5 Penyebab Sakit Kepala yang Jarang Disadari

Fresh | Minggu, 15 Desember 2019 13:02
5 Penyebab Sakit Kepala yang Jarang Disadari

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apakah kamu pernah merasakannya?

Dream - Sakit kepala adalah keluhan kesehatan yang kerap dialami banyak orang. Ada kalanya sakit kepala hilang sendiri, tapi kadang membandel.

Rasa sakit yang menusuk dan intens di kepala bisa membuat sangat tidak nyaman. Selain membuat sulit berkonsentrasi, sakit kepala juga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bukan hanya karena penyakit tertentu, sakit kepala juga bisa dipicu banyak hal. Berikut 5 penyebab sakit kepala yang mungkin belum kamu ketahui.

2 dari 6 halaman

1. Kebanyakan Minum Kopi

Banyak yang menggunakan kopi agar bisa tetap melek dan berkonsentrasi saat bekerja. Tetapi asupan kafein yang berlebihan justru membuat Sahabat Dream merasakan sakit yang berdenyut-denyut di kepala.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

Kafein dalam kopi bisa mempersempit pembuluh darah, dan asupan kopi setiap hari membuat kalian kecanduan.

Ketika tidak minum secangkir kopi satu hari saja, pembuluh darah yang biasanya menyempit tidak bekerja semestinya. Akibatnya kepala mulai sakit.

3 dari 6 halaman

2. Tubuh Kekurangan Cairan

Kebutuhan air yang mencukupi diperlukan agar tubuh tetap bugar dan sehat. Jika mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka akan menyebabkan sakit kepala.

Jadi, jika sering mengalami sakit kepala, cobalah untuk memeriksa tingkat asupan cairan tubuh.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

4 dari 6 halaman

3. Karena Masalah Hormon

Terkadang penurunan level hormon pada wanita juga bisa menyebabkan sakit kepala. Jika kadar estrogen tidak sesuai dengan jumlah normalnya maka dipastikan akan menimbulkan sakit kepala.

Bahkan kehamilan memengaruhi tingkat estrogen. Jadi, jika yakin sakit kepala disebabkan oleh perubahan hormon, maka segera temui dokter untuk periksa.

5 dari 6 halaman

4. Postur Tubuh Salah

Duduk atau tidur dalam posisi yang salah juga dapat menyebabkan sakit kepala. Terlepas dari ini, postur yang salah bahkan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, serta sakit punggung dan kaki.

 Beragam Sakit Kepala yang Tidak Boleh DiabaikanBeragam Sakit Kepala yang Tidak Boleh Diabaikan © © MEN

 

6 dari 6 halaman

5. Menggunakan Gadget Secara Berlebihan

Terus menerus menatap cahaya biru terang yang datang dari laptop dan ponsel tidak hanya akan melukai mata, tetapi juga akan menyebabkan sakit kepala. Menatap layar membuat mata tegang dan kamu akan mengalami sakit kepala. (mut)

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id