 triliun ekor per tahun. Jika terus dilakukan, laut diprediksi kehilangan semua spesies ikan pada 2048.

Sebuah tren pola makan terbaru diciptakan dengan harapan melestarikan lingkungan sekaligus menyehatkan tubuh. Pola makan ini disebut dengan Climate Smart Diet.

" Pada prinsipnya dianjurkan lebih bijak dalam mengonsumsi makanan. Kita bisa berpaku pada masyarakat Okinawa di Jepang yang memiliki angka harapan hidup tinggi. Ada sekitar 10 persen populasi berusia 100 tahun ke atas," ujar Helga.

8 dari 8 halaman

Makan ala Okinawa

Masyarakat Okinawa biasa mengonsumsi ubi sebagai sumber karbohidrat. Mereka juga memakai hanya sedikit minyak ketika memasak, dan sesekali mengonsumsi daging sapi, ikan maupun ayam dalam jumlah sedikit.

 Atur porsi makan menjadi 50 persen sayur dan buah, 25 persen karbohidrat dan 25 persen protein hewani atau nabati. Lebih dianjurkan bahan nabati karena sangat tinggi proteinnya dan lebih ekonomis.

" Seperti misalnya, tahu dan tempe untuk protein dan bayam sebagai sumber zat besi dan kalsium," ungkap Helga.

Produk organik juga lebih dianjurkan. Selain lebih sehat, sayur dan buah organik tidak berpotensi merusak tanah dari zat pestisida. Tertarik untuk mencoba, Sahabat Dream? (mut)

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id