5 Tips Mengatasi Dengkuran Saat Tidur

Fresh | Senin, 26 Juli 2021 19:47

Reporter : Cynthia Amanda Male

Buat tidurmu lebih berkualitas dengan cara ini.

Dream – Tidak sedikit orang yang mendengkur saat tidur. Kondisi ini sangat mengganggu orang-orang yang yang berada di sekitarnya. Bagi yang mengalaminya, tidur dengan mendengkur keras tentu bisa membuat malu. 

Mendengkur sebenarnya merupakan tanda terdapat penyempitan saluran udara di sekitar tenggorokan. Bahkan pada beberapa orang, mendengkur menjadi tanda kondisi tubuh tertentu.

Meski biasanya mendengkur dianggap hal lumrah, terlebih ketika tubuh sangat lelah, kondisi tersebut sebenarnya masih bisa diatasi. Mulai dari mengubah kebiasaan sederhana hingga berkonsultasi pada dokter.

Dilansir dari Sehatq.com, berikut tips mengatasi dengkuran agar tidurmu lebih nyaman dan berkualitas.

5 Tips Mengatasi Dengkuran Saat Tidur
Tidur. (Source: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Mengubah posisi tidur

 Tidur
© Shutterstock

Posisi tidur sangatlah berpengaruh pada kualitas tidurmu. Bahkan, posisi tidur yang salah bisa menyebabkan kamu mendengkur saat tidur.

Tidur telentang bisa membuatmu mendengkur saat tidur. Ini disebabkan oleh posisi lidah yang tertarik mendekati saluran napas. Aliran udara pun menyempit dan kamu akan lebih sulit bernapas.

Ubahlah posisi kepalamu menjadi lebih tinggi saat tidur agar mempermudah pernapasan. Sehingga, kamu bisa mencegah dengkuran.

Tidur cukup

Tidur atau istirahat cukup bisa membantumu mengatasi dengkuran saat tidur. Otot saluran pernapasan yang lebih rileks setelah kelelahan pun jadi sebabnya. Cukupi waktu tidur hingga 7-9 jam untuk mengatasi dengkuran dan tidur lebih nyaman.

3 dari 3 halaman

Menjaga kebersihan kamar dan tempat tidur

Dengkuran bisa muncul ketika kamar atau tempat tidurmu kotor. Ini disebabkan oleh bakteri penyebab alergi yang bisa membuatmu lebih sulit bernapas saat tidur dan akhirnya mendengkur.

Bersihkan kamarmu secara rutin dan gantilah sprei serta sarung bantal 2 minggu sampai 6 bulan sekali agar tetap bersih serta tidak menyebabkan dengkuran.

Menghindari konsumsi alkohol dan zat sedatif

Mengonsumsi alkohol, terutama 4-5 jam sebelum tidur bisa mengendurkan otot di tenggorokan dan membuatmu sulit bernapas. Begitu juga jika kamu mengonsumsi zat sedatif atau obat tidur.

Berkonsultasilah pada dokter jika kamu mendengkur setelah mengonsumsi obat tidur agar bisa mengatasinya secara efektif.

Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan bisa menyebabkan kesulitan bernapas dan mendengkur ketika tidur. Mulai mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga bisa membantumu mengatasi dengkuran saat tidur.

Join Dream.co.id