5 Tips Siapkan Anak Belajar Tatap Muka, dari Jaga Kebersihan hingga Pentingnya Asupan Vitamin

Fresh | Rabu, 17 November 2021 17:57

Reporter : Dwi Ratih

Belajar tatap muka anak tak lagi bikin risau, jika moms terapkan deretan tips berikut ini!

Dream - Pandemi Covid-19 memang belum berakhir, dan mayoritas sekolah di Indonesia telah memberlakukan kembali sistem pembelajaran tatap muka. Pemberlakuan sistem belajar tatap muka masih membuat orang tua siswa cukup risau.

Pasalnya, meski pemberlakuan sistem belajar tatap muka masih dibatasi jumlahnya untuk beberapa sekolah, para siswa juga menghadapi risiko besar karena tingginya intensitas interaksi secara fisik. Baik itu antar siswa maupun dengan para pendidik.

Pemerintah sendiri sudah menyiapkan regulasi terkait protokol kesehatan yang cukup ketat. Meski demikian, hal tersebut masih membuat sebagian orangtua khawatir terkait dengan aktivitas belajar tatap muka di sekolah.

Nah, buat para orangtua yuk simak deretan tips anak belajar tatap muka berikut ini, agar anak bisa tetap sehat dan aman saat berada di sekolah:

 

5 Tips Siapkan Anak Belajar Tatap Muka, dari Jaga Kebersihan hingga Pentingnya Asupan Vitamin
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

1. Pastikan Tempat Belajar Mengajar Rutin Sterilisasi

 Ilustrasi© shutterstock

Para orangtua juga harus memastikan pada pihak sekolah untuk melakukan sterilisasi ruang belajar mengajar secara rutin. Hal ini berlaku tak hanya di ruang kelas, tetapi juga tempat-tempat lainnya di sekolah.

2.  Selalu Kenakan Masker dan Membawa Perlengkapan Kebersihan

Sebelum memulai kelas pembelajaran tatap muka di sekolah, pastikan anak untuk tetap mengenakan masker. Kemudian, bekali anak dengan perlengkapan kebersihan. Mulai dari hand sanitizer, sabun cuci tangan, sampai dengan tisu basah antibakteri.

3. Beri Pemahaman Anak Pentingnya Jaga Jarak Fisik dengan Siswa Lain

 Ilustrasi© shutterstock

Sebagai orangtua, tekankan pemahaman pentingnya jaga jarak saat di sekolah. Ajarkan anak agar tetap berupaya menjaga jarak fisik, baik itu dengan sesama siswa maupun dengan para pendidik di sekolah.


3 dari 4 halaman

4. Bawa Bekal Makanan Bernutrisi dari Rumah

Tips yang satu ini juga tak kalah penting. Untuk meminimalkan kontak fisik dan menjaga kebersihan asupan anak, para orangtua sebaiknya menyiapkan bekal makanan untuk anak. Agar mereka tak jajan sembarangan di sekolah.

5. Pastikan Kebutuhan Vitamin Anak Tercukupi

 Ilustrasi© shutterstock

Pastikan anak untuk mengonsumsi vitamin untuk ketahanan imunitasnya. Para orangtua juga harus memahami terkait dengan asupan vitamin untuk anak.

Berikan vitamin kepada anak dengan tepat, karena pemberian vitamin secara berlebihan juga dapat memberikan dampak kurang baik terhadap anak.


 

4 dari 4 halaman

Ikut webinarnya yuk!

Lebih lanjut, ternyata terdapat beberapa kondisi anak yang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin, yaitu:

  1. Anak-anak yang makan tidak teratur dan pemilih terhadap makanan yang dikonsumsinya
  2. Anak-anak dengan kondisi medis kronis seperti asma atau masalah pencernaan
  3. Anak-anak yang banyak makan fast food dan makanan olahan
  4. Anak-anak yang menjalani diet vegetarian atau vegan (mereka mungkin memerlukan suplemen zat besi), diet bebas susu (mereka mungkin memerlukan suplemen kalsium), atau diet terbatas lainnya
  5. Anak-anak yang minum banyak soda berkarbonasi, yang dapat menghilangkan vitamin dan mineral dari tubuh mereka

Nah, untuk memahami lebih jelas secara terperinci, Halodoc mengajak moms untuk mengikuti webinar Zoom ‘Persiapan Tatap Muka, Pentingnya Memberikan Vitamin untuk Anak’ yang akan digelar pada Kamis, 18 November 2021 besok, pukul 15.00-16.00 WIB. 

Bagi peserta yang mendaftar webinar kali ini, berkesempatan untuk bergabung di Whatsapp Grup (WAG) dan konsultasi langsung dengan Dokter ahli di bidangnya, loh. Untuk pendaftarannya bisa langsung klik di sini ya

Join Dream.co.id