5 Tips Menghilangkan Kutu Rambut Tanpa Harus Potong Rambut

Fresh | Jumat, 12 Juli 2019 09:36
5 Tips Menghilangkan Kutu Rambut Tanpa Harus Potong Rambut

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Kutu rambut sangat mengganggu, parahnya bisa menular ke orang lain!

Dream - Seseorang yang memiliki kutu rambut dianggap sebagai orang yang jorok dan tidak bisa merawat diri.

Biasanya kutu rambut kerap terjadi pada anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan menular pada orang dewasa.

Kutu rambut bisa menular dengan mudah, karena kutu bisa melompat dari rambut satu ke rambut lain. Apalagi kalau kerap berinteraksi dalam jarak dekat, memakai handuk, dan bantal yang sama, bisa membuat kutu menular dengan mudah.

Cara menghilangkan kutu sebenarnya cukup sulit dilakukan, karena kutu berkembang dengan sangat cepat. Jadi penangannyapun harus cepat.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut, seperti berikut ini:

2 dari 6 halaman

Menyisir Basah Rambut

 menyisir rambut

Membasahi rambut dan menyisirnya saat basah merupakan cara menghilangkan kutu secara tradisional.

Berdasarkan jurnal dari British Medical Journal, metode ini ampuh membuat kutu mudah terlihat dan sulit untuk bersembunyi.

Tidak hanya berhenti pada membasahi rambut dengan air saja, semprotkan kondisioner ke rambut, maka akan membuat cara menghilangkan kutu rambut ini jadi lebih ampuh.

Jangan hanya mempraktekkan cara ini sekali dua kali saja, lakukan secara terus menerus. Hal ini disebabkan karena perkembang biakan kutu sangat cepat, jadi cara menghilangkannyapun juga harus cepat.

3 dari 6 halaman

Memakai Minyak Rambut

Selain dengan cara menghilangkan kutu yang tradisional, Sahabat Dream juga bisa memakai minyak rambut. Utamakan untuk memakai minyak rambut yang alami.

 Minyak rambut


Sebelum menggunakan minyak alami untuk menghilangkan kutu, coba dulu untuk menteskan minyak ke kulit tangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya iritasi akibat ketidak cocokan kulit dengan minyak yang digunakan.

Berikut beberapa minyak alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut:
-    Tea tree oil
-    Lavender oil
-    Neem oil
-    Clove oil
-    Nutmeg oil
-    Cinnamon oil
-    Dan masih banyak jenis minyak alami yang bisa digunakan.

Cara mengaplikasikannya ke rambut juga sangat mudah, gunakan campuran 2 minyak atau 1 jenis minyak saja.

Teteskan dari 15 hingga 20 tetes kapas, dan usapkan ke rambut setiap malam. Lakukan ritual ini secara rutin selama beberapa minggu.

4 dari 6 halaman

Membunuh Kutu

Cara menghilangkan kutu secara tradisional lainnya adalah dengan membunuh kutu secara langsung. Cara ini terbukti efektif namun sangat melelahkan.

Namun, Sahabat Dream bisa melakukannya dengan mudah. Caranya dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak almond dan mengoleskannya ke rambut. Belah rambut menjadi beberapa bagian, dan pakai pencahayaan yang cukup.

Setelah itu cari kutu yang keluar, dan bunuh, dan terus oleskan minyak, kemudian ulangi lagi. Setelah selesai cuci rambut dengan menggunakan air panas. Selesai mencuci rambut, cuci lagi menggunakan air sampo biasa.

5 dari 6 halaman

Membersihkan Lingkungan Sekitar

Salah satu penyebab munculnya kutu rambut adalah kebersihan diri dan lingkungan. Apabila kutu tiba-tiba muncul, bisa jadi lingkungan sekitar kita sudah terkontaminasi kutu.

Kutu tidak bisa hidup jauh dari kulit, karena akan menyulitkan mereka untuk berkembang biak. Segera bersihkan rumah, dan mencuci apapun barang yang telah bersentuhan dengan orang yang memiliki kutu.

Barang-barang seperti topi, bantal, sisir, bahkan sikat, bisa menjadi perantara dalam penularan kutu yang sering tidak kita sadari.

Benda yang sudah terkontaminasi kutu, harus dicuci dalam suhu panas sekitar 54 derajat Celsius dan mengeringkannya ke pengering yang panas.

Selain itu, kita juga bisa menghindari penularan kutu dengan memasukkan benda yang terkontaminasi ke dalam plastik kedap udara.

6 dari 6 halaman

Hindari Produk dan Tips yang Salah

Dilansir dari laman Health Line, cara menghilangkan kutu selanjutnya dengan menghindari produk dan tips-tips berikut ini:

 rambut basah


-    Jangan menggunakan terlalu banyak produk kimia penghilang kutu, karena bisa membahayakan kulit kepala.
-    Jangan hanya mengulangi perawatan menghilangkan kutu sekali atau dua kali dan dengan metode yang sama, Karena tubuh bisa mendeteksi dan membuat pertahanan dari metode sebelumnya.
-    Jangan menggunakan lebih dari satu produk atau obat kutu dalam waktu yagn sama.
-    Jaga jarak dengan orang yang sudah berkutu.
-    Hindari memakai kondisioner.

Selain itu masih banyak cara menghilangkan kutu lainnya, yang berasal turun menurun dari orang-orang terdahulu. Dan, yang terpenting adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. (ism, sumber: Health Line)

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id