5 Rekomendasi Makanan Anti Lemak Jahat Setelah Lebaran, Cocok Buat Diet

Fresh | Minggu, 24 Mei 2020 15:01
5 Rekomendasi Makanan Anti Lemak Jahat Setelah Lebaran, Cocok Buat Diet

Reporter : Arini Saadah

Saat lebaran pasti kamu akan menikmati banyak makanan berlemak tinggi.

Dream – Saat lebaran pasti kamu akan menikmati banyak makanan berlemak tinggi. Selain berlemak, seringkali makanan manis juga mendominasi hidangan saat lebaran.

Lemak jahat dari makanan tersebut dapat membuat kadar koleterolmu tambah naik. Memang sih, makanan berlemak memang selalu menggugah selera.

Namun jika kamu sedang diet, atau pun memiliki riwayat penyakit kolesterol, jangan coba-coba mendekati makanan berlemak tinggi lo ya.

Mengutip berbagai sumber, kali ini Dream bakalan ngasih rekomendasi makanan anti lemak jahat yang bisa kamu konsumsi setelah lebaran. Supaya tubuh kamu tetap sehat dan selalu ideal. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

2 dari 6 halaman

Sayur-sayuran Hijau

 Ilustrasi© Pexels

Lebaran memang identik dengan makanan bersantan, seperti opor ayam, rendang, dan gulai. Semuanya tentu menjadi masakan khas nusantara yang lezat dan menggugah selera.

Namun jangan terkecoh ya, Sahabat, pasalnya makanan-makanan tersebut bisa membuat kadar kolesterolmu naik dan berisiko pada naiknya tekanan darah (hipertensi).

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan tubuhmu, disarankan untuk mengonsumsi sayur-sayuran hijau. Sayuran hijau sangatlah baik untuk membantu tubuh kamu memperbaiki kondisi dan juga mengeluarkan racun dari saluran pencernaan dengan lancar.

3 dari 6 halaman

Kacang-kacangan

 Ilustrasi© Pexels

Rekomendasi makanan anti lemak jahat selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan setelah lebaran, seperti kacang almond dan kacang kenari.

Jenis kacang-kacangan tersbeut sangat baik dan efektif sebagai senjata untuk mebakar lemak di tubuh. Konsumsi kacang-kacangan juga bisa menurunkan berat badan, dan juga menstabilkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan protein, serat dan lemak baik di dalam kacang-kacangan bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin yang berfungsi menurunkan berat badan.

Kemudian, kacang-kacangan juga mengandung Omega-3 dan kalsium juga lo, tentunya sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Rekomendasi makanan yang satu ini memang sangat cocok buat kamu yang sedang lagi program diet.

4 dari 6 halaman

Buah Apel

 Ilustrasi© Pexels

Mengapa harus apel? Rekomendasi makanan sehat anti lemak jahat yang sati ini memang sangatlah mudah didapatkan. Apel mengandung flavonoid yang sangat efektif membantu tubuh untuk menghancurkan lemak di dalam tubuh.

Buah apel disebut sebagai buah yang direkomendasikan untuk orang-orang yang sedang menjalani diet. Penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition membuktikan, wanita yang sering mengonsumsi flavonoid memiliki peningkatan indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada wanita yang jarang mengonsumsi buah apel.

Kamu bisa menjadikan buah apel sebagai makanan pengganti dari makanan bersantan yang kruang sehat. Kamu juga bisa membuatnya sebagai camilan atau sebagai minuman jus buah apel. Karena apel juga mengandung serat dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

5 dari 6 halaman

Yogurt

 Ilustrasi© Pexels

Makanan sehat anti lemak setelah lebaran selanjutnya adalah Yogurt. Yogurt ini sebenarnya termasuk minuman, minuman sehat yang sangat baik untuk membantu permasalahan pencernaan.

Minuman sehat ini bisa menjadi konsumi harian kamu, Sahabat Dream. Yogurt, bisa membuat lambungmu sehat dan terbebas dari gangguan buang air besar semasa lebaran. Yogurt akan senantiasa menjaga proses dan organ pencernaanmu.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa langsung mengonsumsi dalam keadaan asam, atau mencampurnya dengan buah dan sayuran menjadi salad, atau bisa kamu blender menjadi smoothies.

6 dari 6 halaman

Air putih

 Ilustrasi© Pexels

Apapun makanan sehat kamu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih. Air putih menjadi minuman yang wajib untuk kamu konsumsi sebanyak-banyaknya dalam satu hari. Minimal kamu harus minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter air.

Air putih yang masuk ke dalam tubuhmu ini akan membantu membersihkan kotoran yang ada di dalam saluran pencernaan, kotoran itu akan larut dalam air, dan keluar bersama feses. Sehingga kondisi tubuhmu akan terasa segar kembali.

Itulah 5 rekomendasi makanan dan minuman sehat anti lemak jahat setelah lebaran. Semoga Sahabat Dream selalu dalam kondisi sehat, dan bisa memulai hidup sehat dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Join Dream.co.id