5 Rekomendasi Hidangan Sehat Untuk Lebaran, Wajib Dicoba

Fresh | Rabu, 12 Mei 2021 13:20

Reporter : Arini Saadah

Selain lebih bersahabat bagi tubuh, tentu menu Lebaran sehat juga aman bagi orangtua dan saudara yang memiliki kecenderungan kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga diabetes.

Dream - Idul Fitri merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu setelah menjalani satu bulan berpuasa. Seperti agenda tahun-tahun sebelumnya, lebaran identik dengan berkumpul bersama keluarga besar, bermaaf-maafan, dan tentu saja yang tak ketinggalan adalah makan-makan.

Makanan bersantan dan penuh dengan olahan daging kerap kita temukan di meja makan saat lebaran. Hidangan ketupat dan opor ayam seakan tak pernah ketinggalan saat hari lebaran tiba.

Seringkali hidangan saat lebaran ini tersaji melimpah ruah. Bahkan orang sampai lupa makanan bersantan yang terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan. Karena terlalu banyak hidangan, makanan sehat pun cenderung dilupakan banyak orang.

Padahal setelah berpuasa satu bulan, tubuh perlu waktu beradaptasi sebelum mengonsumsi makanan berat. Alangkah baiknya jika tubuh tidak serta merta dikejutkan dengan makanan berat.

Jika dipaksakan, perut akan terasa mual dan menimbulkan rasa kurang nyaman di saluran pencernaan. Mengonsumsi makanan tinggi kalori juga akan membuat penambahan berat badan.

Tahun ini tak ada salahnya mencoba alternatif menu lebaran yang sehat. Selain lebih bersahabat bagi tubuh, tentu menu Lebaran sehat juga aman bagi orangtua dan saudara yang memiliki kecenderungan kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga diabetes. Yuk intip apa saja ya menu lebaran sehat itu?

5 Rekomendasi Hidangan Sehat Untuk Lebaran, Wajib Dicoba
Ilustrasi Hidangan Sehat Saat Lebaran (Foto: Freepik.com)
2 dari 6 halaman

1. Salad Sayur

 Ilustrasi
© freepik.com

Sebagai appetizer atau hidangan pembuka, menyuguhkan salad sayur sebagai alternatif sajian sehat merupakan pilihan tepat saat Lebaran. Kandungan vitamin dan serat dalam sayur membuat perut nyaman dan tidak kaget setelah sebulan berpuasa.

Sayur dengan warna-warna gelap seperti ungu dan merah juga baik untuk kesehatan. Jangan lupa sajikan pilihan saus dressing yang lezat supaya makin menggugah selera.

3 dari 6 halaman

2. Roti Gandum

 Ilustrasi
© freepik.com

Sajian sehat di saat lebaran yang wajib kamu coba adalah roti gandum. Deretan kue kering di toples saat Lebaran juga menjadi salah satu menu wajib saat Lebaran.

Untuk mengimbangi semua kandungan glukosa dalam kue kering itu, tak ada salahnya menyuguhkan roti gandum di meja.

Roti yang terbuat dari gandum mengandung serat alami yang melancarkan pencernaan. Sahabat Dream juga bisa menyajikan dalam olahan rasa manis atau gurih, bergantung pada selera.

4 dari 6 halaman

3. Sup Tofu

 Ilustrasi
© freepik.com

Hidangan lebaran biasanya identik dengan kuah santan yang penuh rempah gurih. Nah untuk mengganti menu berkuah tanpa santan saat hari raya bukan hal yang sulit kok.

Sup tofu bisa jadi salah satu rekomendasi sajian sehat di saat Lebaran. Jadi, tidak melulu daging, ayam, atau sosis yang menjadi menu utama dalam sup, melainkan tofu yang lebih sehat.

5 dari 6 halaman

4. Kurma

 Ilustrasi
© freepik.com

Kurma memang tak diragukan lagi kandungan nutrisi dan vitaminnya. Buah yang disunahkan oleh Rasulullah Muhammad SAW saat berbuka puasa itu memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Jika kamu punya stok banyak kurma di kulkas, tidak ada salahnya untuk menyuguhkannya saat hari raya tiba. Sebab kurma bisa menjadi alternatif pengganti kue kering yang mengandung glukosa tinggi. Tetap terasa manis namun tetap sehat, kurma bisa jadi pilihan.

6 dari 6 halaman

5. Rendang Tanpa Lemak

Rendang menjadi makanan yang seakan perlu ada di setiap lebaran. Sebagian orang merasa tidak bisa meninggalkan menu yang satu ini saat merayakan lebaran.

Jika demikian, usahakan mengolah rendang tanpa memasukkan bagian lemak atau gajihnya. Sebab dengan cara ini, kamu bisa menghindari sumber kolesterol tinggi dan lemak jenuh.

Tak lupa, seluruh sajian sehat saat hari raya juga bisa disiasati lebih sehat dengan mengolahnya tanpa menambahkan MSG dan garam berlebih. Ganti dengan kaldu jamur atau garam yang lebih sehat.

Selain itu, penting untuk membatasi diri dan tidak kalap saat hari Lebaran tiba. Sayangi tubuh kamu setelah menunaikan ibadah puasa. Biarkan tubuh beradaptasi setelah terbiasa berpuasa.

Atau jika mau, kamu bisa melanjutkannya dengan menjalankan puasa syawal. Lebih sehat dan berpahala.

 

Sumber: SehatQ

Join Dream.co.id